TRD Griffon Concept Raih Rekor Kecepatan 5.8 Detik di Sirkuit Tsukuba

0
Foto: Web Option
- Advertisement -

NMAA News – Tuner spesialis pabrikan Toyota, Toyota Racing Development (TRD) menunjukkan keandalan project cars besutan mereka berjuluk TRD Griffon Concept. Dibangun dari basis Toyota 86 berbekal mesin boxer F20A, mobil tersebut sukses memecahkan rekor kecepatan 58,407 detik dalam satu lap di Sirkuit Tsukuba, Jepang.

Seperti dikutip dari laman Option, mesin standar Toyota 86 menerima sejumlah part performa besutan TRD. Ubahan sektor internal mencakup penggantian piston, connection rod (setang piston), cam performa tinggi, dan optimalisasi peranti ECU.

Tak terkecuali, tarikan responsif di putaran awal sampai mencapai red line juga dihasilkan melalui ubahan pada sektor transmisi.

Foto: Option JP

Ukuran lubang intake depan juga dibuat lebih besar, agar menghasilkan ram air effect sehingga asupan udara dapat mengalir lebih secara efisien dari grille depan. Tampilan ini mengacu pada mobil balap Super GT yang bertujuan meningkatkan downforce depan.

Kemampuan aerodinamika Toyota 86 juga dihasilkan oleh satu set body kit. Mulai dari canard depan, over fender plus air vent di keempat sisi bodi, diffuser belakang, wing belakang, dan diffuser.

Masing-masing part aero kit ini telah dioptimalkan untuk keseimbangan depan dan belakang berdasarkan data yang diperoleh dari eksperimen terowongan angin.

Foto: Option JP

Opsi diet bobot juga ditempuhnya demi menghasilkan bobot lebih ringan. Supaya tarikan mobil semakin ringan beberapa parts seperti pintu, atap, juga kap bagasi diganti menggunakan material berbahan karbon.

Tentunya, semua kaca sudah diganti menggunakan material polikarbonat. Alhasil, dari proses tersebut bobot Toyota 86 berkurang drastis dari awalnya 1220kg menjadi sekitar 980kg atau berkurang sebanyak 240 kg.

Daya topang suspensi TRD Griffon Concept kini ditunjang oleh suspensi khusus balap dilengkapi damper sokbreker merek KW suspension. Selain itu, bagian suspensi dibuat lebih rigid (kokoh), penyetelan ulang arm dan stabilizer, sampai setup ulang geometri untuk menghasilkan traksi roda lebih baik.

Lanjut ke sektor kaki-kaki, TRD memilih velg TWS T66-F 18(9.5) Et +45 berbalut ban  tipe slick dari Advan ukuran 250/640R18.

Foto: Option JP

Masuk ke interior, sebagian kelengkapan ruang kabin ditanggalkan supaya bisa membantu pengurangan bobot mobil. Racikan barunya kini didominasi part berbahan karbon terutama bagian dasbor. Lalu, titik pengelasan tambahan dilakukan untuk menambah rigiditas bodi dan kaki-kaki saat melaju di kecepatan tinggi.

Mr Nashiki selaku pemimpin project TRD Griffon Concept mengatakan, pengembangan prototipe mobil balap Toyota 86 masih berlanjut. Pengujian ini diproyeksikan untuk mengembangkan produk suku cadang terbaru TRD sekaligus menghadirkan mobil proyek mobil balap garapan TRD.

“Orang-orang hanya fokus pada waktu, tetapi tema utama bagi kami adalah ‘Mari belajar tentang mobil ini,’” kata Mr. Nashiki dari TRD, pemimpin proyek.

- Advertisement -