Masuk 5 Besar AXCR 2022, Rifat Sungkar: Cukup Baik Karena Semuanya Serba Baru

0
- Advertisement -

NMAA News – Tim Mitsubishi Ralliart tuntas menyelesaikan kompetisi Asia Cross Country Rally (AXCR)  yang digelar 21 – 26 November 2022 di Thailand dan Kamboja, dan menempuh rute lintasan sejauh 1.700 kilometer. Start AXCR dimulai di Buriram, sebelah timur laut Thailand, lalu menyeberang ke Kamboja, dan berakhir di situs Warisan Dunia Angkor Wat.

Di ajang AXCR 2022 ini, tim Mitsubishi Ralliart menurunkan pereli Rifat Sungkar (Indonesia) sebagai pemenang Indonesian Sprint Rally Championship, dan Chayapon Yotha (Thailand) yang jaga jawara di Thailand Autocross Championship. Keduanya mengendarai dua Mitsubishi Triton di kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam).

Dalam AXCR 2022 tersebut, Rifat Sungkar yang bertandem dengan navigator asal Thailand Chupon Chaiwan, berhasil menempati posisi 5 setelah melewati drama lintasan reli yang cukup berat, yang diselingi insisden pecah ban, hingga pengalaman baru yang menjadi bahan pembelajaran Rifat untuk seri selanjutnya.

Terkait hasil tersebut, Rifat mengakui kalau dirinya sangat beruntung dan bisa dibilang tersanjung menjadi bagian dari tim Mitsubishi Ralliart dengan hasil yang cukup memadai. Padahal selama reli berlangsung kendala yang dihadapi tak ringan.

“Karena saya jalani ini semua dengan hal baru. Sejujurnya, saya tidak punya pengalaman sama sekali di ajang AXCR ini. Keyakinan saya selain kemampuan diri, tentunya karena Mitsubishi punya mobil hebat dan tim yang kuat,” tutur Rifat.

Terlebih lagi saat dirinya mendapat kendala pecah ban di SS2. “SS2 itu 200 kilometer adalah detik saya pertama lihat trek AXCR seperti apa. Segala kemungkinan ada dan saya tidak beruntung, karena saat itu tidak sedang push. Kejadian di 80 kilometer, saya tidak bisa menyalahkan siapa-siapa karena ini saya yang nyetir,” ujarnya.

Insiden tersebut membuat dirinya sempat melorot ke posisi 8. Namun di sesi berikutnya, Rifat Sungkar berhasil perbaiki posisinya hingga akhirnya menempati peringkat ke-5 di akhir balapan. “Sebagai anak baru saya bisa tunjukkan dari posisi 8 ke 4, dan kemudian finish di posisi 5. Biasanya anak baru akan kesulitan dan sulit finish,” jelasnya di acara konferensi pers virtual hari ini, Senin (28/11/2022).

“Di SS2 ini sekaligus pembuktian, kendati saya mengalami momen yang berat namun itu justru menunjukkan kemampuan Triton yang bisa menyelesaikan rute sejauh 200 kilometer yang harus ditempuh dengan berbagai kondisi yang ada,” imbuh Rifat.

Saat ditanya hal apa yang menjadi input berharga bagi dirinya, Rifat menjelaskan kalau ia banyak mendapat hal yang menarik lantaran ia menjalani semuanya dalam konteks yang baru di karir balapnya. “Mobil baru, tim baru, jalan baru, rute baru, kompetisi baru. Saya awalnya pikir sangat berat, namun ternyata ini semua sangat menyenangkan.”

Sebagai info tambahan, pada ajang AXCR 2022 ini Rifat Sungkar sukses menempati peringkat ke-5 dengan catatan waktu total 8 jam 39 menit 56 detik. Ia tertinggal 17 menit 14 detik dari pemimpin klasemen yang juga rekan setimnya dari Thailand, Chayapon Yotha dengan navigator Tirapong Sumwat yang juga berasal dari Thailand.

 

 

 

 

- Advertisement -