Prediksi Tren Modifikasi 2023: Velg Aftermarket Buatan Lokal dan China Makin Digandrungi

0
Bukan Soal perang harga semata | Foto: NMAA
- Advertisement -

NMAA News – Memasuki awal tahun 2023, sudah saatnya membicarakan tren modifikasi velg. Bagian kaki-kaki mobil yang paling sering terlihat ini menjadi opsi modifikasi pertama untuk mendongkrak tampilan mobil hingga 50 persen.

Kabar baiknya, velg buatan produsen aftermarket lokal siap bersaing langsung dengan produk velg China. Kondisi ini menjadi alternatif memilih velg dari segi desain, ukuran atau harga di tengah melimpahnya varian produk velg asal Jepang dan Amerika Serikat.

Menurut Willy Mohammad, Founder toko velg aftermarket F*ck Wheel Dude (FWD), tahun 2023 tampaknya tren velg tidak banyak berubah. “Tahun ini masih sama sebetulnya, buat gaya JDM pilih velg one piece. Kalau stance masih dengan velg celong 3 piece,”buka Willy kepada nmaa.co.id.

Foto: Dok. @willyfwd

Willy menjelaskan pasar velg aftermarket semakin terbuka. Ditandai dengan mulai bermunculan produk velg buatan Indonesia dan produk velg impor dari China. Persaingan ini diprediksi bakal menjadi fenomena menarik sepanjang 2023.

Ketika velg longlast buatan Jepang terus digandrungi lantaran punya kualitas terbaik. Rupanya, turut mendorong inovasi dari produsen velg aftermarket asal China dan Indonesia dalam menghadirkan beragam pilihan velg sesuai selera. Disamping itu, velg buatan produsen asal Amerika justru menurun lantaran harganya tergolong tinggi.

“Produk velg lokal sekarang mulai bermunculan. Bahkan, ada yang menerima special order, kondisi ini bakal jadi momentum yang pas buat industri modifikasi Indonesia bangkit sesudah masa pandemi selama dua tahun belakangan,”ucap Willy.

Foto: Dok. @willyfwd

Saat ini warna velg favorit para car enthusiast biasanya mengacu pada tiga jenis. Antara lain finishing brush polish, hitam atau silver yang dianggap sudah cukup membuat tampilan kaki-kaki mobil semakin impresif. Sementara desain atau konstruksinya, velg palang mesh dan model palang 5 tetap digandrungi.

“Para car enthusiast sekarang sudah mulai terbuka dengan konsep atau acuan modifikasi proper. Sebarannya mulai merata di beberapa kota di Indonesia. Biarpun modifikasi itu tergantung selera, modifikasi proper sekarang diminati karena bermodal ubahan simpel, enggak main aksesori, juga didukung pilihan velg aftermarket lebih beragam,” tutur Willy.

“Tinggal pilih aja velg kayak gimana buat dipasang di mobil. Tetapi, pastikan juga spesifikasinya pas. Enggak malah jadi gesrot, tarikan terasa berat, atau berdampak ke komponen kaki-kaki mobil,”sambungnya.

Foto: NMAA

Perhatikan Dulu

Untuk itu, Willy menyarankan sebelum memilih velg aftermarket para car enthusiast terutama pemula harus lebih memperhatikan faktor penting sebelum mengincar velg favorit.

Salah satu cara unik, misalnya menggunakan kalkulator velg untuk menghitung dimensi, lebar, et. Supaya, setidaknya bisa memberika rekayasa model velg baru di mobil, lengkap dengan spesifikasi barunya itu.

Foto: NMAA TV

Di akhir perbincangan, Willy mengungkapkan tengah bersiap mengenalkan velg aftermarket FWD version berbahan forged. Produk ini siap menjadi incaran para penyuka modifikasi stance.

“Buat sekarang kita masih uji desain (velgnya.red), jadi belum bisa jelaskan lebih detail juga. Pastinya, velg ini didevelop langsung sama FWD,”tutupnya.

- Advertisement -