Kaleidoskop NMAA 2022: Industri Modifikasi dan Aftermarket Pulih, Bersiap Hadapi Tren Kendaraan Elektrifikasi

0
Foto: NMAA
- Advertisement -

NMAA News – Industri modifikasi dan aftermarket ikut merasakan dampak gelombang Pandemi Covid-19 di Indonesia pada 2020.

Kondisi ini turut menumbuhkan inisiatif dari para insan modifikasi agar tetap menjalani rutinitas dan berkarya meski di tengah beragam keterbatasan.

Dua tahun sesudahnya, seiring aturan pembatasan kerumunan mulai melonggar menjadi titik balik para insan modifikasi menyatukan semangat, menumbuhkan optimisme dan terus beradaptasi demi berkontribusi melahirkan kreativitas dan inovasi.

Bertepatan momen penggantian tahun, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) berkomitmen untuk terus mendukung dan memotivasi para insan modifikasi nasional melalui agenda tiap tahun.

Tercatat, pada 2022, NMAA menggelar Road to OLX Autos IMX 2022 di beberapa kota. Di tiap seri, memiliki karakter dari skena modifikasi tersendiri dengan keberagaman karya, inovasi, serta wujud kemandirian. Meski efek pandemi masih terasa, berkat kebersamaan tekad dan visi menjadikan 2022 sebagai momen adaptasi industri modifikasi dan aftermarket dengan beragam perubahan yang terjadi.

Simak, kilas balik kegiatan yang telah digelar NMAA sepanjang tahun 2022:

Kick Off OLX Autos Indonesia Modification Expo 2022 “The Indonesian Kalcer” – (29 Januari 2022)

Dalam memulai 2022, NMAA memadukan unsur industri modifikasi otomotif dan gaya hidup (lifestyle) yang mendasari dibukanya gelaran ke-5 IMX. Keterlibatan anak muda dalam industri otomotif dan modifikasi, semakin membuat Industri otomotif bergeliat.

Program konten OLX Autos IMX 2022, memadukan 70 persen otomotif dan 30 persen lifestyle. Kombinasi dua unsur tersebut dipercaya menciptakan gebrakan baru untuk industri otomotif khususnya modifikasi dan aftermarket. Di sisi lain, menjadi kilas dari perjalanan 5 tahun IMX yang menunjukan konsistensi dalam membangkitkan industri aftermarket dan beradaptasi di kondisi pandemi.

Mengusung tema besar “The Indonesian Kalcer” IMX 2022 memadukan unsur modifikasi dan lifestyle menjadi sebuah kultur generasi muda di tengah perkembangan tren, gaya hidup dan adaptif terhadap perubahan | Foto: IMX

Road to OLX Autos IMX 2022 In Collaboration With NECI 03: Bandung Meetup European – American (5 Februari) 

Rangkaian pertama Road to IMX 2022 berlangsung sukses dan meriah di Balarea Summarecon, Bandung, Sabtu 5 Februari 2022. Ajang pemanasan menuju puncak IMX 2022 pada 1-2 Oktober mendatang ini berkolaborasi dengan komunitas New Eyes Community Indonesia (NECI 03) dalam gelaran BDG Meetup Eps #1 “The Biggest European-American Meetup”.

Foto: NMAA

Kemeriahan acara berlangsung sejak pukul 10.00 WIB hingga 14.30 WIB di Balarea Lama, Summarecon, Gede Bage, Bandung mendatangkan berbagai car enthusiast pecinta mobil keluaran Eropa dan Amerika.

Mulai dari Mercedes-Benz, BMW, Chrysler, Porsche, Ferrari, Mini, Volkswagen, Jeep dan beberapa merek kendaraan lainnya. Kegiatan lain di dalam BDG Meetup Eps #1, yang merupakan Road to IMX 2021 serie perdana ini diantaranya kontes modifikasi antar mobil Amerika dan Eropa, kuliner, kontes foto, donasi dan tentunya berbagai door prize menarik dari Belkote selaku Co-Sponsor IMX 2022.

Paling dinantikan adalah pengumuman pemenang 2 Golden Ticket NMAA TOP 50 IMX 2022 yang berhasil diraih oleh mobil Mercedes Benz CLK W209 milik Dandi dan mobil Chevrolet Camaro Z-28 milik Ajo.

Road to OLX Autos IMX 2022 – Semarang Car Meetup

Road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2022: Semarang Car Meet-up digelar pada Sabtu (26/3/2022) di De Segara, Pantai Marina, Semarang. Acara satu hari berkonsep meet-up dibalut edukasi ini berlangsung pukul 08.00-13.00 WIB. Para pengunjung dalam gelaran ini terbagi menjadi dua segmen.

Meliputi Community Meet-up berisikan komunitas berbagai merek mobil dalam naungan Indonesia Community (IC), Automotive Modified Meet-up dan car enthusiast. Hadirnya rangkaian kedua ini juga turut menghasilkan nilai plus dari sisi ekonomi, terlihat dari interaksi dari setiap booth pop-up market.

Sebagai upaya memberikan apresiasi tinggi terhadap insan modifikasi Jawa Tengah, IMX memberikan penghargaan kepada Ivan dengan mobil Honda Estilo sebagai NMAA Car Modified Favourite.

Dilanjut apresiasi lain yakni ‘Semarang Top 10 Car Modified’, atau mobil modifikasi terbaik yang dinilai oleh Head Judges NMAA sekaligus salah satu anggota Dewan Komite NMAA, yakni Erwin M Chairudin.

Road to OLX Autos IMX 2022 – Jakarta Automotive Modified Meetup

Rangkaian ke-3 Road to Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2022: Jakarta Automotive Modified Meet Up berlangsung meriah di Parking Area P3, Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat pada Sabtu, (23/4/2022).

Acara yang dikemas ala “Tokyo Drift” berkonsep otomotif lifestyle ini berlangsung sejak pukul 10.00 – 19.00 WIB sebagai ajang pemanasan IMX 2022 pada 1-2 Oktober di Jakarta Convention Center mendatang.

Para pengunjung dalam gelaran ini terbagi menjadi beberapa segmen, meliputi Community Meet-up berisikan komunitas berbagai merek mobil dalam naungan Indonesia Community (IC) dan car enthusiast yang hadir dengan membawa mobil modifikasi terbaiknya untuk ikut serta dalam Automotive Modified Meetup (AMM).

Unsur lainnya adalah lifestyle khas anak muda yang menghadirkan berbagai edukasi dan konten menarik seperti Sneaker Auction dari komunitas Indo Sneaker Team hingga balapan Diecast dari komunitas Indonesia Diecast Expo.

Acara semakin terasa meriah dengan kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Wujud apresiasi untuk para car enthusiastdihadirkan melalui beberapa apresiasi bagi beberapa mobil terpilih yang hadir baik oleh juri dari NMAA, maupun apresiasi dari Garasi Drift yang memberikan juga pilihan favouritenya.

Road to OLX Autos IMX 2022 – Autoday Medan

Gelaran Road to OLX Autos IMX 2022 berlanjut ke Kota Medan, Sumarta Utara, Sabtu (29/5/2022). Berlokasi di Katamso Land, acara satu hari ini dimulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Menggandeng acara otomotif lokal Autoday Indonesia, wujud kolaborasi ini terjalin harmonis dengan tujuan menstimulasi industri otomotif mencakup car community & car enthusiast dalam naungan Indonesia Community (IC) dan Satuan Otomotif dan Musik (Sabrom).

Rangkaian ke-4 Road to Series IMX sukses digelar di akhir bulan Mei. Selain menyasar car enthusiast dan car community, gelaran ini juga menjadi destinasi wisata menarik akhir pekan untuk masyarakat Sumatera Utara.
| Foto: NMAA

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah dan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman serta segenap perwakilan Ikatan Motor Indonesia Sumatera Utara.

Wujud apresiasi nyata untuk para car enthusiast dihadirkan melalui beberapa pemilihan mobil terbaik dari para peserta melalui pemilihan oleh juri dari NMAA, dan apresiasi dari Garasi Drift serta persembahan hadiah dari Max Decal. Selain itu, menghadirkan Drift Show oleh Dipo Dwiki ‘Garasi Drift’.

Foto: NMAA

Pemilihan mobil modifikasi terbaik NMAA Top 10 menunjuk BMW 640i Convertible milik Sumitomo keluar sebagai pemenang IMX Golden Ticket.

Brio VMod 4 ‘Street Race’ (18 Mei – 24 Juli) 

PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar Honda Brio V-Mod #4 yang dimulai pada periode 18 Mei hingga 24 Juli 2022.

Kompetisi desain modifikasi ini sukses mengumpulkan 911 submisi karya para desainer dari sejumlah kota di Indonesia sudah menempuh proses penilaian yang dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari para profesional modifikasi dan jurnalis otomotif.

Baca Juga: Honda Brio Street Racing Karya Pemenang Kompetisi Brio VMod 4: From Render to Reality

Setelah melewati babak penyisihan, akhirnya Brio VMod 4 memilih Bernard Harianto sebagai juara pertama. Konsep Street Racing yang dibuatnya mampu mengantongi poin maksimal dari dewan juri.

Misalnya komposisi body kit yang serasi dengan body line Honda Brio. Warna hijau yang digunakan juga mewakili semangat anak muda yang mendobrak warna konvensional untuk sebuah mobil balap yang biasa ditemui di lintasan balap.

Karya digital tersebut juga ditampilkan dalam wujud 1:1 dan akan diikutsertakan dalam beberapa gelaran pameran PT HPM. Bernard mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 15 juta, dilanjut juara kedua Deden Desmahikmawan sebesar Rp. 10 juta, dan Joni Agung yang meraih juara ketiga dengan hadiah sebesar Rp. 7 juta.

Sedangkan untuk kategori Best Decal dimenangkan oleh Risky Fauzi (@riskyfauzisp) dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp. 5 juta, kemudian untuk kategori Favorite by Social Media dimenangkan oleh Malvin Setiawan dengan hadiah sebesar Rp. 3 juta dan kontestan terbaik top 20 masing-masing akan mendapatkan Rp. 1 juta.

Road to OLX Autos IMX 2022 – Automotive Modified Meetup

Menyambut kembalinya aktivitas industri otomotif usai diterpa pandemi, rangkaian ke-5 Road to OLX Autos Indonesia Modification Expo (IMX) 2022 singgah di Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu dan Minggu (25-26/6).

Gelaran ini berkolaborasi dengan Automotive Modified Meetup garapan Sapphire Indonesia sebagai jawaban atas antusiasme para insan otomotif di Kota Pahlawan. Road to OLX Autos IMX 2022: AMM Surabaya Meet-up juga terselenggara dengan sukses dengan menghadirkan berbagai komunitas mobil dalam wadah Indonesia Community.

Foto: NMAA

Sejumlah aktivasi untuk para pengunjung diantaranya OLX Autos IMX Masterclass, Diecast Race Competition, Photo and Reels Competition, Sneaker Auction serta aktivitas ekonomi IMX Pop-up Market dan OLX Auto Spot.

Foto: NMAA

Wujud apresiasi nyata untuk para car enthusiast dihadirkan melalui beberapa pemilihan mobil terbaik oleh juri dari NMAA, dan apresiasi dari Garasi Drift serta persembahan hadiah dari Goodfix.

Adapun deretan Top 10 NMAA Car Modified yaitu Mazda RX7, Honda Civic Nouva, Honda Civic FD, Subaru BRZ, Nissan Skyline GTR R34 & R35, Toyota Innova, Audi Wagon dan Mitsubishi Lancer Evo IX MR yang berhasil memenangkan IMX Golden Ticket!

Road to OLX Autos IMX 2022 – Makassar Car Meet

Ajang pemanasan Road to OLX Autos IMX 2022 series menyambangi Kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan membawa sejumlah program unggulan sarat edukasi dan hiburan yang digelar di Phinisi Point Mall pada Sabtu (16/7/2022).

Acara bertema ‘Makassar Car Meet’ ini berhasil menggali potensi para modifikator, car enthusiast, komunitas mobil, dan generasi muda kreatif. Antusiasme pengunjung pun terlihat memadati lokasi selama acara mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WITA.

Foto: NMAA

Bersama Forum otomotif lokal Oto Gammara , kesuksesan Road to OLX Autos IMX 2022 kali ini ditunjang berkat peran serta Komunitas Timur dan Indonesia Community menjaring sejumlah komunitas kendaaan roda empat yang ikut turut serta.

Dalam kesempatan yang sama di sela-sela kehadirannya, Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto memberi apresiasi tinggi terhadap pertumbuhan kegiatan modifikasi dengan membawa dampak positif.

Foto: NMAA

Sebagai upaya memberikan apresiasi tinggi terhadap insan modifikasi Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar, IMX memberikan Golden Ticket Rubicon milik Rumah Jip berhasil meraih Golden Ticket NMAA TOP 50 serta sejumlah mobil favorit NMAA dan Garasi Drift.

Road to OLX Autos IMX 2022 – Bali Kalcer Dewata

Rangkaian ajang pemanasan Road to OLX Autos IMX 2022 Bali: Kalcer Dewata usai digelar dan menjadi magnet para Automotive Enthusiast pada (27-28/8).

Mendatangkan pecinta modifikasi kendaraan roda dua dan roda empat untuk sama-sama menggemakan semangat Indonesian Pride.

Ajang pemanasan OLX Autos IMX 2022 series terakhir dikemas untuk mendukung wisata otomotif di Bali berupa community riding bersama Jeffrey Polnaja dan komunitas bikers berkeliling mengeksplorasi Pulau Dewata. | Foto: NMAA

Acara dimulai pukul 10.00 hingga menjelang 19.00 WITA di Trans Studio Mall, Bali dengan menggaet Forum Otomotif Bali (FOB), wadah komunitas mobil Nasional yang tergabung dalam Indonesia Community (IC) , dan Motorcycle Enthusiast.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Uno turut menyampaikan apresiasinya dalam gelaran ini yang diharapkan menjadi upaya bangkitnya pelaku industri modifikasi aftermarket.

Foto: NMAA

Kendati mengusung konsep berbeda dengan beberapa gelaran roadshow di kota lain sebelumnya, agenda penutup ini turut menghadirkan misi mengembangkan potensi wisata otomotif di Bali.

Gelaran Road to OLX Autos IMX 2022 Bali menghadirkan program ‘Kalcer Dewata Ride’ meliputi Community Riding, Automotive Tourism, dan Sharing Session bersama Jeffrey Polnaja, launching velg Turbo Bastard Wheel, dan lainnya.

Final Event: OLX Autos IMX 2022 – The Indonesian Kalcer 

Gelaran OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (OLX Autos IMX 2022) resmi dibuka pada Sabtu 1 Oktober 2022. Dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto, dan Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Gelaran kelima ini mengusung tema ‘The Indonesian Kalcer’. Menyatukan para audiens yang didominasi kaum milenial dan Gen Z di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pada 1-2 Oktober 2022.

Diwarnai beragam karya inovatif penuh terobosan sebagai wujud nyata bangkitnya industri otomotif khususnya modifikasi dan aftermarket sebagai bagian dari industri kreatif Nasional. | Foto: NMAA

Sebagai pelopor pameran modifikasi dan aftermarket roda empat pertama, IMX sejatinya berkomitmen untuk terus memberikan beragam aktivasi langsung melibatkan elemen industri modifikasi, aftermarket, dan lifestyle dengan tema besar ‘The Indonesian Kalcer’.

Dari data terakhir, terhitung penjualan kategori tiket presale dan on the spot dalam dua hari acara mencapai total transaksi Rp 4,8 miliar. Pencapaian ini memperlihatkan antusiasme para audiens menyambut kembalinya pesta modifikasi dan aftermarket terbesar di Indonesia.

Foto: NMAA!

Kembalinya gelaran IMX yang dikemas secara offline terbukti menjadi penggerak sektor industri otomotif dan aftermarket dalam menembus sekat-sekat pembatas lahirnya potensi baru serta menjadi wadah berkreasi para insan modifikasi nasional.

Jelang penutupan acara, berbagai aktivasi booth memberikan hiburan dan edukasi kepada para pengunjung, dilanjut sesi auction produk aftermarket dan lifestyle, awarding konten unggulan OLX Autos IMX 2022 seperti Black Stone Live Modz 2022, The Ultimate NMAA Top 50, Supergiveaway Online Toyota Innova 2KD, dan Supergiveaway On The Spot Subaru Forester.

Hiburan menarik dari sejumlah artis ternama Indonesia turut membawa audiens menikmati suasana gelaran puncak OLX Autos IMX 2022.

Di antaranya adalah Manshur Angklung, musisi rap Tuan Tigabelas, Om Leo Berkaraoke featuring Aurelie Moremans, Diskopantera, DJ Avril, hingga penyanyi muda Indahkus dan masih banyak lagi.

Black Stone Live Modz 2022 – Perang Bintang 

Kompetisi adu kreativitas modifikasi Live Modz tahun ini mengusung nama baru Blackstone Livemodz Challenge 2022 dengan tema ‘Perang Bintang’ sebagai salah satu konten unggulan OLX Autos IMX 2022.

Dalam kurun waktu tiga bulan, progress modifikasi tiap peserta seketika menghadirkan nuansa persaingan seru dan menantang. Pemilihan kontestan melalui proses seleksi dan kurasi juri dan panitia mendatangkan 5 Car Enthusiast dari kalangan publik figur nasional yang memiliki konsep modifikasi berbeda.

Hasil akhir modifikasi dinilai langsung oleh dewan juri yang terdiri dari ekspertis modifikasi Fitra Eri, Rifat Sungkar, serta NMAA National Judge Erwin M. Chairudin dan Edy Vertue. Pemilihan basis mobil modifikasi para peserta terbilang unik, karena kelimanya dibebaskan memilih basis mobil berbeda.

Penilaian mobil modifikasi para kontestan memperhatikan sejumlah aspek dalam lembaran score sheet yang telah disiapkan dewan juri dengan mempertimbangkan kualitas modifikasi, craftmanship, keselarasan konsep modifikasi, unsur kelayakan, keselamatan dan keamanan.

Melalui proses penjurian yang cukup panjang, akhirnya tim Gading Marten yang melakukan modifikasi mobil Audi R8 berhasil menyabet gelar The King atau juara pertama di ajang kompetisi Black Stone Live Modz Challenge 2022 ‘Perang Bintang’. Sementara juara kedua diraih oleh tim Andre Taulany dengan mobil BMW E30 serta tim Atta Halilintar meraih posisi ketiga dengan mobil Avanza listriknya.

Kick Off IMX 2023 – The Power Of Creativity

Seremonial Kick Off OLX Autos IMX 2023 berlangsung di Beerhall kawasan SCBD Jakarta Selatan, Senin (28/11). Acara ini dihadiri oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI, Taufiq Bawazier selaku Dirjen ILMATE, dan Josua Puji Mulia Simanjuntak selaku Staf Ahli Menteri Kemenpar Bidang Inovasi dan Kreativitas.

Tahun ini, IMX hadir dengan tema besar “The Future of Creativity” yang akan membawa kreatifitas setiap anak muda untuk menyambut era baru dalam teknologi dan setiap terobosan dalam peralihan tren dalam industri otomotif Indonesia.

Kembali menghadirkan kolaborasi platform jual-beli Mobil Bekas, OLX Autos sebagai sponsor utama sekaligus penyedia basis mobil modifikasi berkualitas.

Refleksi tema ‘The Future of Creativity’ dituangkan dalam ‘Key Visual’ OLX Autos IMX 2023 melalui kolaborasinya dengan salah satu kreator animasi terbaik di Tanah Air: Mindblowon Tahilalats Studios.

Keseruan dari program-program OLX Autos IMX 2023 akan tersaji dalam sejumlah ‘IMX series’ yang akan digelar di beberapa kota di Indonesia serta 1 seri overseas, yaitu: Osaka, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali. Sementara itu puncak acara OLX Autos IMX 2023 digelar selama 3 hari pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Hall A – B JCC Senayan, Jakarta.

See you on OLX Autos IMX 2023 – The Power Of Creativity

Semua momen seru dan menyanangkan sepanjang 2022 sudah berlalu. Kami yakin, ke depannya dunia modifikasi dan aftermarket Tanah Air dapat terus berkembang mengikuti zaman. Saat ini, mari kita bersama-sama menjawab berbagai tantangan ke depan, memberikan dedikasi untuk negeri, serta tak kenal lelah dalam bereksplorasi.

Semoga 2023 industri modifikasi dan aftermarket nasional dapat meraih kesuksesan tertingginya dengan kemampuan para insan modifikasi dan pegiat industri kreatif. Membawa nama Indonesia semakin luas di kancah mancanegara. Bravo Modifikasi!!

- Advertisement -