Alasan Wuling Alvez Pakai Mesin 1.500 cc Naturally Aspirated Mirip Wuling Confero

0
- Advertisement -

NMAA News – Wuling Motors Indonesia telah mengenalkan model Compact SUV Wuling Alvez di eksibisi pameran IIMS 2023 berbekal mesin 1.485 cc DOHC naturally aspirated.

Peluncuran model SUV ini cukup menyorot perhatian publik, lantaran berbekal mesin bertenaga dan diklaim efisien selain harganya yang tergolong jauh jika dibanding dengan kelas serupa.

Alasan pemilihan mesin tersebut diungkap oleh Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko melalui sesi media briefing pada Jumat (17/2), bahwa mesin tersebut memang sama seperti pilihan engine family Wuling.

“Tetapi bedanya, tiap mesin ada penyesuaian tertentu. Mesin masih satu juntrungan dengan Wuling Formo atau Wuling Confero yang kami sesuaikan ulang. Karena untuk masing-masing modelnya ada sedikit perubahan supaya dapat relliable untuk digunakan,” ujar Danang di hadapan awak media, Jumat (17/2).

Untuk itu, Danang melanjutkan ada perbedaan output tenaga mesin dan tuning tertentu. Misalnya Wuling Confero berkapasitas 1.485 cc 4 silinder DOHC NA berpenggerak roda belakang dengan output tenaga 107 HP pada 5.800 rpm dan torsi maksimum 142 Nm di 3.800 sampai 4.400 rpm.

Foto: NMAA

Sedangkan Wuling Alvez dibekali kapasitas mesin 1.485 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi DVVT yang sanggup merilis tenaga 105 HP pada 5.800 rpm dan torsi 143 Nm pada 4.000-4.600 rpm yang dipadukan transmisi otomatis jenis CVT di tipe CE dan EX dan transmisi manual 6 percepatan untuk tipe SE.

“Walaupun engine family masih sama, output tenaga dan tuning mesin tentunya akan berbeda. Terlebih lagi, Confero dan Alvez adalan dua entitas yang berbeda. Confero itu kan penggerak roda belakang, kalau Alvez kan penggerak roda depan,” ucap Danang.

Wuling Alvez tersedia dalam tiga tipe dengan harga berbeda. Mulai dari Rp 209 juta tipe SE, Rp 255 juta (CE), dan Rp 295 juta (EX) on the road (OTR) DKI Jakarta.

- Advertisement -