Teaser Mobil Konsep Mazda Bertenaga Listrik Terkuak, Pakai Basis MX-5 Miata

- Advertisement -

NMAA News – Era elektrifikasi semakin terbuka di zaman sekarang. Selain menghadirkan solusi dari penipisan bahan bakar fosil, di sisi lain jadi ajang perkembangan pabrikan menghadirkan line up kendaraan elektrifikasi.

Kali ini, Mazda menampilkan teaser mobil konsep yang merupakan lini kendaraan elektrifikasi berbasis coupe dua pintu dari MX-5 Miata.

Rencana Mazda menghadirkan line up kendaraan elektrifikasi adalah bagian dari strategi jangka panjang pabrikan kendaraan asal Jepang tersebut.

Foto: Carscoops

Dalam unggahan video, pihak Mazda menyebut jika perjalanan elektrifikasi ini akan dimulai pada 2030. Mazda nantinya akan terlebih dulu meningkatan nilai investasi penjualan mobil listrik sebanyak 40 persen.

Desain tersebut belum terungkap jelas, karena hanya menampilkan empat generasi Mazda Miata MX-5. Publik beranggapan, MX-5 generasi kelima atau generasi paling baru disuntik tenaga listrik.

Tampilan eksterior megah dan elegan diwujudkan dengan desain fender menonjol, atap harttop dan dua pintu gullwing. Menariknya, tarikan desain tersebut justru mirip Mazda MX-5 Miata tipe ND.

Foto: Carscoops

Kesan futuristik terlihat berkat tampilan emblem Mazda pada grill dan lampu LED. Menariknya ada beberapa elemen desain dari model ikonik Mazda. Kaca depan dan belakang mirip seperti tampilan kaca Mazda RX-7. Kemudian bentuk lampu belakang mirip lampu Mazda Miata MX-5.

Kehadiran iterasi Mazda MX-5 diprediksi tetap mempertahankan mesin bakar dengan paduan powertrain listrik. Spekulasi ini semakin menguat dari tampilan sasis alumunium dilengkapi kotak pada bagian belakang dan dua tempat duduk sebagai tempat penyimpanan baterai.

Posisi ini memungkinkan Mazda MX-5 masa depan menghasilkan center of gravity ideal sekaligus menghasilkan bobot ringan.

Prospek ke Depan

Mazda memiliki strategi tersendiri untuk bermain di era elektrifikasi terutama memperbaharui strategi jangka menengah pada 2030. Disebutkan, rasio penjualan EV dalam jangkauan global Mazda akan mencapai 40% pada tahun 2030. Angka ini mengalami kenaikan dari prediksi Mazda yang menyebut kenaikan hanya 25%.

Adapun, Mazda memiliki tiga fase memasuki era elektrifikasi dalam tiga fase. Mulai dengan karakteristik regional dan kebutuhan lingkungan dengan nilai investasi $10,6 miliar, dan kemitraan baru dari baterai, motor listrik, dan chip.

Khusus fase pertama, antara 2022 hingga 2024 nanti, Mazda akan memulai fokus pembangunannya. Disusul fase kedua antara 2025 hingga 2027 menjadi masa transisi pengenalan sistem hybrid baru dan model EV baru. Lalu dilanjutkan dengan peluncuran line up kendaraan listrik di fase ketiga pada 2028-2030 mendatang.

Agi FR
Eks kontributor rubrik hiburan dan seni di sejumlah Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,590PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles