Bermotor di Tengah Kondisi Lalin Macet? Ini Solusinya!

0
- Advertisement -

NMAA News – Berkendara dengan motor adalah solusi jitu menyiasati kondisi macet di jalan perkotaan. Menghadapi kondisi jalan macet saat berkendara motor pun butuh teknik berkendara, agar tidak cepat lelah dan nyaman di perjalanan.

Simak tips berkendara motor menghadapi situasi macet di jalan dari Andi Setiawan, salah satu instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta.

”Dalam berkendara menemui kondisi macet, tidak semua orang mengetahui teknik berkendara sebenarnya saat menemui kemacetan. Tim Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberi beberapa tips bagi pengendara motor,” tutur Andi Setiawan.

Berikut tips berkendara motor menghadapi kemacetan di jalan dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta :

  1. Pastikan kondisi tubuh dan kendaraan dalam kondisi prima. Cek tekanan angin ban, kondisi perangkat pengereman dan mesin, pastikan motor di service secara berkala.
  2. Gunakan safety riding gear seperti helm, sarung tangan, sepatu, jaket dan celana panjang, lalu pastikan Anda membawa kelengkapan surat-surat berkendara.
  3. Saat berkendara, pastikan kondisi tubuh rileks, posisi bahu dan tangan juga rileks tidak kaku. Jika posisi tangan kaku, akan menyulitkan pengendara untuk berbelok dan tubuh terutama di area leher akan cepat terasa lelah.
  4. Dalam menembus kemacetan dengan kecepatan rendah, gunakan lebih banyak porsi rem belakang untuk membantu menyeimbangkan motor dan juga menjaga kecepatan motor. Penggunaan rem belakang saat kecepatan rendah akan dirasakan lebih halus sehingga memudahkan pengendara untuk menjaga keseimbangan.
  5. Operasikan gas secara halus sehingga tidak menyentak saat berada di kemacetan.
  6. Hindari memaksakan masuk diantara kendaraan lain yang bercelah sempit baik lurus maupun berbelok ini potensi terjepit.
  7. Bila tubuh sudah terasa lelah, ada baiknya berhenti sejenak untuk istirahat, setelah siap lanjutkan perjalanan kembali.

Dengan menerapkan sejumlah poin pada tips tersebut, diharapkan bisa mendukung pengendara sepeda motor ketika menghadapi kemacaten di jalan.

- Advertisement -