NMAA Top 50 Director Apresiasi Karya Car Builder Yogyakarta, 10 Mobil Modifikasi Besutannya Tampil di OLX Autos IMX 2022

- Advertisement -

NMAA News – Panitia NMAA Top 50 telah mengkurasi sekitar 800 pendaftar mobil modifikasi di program NMAA Top 50 dalam gelaran OLX Autos IMX 2022 ‘The Indonesian Kalcer’. Berbagai jenis gaya modifikasi dari car builder di sejumlah kota di Indonesia tahun ini lebih variatif.

Dalam proses kurasi, panitia mengutamakan penilaian dari spesifikasi serta foto mobil yang dikirim pendaftar. Kemudian, mulai dipertimbangkan dalam berbagai aspek seperti harmonisasi konsep modifikasi, function, craftmanship, creativity, hingga aspek safety.

Diantara sekian banyak pendaftar, beberapa poin tersebut diterjemahkan oleh car builder asal Yogyakarta, Raindy Iga Sukmawan selaku punggawa dari Rain Autoparts.

Foto: @raindyigas

“Dari tahun ke tahun, NMAA Top 50 menjadi acuan para modifikator dalam menampilkan kreasi terbaiknya kepada publik nasional hingga mancanegara.  Tim juri melihat, tahun ini para car builder lebih bebas berekspresi dan mampu mendobrak pakem modifikasi tanpa mengorbankan sisi estetika dan fungsional,” buka NMAA Top 50 Director, Erwin M Chairudin kepada nmaa.co.id

Disebutkan Erwin, sebanyak 10 mobil modifikasi karya Raindy sudah memenuhi poin – poin objektif modifikasi proper yang dikampanyekan oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) sejak 2016 lalu. Sebagai wujud apresiasi Raindy mendapat gelar ‘The Indonesian Kalcer Award’.

“Kami ucapkan selamat kepada Raindy yang sudah mendaftarkan 10 mobil modifikasi proper. Dimana 10 mobil tersebut dipilih dewan juri untuk mengisi line up NMAA Top 50. Selain itu, karya modifikasi Raindy membuat kami yakin jika kampanye modifikasi proper mulai merata di Indonesia. Artinya, sekarang bukan didominasi oleh modifikator Ibu Kota. Tapi hampir seluruh kota di Indonesia mulai menampilkan mobil modifikasi proper dan layak diperhitungkan di skala nasional,” sebut Erwin.

Foto: NMAA

Menurutnya selaku NMAA Top 50 Director, 10 mobil modifikasi yang dibawa Raindy mencerminkan pertumbuhan skena modifikasi Indonesia di era sekarang.

“Sebagaimana kampanye dari NMAA, sejatinya kami ingin mengajak insan modifikasi Indonesia terus mengembangkan skill, inovasi, dan wawasan dalam membangun mobil proper. 10 mobil modifikasi Raindy dapat menjadi acuan dan referensi modifikasi untuk para car enthusiast,” ucap Erwin.

Sebanyak 10 mobil modifikasi tersebut, dibangun dari basis mobil dengan konsep berbeda. Wujud kesamaan diantaranya terlihat dari konsep modifikasi stance. Memadukan warna bodi cerah, kaki-kaki ceper, offset velg belang, pengaturan camber dan daya topang dari air suspension.

Foto: NMAA

Diantaranya BMW F33, Mazda Miata MX-5, Chrysler 300C, Porsche, Toyota 86 Karma, Toyota Crown, BMW F32, Mercedes Benz W140, dan Nissan Cima.

Di kesempatan berbeda, Raindy mengungkapkan The Indonesian Kalcer Award menjadi pemicu semangatnya dalam berkarya. Terlebih lagi, ia sudah bergelut di bidang modifikasi selama belasan tahun.

“Ini menjadi pencapaian terbaik saya di tahun ini. Terima kasih atas apresiasi dari NMAA dan IMX yang sudah memilih 10 mobil modifikasi yang saya daftarkan sebelumnya. Mengingat dinamika pengerjaan modifikasi mobil berbeda-beda. Penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh car builder di Indonesia untuk memicu lebih banyak karya modifikasi dari tangan kreatif para car builder lokal,” ujar Raindy.

Foto: NMAA

Program tahunan NMAA Top 50 di setiap gelaran IMX menjadi salah satu target Raindy menampilkan hasil karyanya. Menjadi media bereksperimen bagi Raindy usai menerapkan modifikasi proper dan fungsional.

“Skena modifikasi dari tiap kota di Indonesia saat ini semakin menunjukan perkembangan signifikan. Indikasinya, setelah pandemi melandai dan kontes modifikasi mulai aktif lagi. Generasi muda sekarang berperan aktif menghidupkan industri modifikasi dan aftermarket.  Menandakan, muncul regenerasi sebagai penerus atau legacy dari generasi sebelumnya,” papar Raindy.

Foto: NMAA

Untuk itu, ia berharap ke depannya kontes modifikasi bisa menjangkau daerah – daerah di luar Pulau Jawa.

“Misinya tetap sama, menjaga kesinambungan di dalam ekosistem industri itu sendiri. Mencakup  car builder, car enthusiast, bengkel spesialis, dan produsen aftermarket. Minimal, bisa menjadi tempat mereka meningkatkan minat, bakat, dan kreativitas supaya dapat berkontribusi di skena modifikasi nasional,” tukas Raindy.

Agi FR
Eks kontributor rubrik hiburan dan seni di sejumlah Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,590PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles