Stellantis Perkenalkan Teknologi Hybrid Terbaru Peugeot 3008 dan 5008

0
- Advertisement -

NMAA News – Tahun 2023 akan menjadi “tahun listrik” bagi Peugeot, dengan teknologi baru. Ini mencakup sistem Hybrid baru yang dirancang Stellantis, pada Peugeot 3008 dan 5008, sebelum diperluas ke model lainnya.

Ini akan melengkapi keluarga mesin listrik yang sudah luas, termasuk varian plug-in hybrid, 100% listrik dan sel bahan bakar.

Sistem Peugeot 48V Hybrid terdiri dari mesin bensin PureTech 136bhp generasi baru, ditambah gearbox elektrifikasi dual-clutch 6 kecepatan baru yang mencakup motor listrik.

Dengan baterai diisi ulang saat berkendara, teknologi ini memberi torsi ekstra pada putaran mesin rendah dan menurunkan konsumsi bahan bakar hingga 15% (dari 126g CO2/km pada 3008 dan dari 128g CO2/km pada 5008).

Berkendara di perkotaan, SUV segmen C yang dilengkapi sistem Hybrid dapat beroperasi lebih dari 50% dalam mode listrik nol emisi 100%.

Operasi Sederhana dan Transparan

Pengemudi diinfokan tentang pengoperasian sistem hybrid melalui handset Peugeot i-Cockpit®, dan berbagai mode dapat diaktifkan secara otomatis.

Dalam berkendara sehari-hari, mesin pembakaran dan mesin listrik bekerja sama atau terpisah untuk mengoptimalkan konsumsi energi. Selama akselerasi kuat, mesin elektrik memberi torsi tambahan ke mesin bensin pada putaran rendah.

Selama perlambatan, mesin bensin mati dan mesin listrik menjadi generator untuk mengisi ulang baterai 48V. Kendaraan hanya digerakkan mesin listrik dalam mode emisi nol, di kota dalam jarak pendek dan saat bermanuver.

Keuntungan Nyata 

Bahan bakar hingga 15% lebih sedikit dari 126g CO2/km pada 3008 dan 128g pada 5008. Dibanding mesin bensin non-listrik berfitur sebanding, mesin Hybrid tawarkan efisiensi bahan bakar sekitar 1 liter/100 km pada C- segmen SUV (siklus gabungan WLTP).

Penghematan ini terutama dicapai di dalam kota (- 2,5l/100km) dan di jalan raya (- 0,7l/100km), sementara konsumsi jalan tol tetap tidak berubah. Performa ini menghasilkan penurunan rata-rata emisi CO2 20g/km (menurut siklus gabungan WLTP) pada 3008 dan 5008.

Ketika daya baterai memungkinkan, sistem Hybrid memulai, bermanuver (untuk parkir, misalnya) dan berkendara dengan kecepatan rendah di lalu lintas padat dalam mode listrik 100%.

Dalam berkendara di perkotaan, Peugeot 3008 dan 5008 Hybrid dapat dikendarai lebih dari 50% dalam mode listrik nol emisi 100%.

Pada kecepatan yang lebih tinggi (hingga 145 km/jam), mesin pembakaran berhenti saat pengemudi melepaskan pedal akselerator pada kecepatan tetap dan saat melambat.

Saat pengemudi pada kecepatan rendah, mesin elektrik memberikan torsi tambahan dengan dorongan satu kali yang mengompensasi waktu respons turbo. Ini menghindari penurunan gigi dan memberi kenyamanan dan dinamisme berkendara lebih baik.

Saat pengemudi menginjak pedal gas secara penuh, mesin listrik memberi tambahan tenaga 9 kW (sekitar 12 hp).

Komponen Utama Sistem Hybrid 48V

Semua bagian yang membentuk mesin baru ini terletak di bawah kap mesin, kecuali baterai 48V yang dipasang di bawah jok kiri depan PeugeotT 3008 dan 5008.

Mesin bensin PureTech 1,2 liter

Ini adalah generasi baru mesin bensin PureTech yang dikembangkan khusus untuk integrasi optimal dengan hibridisasi:

  • 3 silinder dan 1199cm3,
  • Daya 13 hp (100kW) pada 5500rpm,
  • Torsi 230Nm pada 1750rpm,
  • Turbocharger geometri variabel untuk meningkatkan performa mesin,
  • Rantai waktu (biaya perawatan rendah),
  • Operasi siklus penggilingan untuk efisiensi termal pembakaran yang lebih baik,
  • Standar Euro 6.e.

Gearbox e-DCS6 (Sistem Kopling Ganda).

Mesin Peugeot 48V Hybrid dilengkapi dengan girboks kopling ganda 6-percepatan elektrifikasi baru tanpa pemutusan torsi yang dirancang khusus untuk sistem hibrida.

Rumah girboks juga menampung mesin elektrik, inverter, dan ECU, yang mengoptimalkan ukuran dan bobot kendaraan serta menjamin performa berkendara yang luar biasa.

e-Motor

Motor listrik sinkron magnet permanen, terpasang di kotak roda gigi, mengembangkan daya puncak 21kW (28hp) dan torsi 55Nm. Ini memungkinkan kendaraan digerakkan 100% secara elektrik untuk kebutuhan torsi rendah dan membantu mesin pembakaran untuk mengurangi konsumsinya.

Selama perlambatan, mesin bertindak sebagai generator untuk mengisi ulang baterai 48V sistem hybrid. Ini juga memberikan start utama untuk mesin pembakaran dengan bantuan sabuk-starter.

- Advertisement -