NMAA News – Bisa dibilang Nissan Skyline GT-R R32 menjadi pembuka kesuksesan Skyline generasi R33 sampai R35 atau GT-R. Di bawah arahan Hiroshi Tamura atau disebut sebagai ‘Ayah’ Nissan Skyline GTR R32, kiprah gemilangnya bermula ketika menjuarai Australian Touring Car Championship. Saat itu, sang Godzilla mampu menyisihkan pesaing kuatnya, Ford Sierra Cosworth.
Seiring waktu, daya tarik mobil berjuluk Godzilla ini seolah tak pernah padam. Bahkan, memasuki 2023 ini nmaa.co.id banyak menjumpai GT-R R32 di sejumlah pameran di Jepang, Amerika, sampai terakhir Tokyo Auto Salon Malaysia pada 9-11 Juni 2023.
Uniknya, dalam perjumpaan itu terhitung tiga kali melihat Nissan Skyline GT-R R32 racikan tuning house asal Jepang, Garage Active yang dibangun optimal tanpa banyak mengubah tampilan standarnya.

Paras ikonik Skyline GT-R R32 dari kejauhan, masih terasa kental arsitektur desain khas mobil JDM dengan unsur clean. Tetapi, begitu diamati dari dekat estetika tampilan dari baluran warna Midnight Purple II bersanding anyaman serat karbon memberikan sebuah eye-gasm bagi siapapun.
Jika dilihatm warna ungu tua punya pancaran warna jingga di bawah paparan sinar matahari. Kabarnya, untuk mengaplikasikan warna Midnight Purple II dan harmonisasi dari suntikan serat karbon komposit memerlukan lima lapis pernis cat.

Mulai dari bagian kap mesin, bagasi, side skirt sampai bagian berukuran besar seperti pintu, pilar A, atap, dan bumper.
Tingkat attention to detail menjadi kunci utama mobil berjuluk ‘Supercar Killer’ ini. Sengatan serat karbon rupanya juga tersebar di beberapa bagian panel interior.

Ketika kap mesin dibuka, tim nmaa.co.id melihat bukan lagi mesin bawaan RB26DETT di dalamnya. Padahal, tenaga potensial dari mesin tersebut mampu meletupkan sampai 276 HP dan torsi deras 361 Nm.
Sebagai gantinya, kini mesin berlabel RB30 sudah berhuni di dalam ruang mesin diikuti bagian blok racikan HKS.
Agar bisa menghasilkan kinerja mesin lebih baik sekaligus meningkatkan power output, peranti single turbo besar besutan Garret, blow-off, dan intercooler siap mengawal proses produksi tekanan turbo mencapai 27 psi. Diikuti ubahan lain pada knalpot dan manajemen mesin.
Biasanya, mesin standar RB30 terpasang di model Nissan Skyline R31 dan Holden VL. Menurut sejumlah laman media modifikasi, saban hari sudah banyak tuner memilih mesin RB30 sebagai donor ‘jantung’ untuk mendukung opsi engine swap.

Konfigurasi oprekan mesin GT-R R32 saat ini diklaim mampu menyemburkan 1.500 HP yang diatur melalui transmisi sequential 6 percepatan dari OS Giken OS88.
Bagi para owner Nissan Skyline GT-R R32, upgrade kit dari Garage Active kini bisa dipesan secara lengkap mulai harga 100.000 USD atau setara RP 1 miliar lebih. Termasuk racikan mesin lengkap, aksesori bodi, dan detail-detail modifikasi lainnya.