Toyota GR 86 Street Racing Adopsi Stromtroop, Pakai Jubah Pandem dan Setup Kaki-kaki Agresif

0
Foto: Glowgang/Carvibz
- Advertisement -

NMAA News – Tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, Toyota GR 86 atau model 86 generasi memang menyimpan banyak potensi modifikasi. Cocok dikonsepkan menjad gaya modifikasi sporty, racing atau stance.

Karakter bodi dinamis, tegas dan ikonik dihadirkan pabrikan Toyota secara apik sekaligus menjadi representasi model kendaraan mereka.

Jika mengulas ke belakang, tepatnya rentang tahun 2012-2015, tuner body kit Rocket Bunny/Pandem menambahkan identitas tampang 86 bergaya agresif.

Cara tersebut kembali dilakukan pada generasi terbaru 86 dengan mengusung gaya street racing.

Proses potong fender Toyota GR 86 | Foto: Glowgang/Carvibz

Tidak berselang lama setelah GR 86 meluncur, Rocket Bunny atau bernama Pandem di AS menyuguhkan para pemilik sedan sport Toyota dengan produk wide body kit bergaya racing.

Bagi car enthusiast Amerika Serikat, Glowgang desain agresif wide body kit Rocket Bunny/Pandem GR 86 memiliki ‘daya magis’ yang sama seperti body kit Pandem di generasi 86 sebelumnya.

Satu set wide body kit GR 86 akhirnya dikirim dan mulai menempuh proses fitting untuk memastikan seluruh part body terpasang presisi. Di tahap pertama, untuk melekatkan over fender kekar empat buah fender aslinya dipotong lebih dulu.

Ruang fender bawaan dibuat semakin melar untuk memasang velg ukuran lebar merek ESR dan suspensi udara dari Bag Riders. Diikuti proses fitting pada bagian bumper depan, side skirt, hingga diffuser dan wing belakang.

Foto: Glowgang/Carvibz

Melalui unggahan video di kanal Youtube Glow Gang, proses modifikasi GR 86 masih terus berlanjut. Setup kaki-kaki mulai disempurnakan supaya dapat memastikan suspensi udara terpasang dengan baik, sektor roda menampilkan stance fitment, sampai memastikan tidak ada masalah di sektor tersebut.

Sementara itu, di tampilan luarnya dibuat minimalis dari warna kelir putih dan hitam yang disebut mirip karakter Stromtrooper di film Star Wars.

Tampilan depan, body kit tersebut seolah memperkecil bukaan tengah. Dilengkapi juga dua buah canard di tiap sisi, dan splitter depan. Kini dilengkapi ventilasi di bagian bumper atas.
Foto: Glow Gang/Carvibz
Satu set wide body kit tersebut terdiri dari empat buah over fender, bumper depan, side skirts, bumper belakang, diffuser, dan wing berukuran sedang yang memiliki tampilan seolah menjulur ke bagian belakang.
Menariknya, bagian belakang punya kesan agresif dari part ekstensi cut-off yang terlihat menyatu antara body dan muffler knalpot.
Adapun, unit Toyota GR 86 memulai debutnya pada awal Juni 2021 setelah mengalami set- up terbaru dari divisi Gazoo Racing.
Model GR 86 ini mendapat perubahan halus terutama dalam pengembangan konsep coupe sport terbaru.
Pertama-tama peningkatan pada mesin boxer 4 silinder 2.4 liter N/A mengalami peningkatan tenaga menjadi 228 Hp dan torsi 250 Nm. Angka ini naik dibanding generasi sebelumnya dengan raihan tenaga 205 Hp dan torsi 211 Nm.
Tenaga tersebut dikawinkan melalui transmisi manual 6 percepatan. Sedangkan kemampuan akselerasinya sanggup 100 kpj dalam waktu 6.1 detik.
Artinya, waktu akselerasi tersebut lebih cepat dari sebelumnya 7 detik, sedangkan transmisi otomatis 6 percepatan mampu menghasilkan 6.6 detik dari waktu akselerasi sebelumnya 8 detik.
- Advertisement -