Kopdar Virtual Indonesia Community: Agenda Pasca Pandemi hingga Mobile Solution Pendukung Kebutuhan Pengguna Mobil

- Advertisement -

NMAA News – Setelah dua tahun lebih berjibaku dengan pandemi Covid-19, pemerintah resmi mengubah status pandemi menjadi endemi. Dampak positif ini disambut baik terutama oleh para penggiat modifikasi yang turut berperan dalam menggeliatkan sektor ekonomi kreatif.

Momentum ini diharapkan dapat kembali menghidupkan karya inovatif dari penggiat modifikasi dan mendukung bangkitnya industri modifikasi otomotif. Tak terkecuali  komunitas kendaraan roda empat yang juga membantu pemulihan ekonomi tersebut. Komunitas-komunitas tersebut tetap konsisten memberikan dedikasi serta sumbangsihnya untuk menggeliatkan sektor industri modifikasi otomotif dalam kondisi pandemi sekalipun.

Salah satu upaya untuk membangkitkan industri modifikasi otomotif terwujud dalam acara virtual ‘Kopdar Indonesia Community Bersama Para Ketua Nasional’ bersama myHyundai Indonesia, Rabu 29 Juni 2022 melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini mendatangkan sebanyak 300 audiens yang terdiri dari komunitas kendaraan roda empat lintas merek dari sejumlah kota di Indonesia.

Suasana guyub dan harmonis terlihat dalam acara dengan fokus pembahasan aktivasi ruang komunitas di masa pasca pandemi. Tidak sedikit yang memberikan solusi terbaik beradaptasi di masa sekarang, apalagi setelah aturan PPKM dihentikan dan mobilitas harian kembali meningkat.

Simak beberapa tips aktivasi komunitas otomotif di masa pasca pandemi berikut ini!

  1. Menggelar Kopdar Virtual

Komunitas pecinta MPV Toyota Innova yang tergabung dalam Innova Community Jakarta memberikan tips tersendiri untuk beraktivitas di masa pasca pandemi. Di tengah mobilitas harian para anggotanya, komunitas yang genap berusia 16 tahun ini memilih untuk gencar menggelar kegiatan sosial.

Ketua Harian Innova Community Pusat, Fransiska FA mengatakan meski masa pandemi sempat menghambat agenda harian komunitas. Akan tetapi, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dan bermanfaat.

“Memasuki masa pasca pandemi ini, Innova Community tetap melanjutkan kopdar virtual. Ada beberapa pembahasan menarik seputar skena otomotif lokal maupun nasional. Ini dilakukan supaya tetap menjaga harmonisasi komunitas dan mempererat silaturahmi. Selain itu, acara offline mulai lagi dengan tetap memperhatikan standar Prokes,” ujar Siska.

  1. Memanfaatkan Aplikasi atau Mobile Solution

Untuk mendukung gaya hidup serta mobilitas harian para pemilik mobil, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) merilis sebuah mobile solution myHyundai Indonesia. Mobile solution ini, adalah sebuah platform ‘mobility membership’ untuk pengguna kendaraan Hyundai maupun masyarakat pada umumnya.

Platform ini menyuguhkan 4 kategori keuntungan atau benefit yaitu membership, loyalty,  pengguna, hingga ‘One-Stop Hyundai Care’. Solusi mobile ini tentunya akan memberikan  beragam keuntungan dan pengalaman  tak terlupakan bagi pelanggan Hyundai hingga para penggunanya.

“Dalam hal ini Hyundai terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggannya, dengan memberi lebih banyak opsi untuk mengoptimalkan kualitas hidup pelanggannya. HMID berusaha  memberikan berbagai layanan terbaik ke dalam satu solusi layanan mobile serta mempermudah dan meningkatkan kualitas pengalaman kepemilikan kendaraan bagi pelanggannya. terutama kemudahan mendapat akses informasi terbaru, pemesanan jasa layanan dan test-drive, serta melakukan pembelian mobil Hyundai hanya dalam satu sentuhan,” terang Alfian Andre Bumbungan selaku Head of New Business Development Hyundai Indonesia.

Caranya cukup mudah, setelah mendownload myHyundai Indonesia dari Playstore maupun App Store pengguna dapat melakukan daily check in untuk mendapat coupon harian. Selain itu, akumulasi coupon tersebut juga bertambah saat menghadiri acara Hyundai atau booth Hyundai.

“Membership dari aplikasi ini berkesempatan mendapat berbagai promo dan manfaat unik yang akan didapat seperti voucher potongan harga dan reward dari  partner Hyundai. Antara lain voucher penerbangan Garuda Indonesia, extra shell points, voucher Traveloka, cashback parkir GoPay dan manfaat lainnya,” papar Alfian.

  1. Bengkel Mandiri

Komunitas Proton Exora Club Indonesia (PECI) pmemberikan tips berbeda memanfaatkan kegiatan di masa pasca pandemi. Ketua Umum PECI, Jalu menyampaikan ada beberapa kegiatan komunitas PECI saat pandemi yang berlanjut hingga sekarang. Salah satunya membuat bengkel mandiri.

Foto: NMAA

“Tujuan bengkel mandiri ini selain mengisi waktu luang, juga kita belajar dan memperluas wawasan tentang kendaraan Proton Exora. Jadi, para member menggelar workshop mandiri di setiap chapter PECI. Beberapa kegiatan seperti merawat bagian mobil, diskusi, atau bertukar informasi seputar Proton Exora, sampai persiapan menggelar acara,” ucapnya.

  1. Acara Sosial

Bukan hanya menggelar Kopdar Gabungan (Kopdargab), komunitas East Empire Squad (EES) juga menggelar acara sosial melibatkan masyarakat umum.

“Maintenance komunitas di masa pandemi ini akan lebih baik untuk menggelar acara sosial. Selain melibatkan para anggota komunitas juga memberikan dampak positif untuk publik luas,” paparnya.

  1. Membangun Rekanan dari Tiap Daerah
Foto: NMAA

Salah satu poin wajib yang mesti dihadirkan oleh komunitas adalah memiliki jejaring rekanan di tiap daerah. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya harus menciptakan kondisi heterogen dan kekeluargaan.

“Di masa pandemi ini kita memang punya agenda masing-masing dari tiap chapter. Dari mulai menggelar pelatihan berbagai keterampilan, Kopdar dan menggelar Jambore Nasional. Visi misi kita berusaha merangkul para pecinta kendaraan dan masyarakat umum tanpa melihat latar belakang suku, adat, atau latar belakang. Karena itu, penting bagi kami untuk memperluas jejaring rekanan dari tiap daerah untuk terus bersinergi dan berkolaborasi melahirkan dampak positif,” kata Ketua Avanza Xenia Fans Club Indonesia (AXSC).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,432PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles