Dreams Project: Honda S2000 Cangkok Mesin Civic Type R

0
Foto: Evasive Motorsport
- Advertisement -

NMAA News – Eksistensi Roadster legendaris Honda S2000 tak lekang oleh waktu. Sejak pertama kali dirilis di Jepang pada 1999, bobot ringan dan mesin bertenaga jadi modal utama S2000 menjanjikan sensasi fun to drive.

Dari segi weight distribution, bobot keseluruhan dan mesin 4 silinder VTEC bertenaga 240 HP tergolong cukup buat diajak berlari.

Tak heran jika banyak modifikator yang ingin meningkatkan performanya sekaligus memperhitungkan sektor aerodinamika supaya tetap stabil saat berakselerasi, lincah saat bermanuver, hingga memiliki gaya tekan  (downforce) optimal.

Foto: Evasive Motorsport

Hal inilah yang dirasakan rumah modifikasi Evasive Motorsport. Lebih jauh, workshop yang bermukim di California, Amerika Serikat (AS) ini menjawab sebuah impian para Honda Freak yang mendambakan versi terliar dari model kendaraan roadster tersebut.

Tak puas hanya bermain di dunia ide, Evasive Motorsport mengembangkan versi buas Honda S2000 bermodal mesin K20C1 copotan Civic Type R FK8. Membuat sebuah label baru berjuluk S2000R.

Dreams project tersebut dibangun langsung setelah melewati tahap perencanaan matang. Terlebih lagi, Evasive Motorsport dikenal dengan beragam kreasi mobil Honda untuk keperluan balap.

Foto: Evasive Motorsport

Saat melihat tampangnya pertama kali, kita diajak kembali mengingat tampang Honda S2000 dalam edisi spesial 20th Anniversary. Diikuti penambahan part aerodinamika berbahan serat carbon fiber pada bagian kap mesin, lip depan, bagasi, sampai spoiler belakang.

Proses kreatifnya dimulai dari pergantian sektor mesin bawaan S2000 berkode F20C menjadi K20C1. Pemilihan dapur pacu ini kabarnya dapat diandalkan bagi para speed junkies untuk terjun di sirkuit ataupun pemakaian harian.

Setelah memastikan mesin duduk secara longitudinal sesuai dengan penggerak roda belakang, para teknisi mengganti sejumlah bagian internal mesin.

Mulai dari custom intake manifold, lalu berlanjut ke bagian exhaust system titanium besutan Origin Fab. Selain itu, tuning mesin diatur melalui Stand Alone ECU dari Motec.

Foto: Evasive Motorsport

Tetapi, tim mekanik Evasive Motorsport menyebut output tenaganya masih sama seperti Civic FK8 di kisaran 306 HP. Tenaga melimpah ini diolah langsung melalui sistem transmisi 6 percepatan bawaan Honda S2000 untuk dihubungkan dua penggerak roda belakang melalui peranti LSD merek OS Giken.

Lonjakan tenaga ini disambut oleh racikan sektor kaki-kaki kokoh dari suspensi coilover KW Suspension, serta swaybar lansiran Eibach agar bermanuver makin anteng. Kemudian, peranti rem mengandalkan BBK Brembo yang bercokol di balik pelek EVS Tuning 52R buatan Evasive Motorsport. Semua bagian pelek sudah dibalut apik ban Yokohama AD09.

Nah, sejumlah part S2000R tersebut saat ini bisa dipesan langsung oleh konsumen dalam paket modifikasi khusus racikan Evasive Motorsport. Untuk pemasangannya dapat kompatibel di Honda S2000 berkode sasis AP1 atau AP2. Berminat?

- Advertisement -