NMAApedia: Lamborghini Miura P400 S, Model Ikonik Bermesin V12 Legendaris Pencetak Sejarah

- Advertisement -

NMAA News – Tepat pada 1966, Lamborghini memproduksi mesin V12 pertamanya yang langsung memantapkan dirinya sebagai legenda sepanjang masa untuk sebuah supercar. Terlebih ketika mesin V12 ini dipasang melintang di posisi tengah-belakang (rear-mid) pada P400 Miura, supercar Lambo yang pernah diciptakan.

Ya, Lamborghini Miura membuka dan memuat banyak cerita dalam bab terbaru dari kisah mesin V12 dalam kiprahnya di sejarah otomotif dunia. Mesin V12 legendaris ini telah menggerakkan mobil ikonik Miura selama hampir 60 tahun. Sekaligus menjadi lambang landasan DNA Lamborghini: inovasi teknologi, visi, dan keahlian teknik.

Kini tahun 2022 menjadi tahun terakhir Lamborghini memproduksi mesin bensin konvensional murni tipe V12 yang sangat ikonik ini. Sebagai apresiasi dan penghormatan, esin V12 generasi terakhir ini disematkan pada model Aventador Ultimee.

Foto: Lamborghini

Selanjutnya Aventador Ultimee ini akan menjadi simbol era kejayaan Lamborghini, jelang keputusan mereka untuk memulai model produksi hibrida pertama pada 2023 mendatang. Varian ini sekaligus akan menandai dimulainya proses hibridisasi di Lamborghini.

Kisah Awal Miura, Ferruccio Lamborghini: “Saya suka yang ini: ini akan memberi kita status legendaris..”

Kurang dua tahun setelah Lamborghini berdiri pada 1963, perusahaan Sant’Agata Bolognese sebagai induk pabrikan Lamborghini, terhitung masih kecil. Namun, kehadiran mereka berhasil memantapkan dirinya dengan kokoh di posisi atas pasar mobil sport grand tourer yang sulit.

Sebagai bukti kesuksesan masuk di segmen ini, Lamborghini 350 GT sukses diproduksi stabil memenuhi permintaan pasar yang terbatas. Sebagai pendiri, Ferruccio Lamborghini puas karena bisa mengalahkan skeptisisme awal di soal teknisnya. Bahkan kesuksesan ini membuat Ferruccio bermimpi bisa membuat mobil yang lebih menakjubkan, bahkan akan membuat semua orang terpesona.

Semua mimpi ini terwujud. Dibantu insinyur muda Giampaolo Dallara dan Paolo Stanzani di saat itu, Ferruccio mengurus aspek teknis Lambo yang cukup pelik. Namun problem ini teratasi berkat peran kedua insinyur mudatersebut yang menangani sisi teknis sekaligus bertanggung jawab atas pengembangan dan produksi di Automobili Lamborghini saat itu.

Sebagian besar kesuksesan Miura adalah – dan terus berlanjut – hingga ke mesinnya yang luar biasa: V12 4.0L 60° dengan 4 karburator Weber 40 IDL 3L. mesin ini mampu menyemburkan daya maksimum 355 HP di model P400, 375 HP di P400S, dan 390 HP di P400SV.

Foto: Lamborghini

Besaran tenaga tersebut sudah cukup menjadikan Miura sebagai mobil produksi jalan raya tercepat di dunia saat itu. Desain luar biasa Carrozzeria Bertone dalam menuntaskan Miura, membuat supercar Lambo ini menikmati penjualan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk model Lamborghini.

Sambutan meriah dan penjualan melebih ekspektasi awal terlihat dari melonjaknya produksi awal 50 unit Miura untuk tiga tahun ke depan sejak produksi pertama. Namun faktanya memperlihatkan, total 763 unit laris terjual selama 7 tahun, yakni periode 1966 hingga 1973.

Insinyur Paolo Stanzani: tokoh kunci dibalik penciptaan mesin Lamborghini V12 yang legendaris

Insinyur Paolo Stanzani (1936-2017) adalah salah satu orang pertama yang dipekerjakan Ferruccio Lamborghini. Diangkat langsung setelah Stanzani lulus dari Universitas Modena. oleh Ferruccio, Stanzani kemudian menjadi salah satu pemain terpenting dalam kisah terciptanya mesin V12 dan Miura.

Stanzani adalah orang yang mengembangkan mesin V12 yang dirancang insinyur Giotto Bizzarrini dan membuatnya cocok diproduksi secara serial dan bisa digunakan di jalan. Selain itu, Stanzani adalah pelopor kelompok kecil talenta muda yang mengembangkan dan menciptakan Miura berikut fitur teknis mutakhirnya.

Foto: Lamborghini

Dia memegang berbagai peran di Lamborghini, mulai dari Direktur Teknis hingga Manajer Produksi dan Manajer Umum. Selain Miura, ia memberikan kontribusi penting untuk produksi Countach, Espada, dan Urraco, yang mana model terakhir adalah favorit pribadinya.

The Miura adalah bintang nyata dengan daya tarik ikoniknya, tidak hanya terletak pada penampilan tetapi juga dalam lengkingan “suaranya”.

Begitu dihadirkan, Miura menjadi mobil paling dicari di kalangan sutradara film. Tak heran telah muncul di setidaknya 43 film, dan sering kali hadir sebagai peran utama. Salah satu paling terkenal adalah, film “The Italian Job” pada 1969.

Muncul lebih dari tiga menit, terlihat pada awal film didedikasikan untuk Rossano Brazzi yang mengendarai P400 Miura saat Matt Monro menyanyikan “On Days Like These”. Mesin V12 yang dipercepat dapat didengar di background film. Sekaligus Miura memperoleh status model mobil yang dikultuskan dalam dunia film mobil.

Selain itu, The Miura telah membintangi sampul lusinan majalah mobil dan publikasi lainnya. Penampilan pertamanya di sebuah artikel internasional muncul pada November 1966. Karya tersebut dimuat di majalah mingguan Autocar dan ditulis Paul Frère, pebalap Belgia yang menjadi jurnalis.

Foto: Lamborghini

Selain itu artikel lain tentang Miura yang yang paling terkenal adalah hasil racikan tulisan jurnalis Inggris, Leonard “LJK” Stright untuk majalah bulanan Inggris, CAR. Dibagi menjadi dua bagian, tulisan itu menggambarkan kelezatan perjalanan dari Sant’Agata Bolognese menuju London dengan P400 Miura.

Menyusun daftar lengkap kolektor yang memiliki Miura selama bertahun-tahun adalah tugas sulit. Kolektor Miura juga datang dari kalangan artis dan seniman. Misalnya, Little Tony dan Rod Stewart keduanya memiliki lebih dari satu. Eddie Van Halen menyimpannya selama lebih dari 30 tahun. Sedangkan Jay Kay – Jamiroquai masih memilikinya hari ini.

Contoh lain pemilik Miura yang terkenal adalah aktor Peter Sellers; model Twiggy; penyanyi Johnny Hallyday (yang menjadi berita utama ketika dia menabrakkan P400 ke pohon) dan Elton John; penyanyi opera Grace Bumbry; musisi jazz Miles Davis; pembalap Jean-Pierre Beltoise; dan terakhir Shah Iran, yang memiliki sejumlah Miura termasuk salah satu dari empat SVJ yang pernah dibuat.

Foto: Lamborghini

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,508PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles