Richard Mille Kolaborasi dengan Ferrari Hadirkan Arloji Tertipis di Dunia

- Advertisement -

NMAA Lifestyle- Richard Mille (RM) selaku pembuat jam tangan mewah asal Swiss ini memang dikenal sudah lama bermitra dengan Scuderia Ferrari. Kini, dua perusahaan ini merilis inovasi terbaru dan unik. Yaitu jam tangan tertipis di dunia yang diberi nama RM UP-01 Ferrari.

Jam tangan ini memiliki dimensi cukup besar yakni panjang 51 mm dengan lebar 39 mm, namun ketebalannya hanya 1,75 mm. Ketebalan ini menjadikan perusahaan tersebut memiliki jam tangan paling tipis di dunia. Setelah bulan Maret lalu,  Bvlgari meraih penghargaan tersebut. Saat itu mengenalkan jam tangan Octo Finissimo Ultra, anggota keluarga baru dari lini Octo sebagai andalan perusahaan dengan ketebalan hanya 1,8 milimeter.

Tidak seperti Bvlgari atau Piaget (pemegang rekor sebelumnya) yang hanya mengandalkan cangkang belakang sebagai tempat untuk meletakkan mesin, Richard Mille memasang seluruh bagian mesin ke dua sisi cangkang. Jam tangan ini menampilkan indikator jam, menit, detik, dan function selector yang tersebar di seluruh permukaan cangkang yang lebar.

Foto : Fratello Watches

Pelat mesin yang digunakan dibuat transparan (skeleton), dan sudah diuji untuk menahan tekanan medan magnet lebih dari 5.000 Gauss. Serta menggunakan pengikat berbahan nyaman yang digunakan sehari-hari. Setidaknya butuh sekitar 6.000 jam dan pengujian laboratorium supaya jam tersebut bisa rampung sempurna.

Mesin RM UP-01 yang menggerakkan jam dikembangkan oleh Richard Mille dan Renaud & Papi (lini bisnis Audemars Piguet yang didirikan mantan pembuat jam AP, Dominique Renaud dan Giulio Papi pada tahun 1986). Kedua pihak mendesain ulang escapement dengan membuat roda keseimbangan (balance wheel) titanium yang lebih tipis, tanpa mengorbankan fungsi dan kemampuan mesin.

Foto : Fratello Watches

Pada umumnya, escapement memiliki guard pin dan safety roller yang berfungsi melindungi tuas pelepasan dari goncangan. Di sebelah kiri dial tersebut, terdapat function selector yang memungkinkan pengguna memilih antara penggulungan (winding) atau pengaturan (setting). Fitur ini dilengkapi kenop pemutar (crown) yang diletakkan tepat di bawah function selector.

RM UP-01 Ferrari dilengkapi komponen keramik hitam yang melindungi bezel dari gesekan dan memastikan arloji ini tahan air hingga 10 meter. Baik dial penunjuk waktu maupun dial untuk roda keseimbangan dilapisi kaca kristal safir serta lapisan anti-reflektif di kedua sisi.

Sentuhan akhir arloji ini adalah logo kuda jingkrak Ferrari dalam warna hitam yang dicetak di sisi kanan bawah cangkang, dan tali karet berwarna hitam. RM UP-01 Ferrari hanya diproduksi sebanyak 150 unit. Harga masing-masing arloji dipatok sebesar 1,888 juta dollar AS atau setara Rp 28,3 miliar. (VLD)

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,432PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles