Honda Civic FD Dibungkam Mesin K24, Tenaga 500 HP, Gabungkan Konsep Jepang-Amerika

0
Foto: NMAA
- Advertisement -

NMAA News – Raka, pemilik Honda Civic FD keluaran 2008 sudah berteman akrab dengan mobilnya sejak SMA atau tepatnya pada 2014.

Berbagai versi modifikasi model ke-8 dari keluarga Honda Civic ini menurutnya memang potensial buat dimodifikasi berbagai konsep.

Bukan hal mudah bagi Raka menjalani sejumlah tahap modifikasi sampai ke versi sekarang.

Tapi siapa sangka, cara eksperimen Raka cukup menantang! Menguji ketangguhan hasil modifikasinya langsung dari Lampu ke Semarang untuk datang ke OLX Autos IMX 2023 ‘Semarang Car Meetup’.

Foto: NMAA

“April lalu memang ada rencana bawa mobil ini road trip jauh buat menguji hasil built mesin. Kalau dihitung proses modifnya sudah berawal dari November tahun lalu,”buka Raka kepada nmaa.co.id

Kerja kerasnya terbayarkan, mobilnya mendapat apresiasi juri NMAA dan sukses terpilih dalam kategori Top 5 Best Engine Built.

“Awalnya memang enggak nyangka bisa disambut positif di IMX Semarang Series. Apalagi kalau melirik mobil kontestan lain banyak yang proper juga di sana,”ujar Raka.

Nuansa khas mobil JDM dan USDM menjadi benang merah modifikasi Honda Civic FD ini.

Foto: NMAA

Raka menyebut konsep ‘blasteran’ dari dua kiblat modifikasi terbesar menjadi acuan baginya dalam membangun mobil proper dan bisa dipakai daily use.

“Waktu masih SMA mungkin konsep modifikasinya belum terarah dan masih terkesan ala kadarnya. Karena cuma mengejar look aja. Seiring berjalan waktu mulai repaint bodi, pasang bodykit, sampai rombak ulang Interior,”lengkapnya.

Pelampiasan modif Raka kemudian berlanjut ke sektor mesin dan melakukan engine swap mesin K24 didukung imbuhan turbocharger PSR GTX 30.

Foto: NMAA

Untuk menjinakkan tenaga mesin, ia memberikan sejumlah penyempurnaan tampilan dan pada sektor kaki-kaki.

“Sektor Kaki-Kaki mengandalkan velg SSR SP 1 dengan dukungan Big Brake Kit AP Racing 4 Pot 335 MM dan Disc Brake Project Mu,”kata Raka.

Sama seperti project modifikasi lain, Raka juga mengalami kesulitan modifikasi terutama saat di sektor mesin.

“Ada bagian yang mesti di custom seperti piping dan penataan total ruang mesin supaya bisa tampil clean, juga tetap fungsional,”ucap Raka

Foto: NMAA

Spesifikasi Modifikasi Honda Civic FD Berjantung K24:

Workshop:
BTC ( Bintaro Trade Center)
IWS (Ibat Water Speed )

Eksterior:
– Body Repaint Championship White by Dupont Paint
– bodykit Civic Type R
– Js Racing Model add On
– Feels Model Fender
– Carbon Spoiler
– Carbon Lips left and Right
– Carbon Hood
– Diamon Sein Type R Original
– Original FD2R Ram Bumber

Interior:
– steering wheel Mugen By Momo
– Quick Release Works Bell
– Bosskit By Bosch
– Recaro SR8 Semi Bucket
– Defin Din Gauge
– Original FD2R Carpet Basic
– Original FD2R Floor
– Original FD2R Full Dashboard + Engine Start
– Original FD2R Handrest
– Original FD2R Front and Rear
– Original FD2R Rear Seat
– Original FD2R Cover Speaker
– Original FD2R Sunvisor
– Original FD2R Plavon
– Original FD2R Pilar A,B, C
– Original FD2R Rear Seat Belt
– Maxx Ecu sport Dash Via Android
– Carbon Panel Kisi2
– Carbon Shifter
– Hybrid Racing Knob
– HKS Boost Gauge
– Pivot Shiftlamp

Mesin:
– Swap k24 RBB Engine 6 Speed Manual
– Porting polish Custom sudut klep 3 angle by SWR Motorsport.
– Scat pro conrod
– Nippon racing piston
– Metal by ACL
– Oil Pump Type R
– Custom buffwel oli careter
– Baut by speed factory
– Paking Cometic
– BC Valve Spring
– Engine Mounting by Hassport
– Throttle Body74MM byBosch
– Kopling by Ogura
– Master Kopling by Ktuned
– Fuel Rail by K-Tuned
– Tutup Coil K-Tuned
– Delet PS K-Tuned
– Drag Cartel Timing Chain
– Custom Oil Carter
– Skunk2 0.5 Liter Adaptor Intake
– Skunk2 Ultra Street Intake
– FPR by Aem
– Injector 750cc by Bosch
– PSR Turbo GTX 30
– PSR Wastetgate
– Blow Off by HKS
– Intercooler by Speed Factory
– Radiator by Koyorad
– Electric Power Steering
– Violet Colour Head Cover
– Custom Turbo Piping by SBK Exhaust
– Custom Oil Catchtank by SBK Exhaust
– Cusco Tutup Radiator
– Fuelpump bosch
– Dyno bening motor
( 500HP++ torsi 294 (389++) pada boost 0,6 di rpm 7000 )

Velg dan Ban:
– Original SSR SP1 3Piece depan lebar 9 belakang 8,5 et 38
– Ban Advan Neouva 235/45/17
– Original Lugnut Rays

SUSPENSION PARTS :
– ISC Coilover
– BBK by AP Racing 4 Pot 335 MM Disc Brake Project Mu
– Hell Brakeline Kit

Audio:
– Power by pca 4ch
– Venom subwoofer vx 5.7
– 2 way audio
– Scan speak speaker
– Single din pioneer DEH 55250 BT

- Advertisement -