Big Mike’s Honda Prelude 1992: Runtuhkan Superioritas Muscle Car dan Hot Rod

- Advertisement -

NMAA News – Merujuk pada istilah ‘muscle cars’ tentunya terbesit dalam ingatan seketika muncul mobil performa tinggi yang memiliki tampilan kekar. Sejumlah mobil – mobil berotot ini meraih kepopuleran di negara asalnya, Amerika Serikat (AS).

Tak terkecuali di lingkup modifikasi, muscle car dan hot rod merupakan dua segmen yang terbilang ‘superior’ dibanding segmen mobil lainnya. Padahal se-antero AS juga dikelilingi berbagai gaya modifikasi dari segmen berbeda.

Momen pameran modifikasi Specialty Equipment Market Association (SEMA Show) pada 2016 seketika mengubah segalanya. Saat itu, dominasi mobil Jepang cukup kuat melenggang di gelaran prestisius tersebut. Satu diantaranya, ketika Honda Prelude 1992 berjalan mulus melampaui superioritas muscle car di SEMA Show di tahun tersebut.

The Big Mike akan hadir di OLX Autos IMX 2022 sebagai juri NMAA Top 50 dan mengisi sesi OLX Autos IMX Masterclass ‘Overseas Talkshow’ | Foto: Nurge Media ‘Charis Culture’

Ratusan mobil modifikasi di SEMA Show menghadapi proses seleksi ketat untuk meraih titel teratas sebagai jawara. Tepatnya dalam program SEMA Battle of the Builders, para modifikator muda atau pemula bersaing ketat memperebutkan jajaran 10 besar SEMA BOTB: Young Guns.

Siapa sangka, Big Mike terpilih di jajaran tiga teratas dalam kategori pemenang tersebut. Uniknya lagi, Honda Prelude keluaran 1992 dimodifikasi total tanpa menghilangkan identitasnya sebagai mobil Jepang. Membuat juri SEMA BOTB tampaknya sulit beranjak dari sedan lawas Honda tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #TheBigMike (@thebigmike)

Baca Juga: Tebar Edukasi Kelas Dunia, Tiga Tuner Modifikasi Internasional Bakal Hadir di Puncak OLX Autos IMX 2022

Ubahan paling memukau terlihat dari bagian mesin, setelah Big Mike sukses menampilkan ruang mesin serba rapi atau disebut wire tuck. Prosesnya sendiri tidaklah mudah, karena memerlukan ketelitian dan tingkat presisi tinggi. Jika salah, resiko terbesarnya mobil bisa terbakar karena korsleting kabel.

Instalasi wire tuck dibuat rapi, menampilkan jalur piping dan kabel tersembunyi di beberapa bagian.

Mulai dari swirl pot untuk sistem pendingin, penyetelan pompa bensin dan filter bensin, hingga penggantian dasbor untuk mendukung ubahan tersebut. Paling mendasar, trik wire tuck pada kabel diawali penggantian harness besutan Rywire Motorsport yang juga hadir sebagai modifikator SEMA Show 2016. Diikuti ubahan para seluruh mur dan baut dari Downstar Inc.

Foto: Speedhunters

Seketika pandangan tersorot ke mesin F20B 4 silinder DOHC dilengkapi VTEC sudah mengusung Individual Throttle Bodies (ITB) untuk menyeimbangkan asupan udara ke silinder mesin.

Jadi saat membuka throttle, udara masuk secara instan. Kinerja dari konfigurasi naturally aspirated (NA) menggunakan langkah hisap atau TMB piston kini berganti setelah memasang turbocharger Garrett GT28X, untuk disuplai oleh manifold turbo custom.

Ubahan ini diikuti dengan intercooler kit Garret untuk mendinginkan udara supaya dapat menyuplai lebih banyak oksigen pada mesin melalui intake manifold.

Seluruh racikan mesin tersebut dikerjakan dengan cara menyembunyikan sejumlah lining selang dan kabel. Beberapa komponen mesin bawaan atau aftermarket juga diganti menggunakan parts substitusi dari mesin mobil lain. Begitu juga unsur kerapian serta attention to detail pada sistem elektrikal mesin.

Foto: semashow.com
Tema eksterior Honda Prelude ini mengadopsi dari gaya modifikasi racing berkat pemilihan skema warna cat abu-abu ditambah imbuhan livery biru dan merah menghiasi kedua sisi samping, hingga penempatan nomor 7.
Bagian bodyworks diberi perubahan halus, tetapi mampu membuat Honda Prelude tampil beda. Ada beberapa ekstensi di bagian bodi, misalnya bumper depan dengan tambahan moulded in lip, dan wide body fender di bagian depan.
Melengkapi tampilan eksterior bodi, terdapat juga side skirts PCI menjembatani dua buah fender dan kap mesin buatan JUN kustom.
Kemudian sektor roda dibuat meaty fitment dari pemilihan velg Volk Racing CE28N berbalut ban berdinding tebal Falken Azenis. Dibalik komposisi roda tersebut, sudah mendapat peranti rem berupa piringan dan kaliper Willwood.
Foto: Nurge Media ‘Charis Culture’
Secara keseluruhan, kunci dari modifikasi Honda Prelude 1992 ini pastinya terletak pada kutipan fashion follow function. Memperhatikan ubahan modifikasi pada unsur estetika, fungsi, tentunya ketelitian, workmanship yang baik, juga memperhatikan aspek keselamatan demi menunjang hasil optimal.
Pencapaian Big Mike akhirnya membawanya namanya kian dikenal di kalangan pecinta mobil Jepang di AS. Meskipun tidak mudah,  akan tetapi berjuta-juta inovasi lain dapat tercipta.
Buat kalian NMAA Member, manfaatkan kesempatan berdiskusi dan mengenal seputar industri modifikasi dan aftermarket langsung dari Big Mike.
Builder AS tersebut akan meluangkan waktunya membagikan wawasan di OLX Autos IMX 2022 pada 1-2 Oktober di Hall A, JCC, Jakarta. Jangan sampai terlewat, masih ada kesempatan membeli tiket on the spot di loket penjualan tiket yang tersedia dekat area venue. Sampai jumpa di OLX Autos IMX 2022!! Bravo Modifikasi Indonesia
Agi FR
Eks kontributor rubrik hiburan dan seni di sejumlah Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,589PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles