NMAA News – Wuling Alvez memberi kejutan di segmen Compact SUV yang terbilang sudah memiliki ‘pemain’ lama. Seiring tingginya minat kendaraan berdimensi kompak mendorong penjualan segmen terutama SUV berdimensi kecil semakin tumbuh perlahan.
Diprediksi, kondisi tersebut dapat berdampak postiif pada penjualannya dengan suguhan utama selisih harga cukup jauh dengan pesaing di kelas yang sama, dan berlimpah fitur modern seperti Wuling Advanced Driver Assistance System (ADAS), dan perintah suara berbahasa Indonesia pertama.
Untuk menjawab bagaimana sensasi berkendara dari Wuling Alvez, tim nmaa.co.id mendatangi pelataran test drive di area outdoor JiExpo, Kemayoran, Jakarta.
Pengunjung IIMS 2023 asal Jakarta, Adi Wibowo mendapat giliran melakuakn test drive Wuling Alvez pada Minggu (20/2). Setelah sebelumnya sempat berbincang-bincang singkat lalu Adi melakukan test drive bersama satu orang temannya, Angel merasakan langsung sensasi berkendara Wuling Alvez.
Sembari menunggu, kami meneruskan rekap beberapa artikel untuk dimuat langsung dan tetap mempertahankan ritme tayang redaksi. Sekira 20 menit lakukan test drive, kami akhirnya bisa berbincang singkat dengan Adi. Terutama menanyakan bagaimana kenyamanan Wuling Alvez saat dikendarai.

“Saya kira nantinya bakal keluar lagi versi lebih murah dari Cortez tapi bentuknya beda. Ternyata model yang beneran baru kayak Alvez. Dari pengujian berkendara tadi bisa dibilang karakter Alvez memang mobil perkotaan,” ujar Adi kepada nmaa.co.id.
Saat berkendara, Adi menyampaikan impresi singkat ketika menduduki posisi kursi yang terbilang rendah untuk Adi yang memiliki tinggi badan 175 centimeter. Sulit mendapat posisi berkendara nyaman dan ergonomis.
“Kaca depannya itu cukup luas buat mobil kecil dan bisa memberi kenyamanan melihat ke depan. Terus untuk mesin 1.500cc cukup responsif dan terdengar halus,” papar Adi.
Dibalik kap, Wuling Alvez dibekali mesin berkapasitas 1.485 cc, 4-silinder segaris, DOHC dengan potensi output tenaga 105 HP pada 5.800 rpm dan torsi 143 Nm di pada 4.000 rpm-4.600 rpm.
Tenaga dari mesin kemudian disalurkan melalui transmisi CVT untuk tipe CE dan EX. Sedangkan tipe terendah yaitu SE memakai transmisi manual 6-percepatan. Tiap tipe transmisi mengalirkan tenaga ke sistem penggerak roda depan.
Implementasi dari tagline ‘Style & Innovation in One SUV’ tersemat apik di model Wuling Alvez yang dirilis dalam tiga varian dan dipasarkan dengan harga terendah Rp209.000.000 (OTR Jakarta).
“Apalagi dari segi harga di bawah Rp 300 juta sudah bisa dapat mobil ini cukup mengejutkan juga. Soalnya lawan dia bisa dari WR-V atau Raize kan? Tapi memang saya belum coba semua fiturnya, barusan cuma nyoba pakai test drive aja,”tutur Adi.
Menurut Adi, untuk memahami kebutuhan generasi muda di Indonesia dengan kemunculan Compact SUV dari Wuling Motors jadi pilihan alternatif. Lantaran, Wuling Alvez memadukan kebutuhan mobil pribadi yang punya desain atraktif, berlimpah fitur, dan harga terjangkau.
“Di Indonesia masih cukup tergiur juga mobil murah, nanti lagi mungkin orang tergoda beli SUV kecil selain milih LCGC,”tutup Adi.