Comeback Stronger: Mazda RX-7 ‘Madbul’ Berbekal Mesin Rotary 4 Rotor Tunjukkan Tampang Baru

0
Foto: @madmike.123/Carscoops
- Advertisement -

NMAA News – Pro Drifter asal Selandia Baru, Mad Mike a.k.a Michael Whiddett mengenalkan model pembaruan ‘mesin tempur’ barunya untuk beraksi di Goodwood Festival Of Speed pada Juli 2023 nanti.

Mobil berbasis Mazda RX-7 yang sering dijuluki Madbul, merupakan generasi ke-8 milik Mike dari mobil yang sama saat terjun di ajang Formula Drift pada 2018 lalu di Jepang. Saat itu, mesin rotary mobil ini dibenamkan mesin rotary quad rotor bertenaga 1.100 HP dengan dukungan doping tenaga twin-turbo.

Tampangnya dulu juga atraktif, setelah mencangkok conversion kit Pandem Boss Rocket Bunny menyerupai wajah Mazda RX-3. Tapi sekarang, generasi ke-8 Madbul benar-benar terlihat lebih agresif.

Foto: @madmike.123/Carscoops

Memasuki pertengahan 2023, Madbul kembali mendapat ubahan masif dari segi tampilan dan performa. Bagian depan kini dikembalikan pada wujud asli Mazda RX-7 FD dilengkapi dua lampu depan model popup.

Kombinasi konsep mobil OEM dengan setelan tuning buas terlihat dari tampilan wide body, diffuser belakang, dan wing bagasi berukuran besar untuk meningkatkan downforce saat melaju di kecepatan tinggi.

Foto: @madmike.123/Carscoops

Seluruh bagian bodi mendapat grafis livery baru dengan imbuhan warna biru, motif minimalis, logo Redbull dan nomor start 123.

Di sektor tenaga, mesin empat rotor berkode 26B menerima banyak penyempurnaan dari para teknisi Madlab agar makin bertenaga. Kemudian, mesin tersebut dikawinkan dengan girboks transmisi sekuensial 6 percepatan dari HKS yang berperan menyalurkan tenaga ke dua roda belakang.

Ubahan lain diantaranya meningkatkan respons mesin wangkel usai memasang ECU Haltec. Cara ini ditempuh untuk mengatur banyak adjustment mesin sesuai parameter tertentu saat proses tuning.

Foto: @madmike.123/Carscoops

Misalnya memaju-mundurkan timing pada putaran mesin dan tekanan turbo, menambah atau mengurangi pasokan bahan bakar dan menjalankan pengaturan – pengaturan lainnya. Sistem knalpot juga ikut diubah menggunakan produk Borla.

Meski belum diketahui berapa peningkatan lonjakan tenaga dari racikan tersebut, Mad Mike sudah meramu ulang sektor kaki-kaki. Seperti adjustable coilover KW Competition 3-way, velg Rotiform, ban untuk keperluan trek, dan masih banyak lagi.

Nantinya, Mazda RX-7 Madbul akan beratraksi di ajang Goodwood Festival Goodwood 2023 pada 13-16 Juli mendatang

- Advertisement -