Racikan Interior Fortuner ala Altera Auto Indonesia, Atmosfer Kabin Lebih Nyaman dan Premium

0
- Advertisement -

NMAA News – Spesialis peracik interior kendaraan Altera Auto Indonesia sebagai bagian dari divisi Lombardi Auto Indonesia, kembali memperkenalkan karya terbarunya yang diterapkan pada SUV Toyota Fortuner VRZ. Sebelumnya, Altera sukses menerapkan kabin bernuansa stylish dan premium pada Toyota Fortuner Reborn.

Mirip dengan Lombardi, Altera menggarap penyempurnaan kabin dengan nuansa lebih ke aspek sporty namun tetap elegan. Lombardi sendiri sering menggarap kendaraan Big MPV kelas premium seperti Toyota Alphard atau VellFire, Hyundai Staria, hingga Toyota HiAce. Lombardi merekayasa tampilan interior lebih aspek elegan yang premium.

Andrew Laksana, Presiden Direktur Lombardi Auto Indonesia, yang juga pemilik brand Altera

Sebagai brand baru, Altera lebih fokus pada pengerjaan kendaraan selain lineup yang pernah digarap Lombardi, yakni seperti di Toyota Fortuner, Innova Zenix atau Innova Reborn. Altera juga tidak menutup kemungkinan untuk pengerjaan SUV atau MPV dari merek lainnya.

“Pemisahan ini selain agar fokus dalam pengerjaannya yang berpengaruh pada hasil akhir, juga agar segmentasi konsumennya terbentuk. Sehingga memperkuat posisi kedua merek ini,” tutur Andrew Laksana, Presiden Direktur Lombardi Auto Indonesia, yang juga pemilik brand Altera.

Khusus garapan interior yang kini diterapkan pada Toyota Fortuner, Altera mengedepankan sentuhan improvement interior standar menjadi lebih nyaman, eksklusif, dan premium. Menurut Andrew, kabin mobil lebih nyaman tentu membuat suasana hati dalam beraktivitas di mobil jadi makin bersemangat.

“Passion yang bersifat pribadi ini jarang ditemukan pada ambience interior standar mobil baru manapun. Karena sifatnya personal, maka butuh sentuhan kustomisasi sejalan selera. Karena bicara selera, pasti tidak bikin bosan. Nah, Altera hadir mengakomodasi hal ini semua,” jelas Andrew.

Racikan kabin Toyota Fortuner yang dilakukan Altera dimulai aplikasi soft touch panel. Sebelumnya, seluruh panel interior dilucuti satu-persatu guna penambahan lapisan sound-proofing. Pelapisan ini menyentuh area plafon, lantai, bodi, dan firewall sisi dalam untuk meng-upgrade Noise, Vibration, Harshness (NVH).

Menciptakan rasa lebih nyaman saat berkendara, Altera menyasar penyempurnaan sepasang jok depan agar lebih nyaman diduduki. Langkah upgrade berupa penggantian busa pada alas, sandaran, dan penyangga samping dengan desain baru lebih ergonomis dan nyaman.

Semua kursi baris pertama hingga ketiga dibalut material high grade microfiber leather yang halus, dengan perforated leather yang disematkan pada area punggung untuk mengejar sirkulasi udara lebih baik. Tak lupa, setir dibalut sentuhan kulit Nappa Wollsdorf yang nyaman di genggaman.

Perubahan paling mencolok interior Fortuner Altera, menyentuh konfigurasi tempat duduk baris kedua. Kalau sebelumnya bisa untuk tiga orang, jok tengah ini lalu dikustom menjadi sepasang captain seat yang menyisakan ruang kosong di antara kedua jok.

Hasilnya, captain seat pengisi ruang tengah kabin terlihat lebih mewah, lega, dan tetap fungsional. Semua jok dari depan hingga belakang dibalut lapisan microfiber leather untuk memberi pengalaman duduk lebih nyaman selama perjalanan.

“Jok baris kedua ini memang kita custom khusus agar lebih nyaman di punggung saat perjalanan jarak jauh. Disertakan dua bantal kepala lembut yang dibungkus bahan ultrasuede kualitas tinggi. Jok tengah captain seat ini juga tetap bisa diatur maju-mundurnya sehingga akses ke baris ketiga tetap aman,” urai Andrew.

Selanjutnya, ruang tengah antara kedua jok captain seat diisi concole cabin control dengan layar sentuh berukuran 5 inci. Fungsinya, memudahkan pengaturan ambient light custom hingga pengoperasian multimedia. Termasuk tambahan dua cup holder yang terintegrasi manis pada konsol tengah.

Upgrade hiburan semakin kuat berkat penggantian roof monitor standar yang sebelumnya 10 inci jadi berukuran 11,6 inci. Sajian multimedia system jadi semakin bisa dinikmati dengan menu tontonan digital TV dan Android TV (Netflix, spotify, youtube).

Tak hanya menggarap interior, layanan plus Altera juga menghadirkan sistem audio yang bisa disesuaikan selera pemilik mobil. Untuk itu, Altera menggandeng beberapa rekanan pebisnis audio mobil untuk bisa memasok perangkat audio yang diinginkan pemilik kendaraan.

“Seperti layar monitor yang kami pasang itu produk Asuka. Kalau ada konsumen yang tidak sreg, bisa kita ganti sesuai keinginannya. Begitu pula perangkat audio lainnya seperti power amplifier, speaker, digital sound prosessor, hingga subwoofer-nya,” jelas Andrew.

Untuk di Fortuner yang diperkenalkan Altera ini, terlihat bagaimana penerimaan semua siaran TV terlihat jelas, termasuk output suara audio terdengar renyah dan bening di telinga, berkat support system audio premium plus sebuah subwoofer 10 inci di ruang bagasi sisi kanan.

Bagi penikmat gawai elektronik dan mereka yang harus selalu update di media sosial, tidak perlu kawatir kehabisan tenaga baterai gadget-nya. Pasalnya, Altera menyediakan wireless fast charging dan USB fast charging sepanjang perjalanan bagi penumpang belakang. Tersedia pula kompartemen ekstra di bawah konsol tengah yang didesain sedemikian rupa dan unik menjadi tempat sampah tersembunyi yang rapi.

Andrew juga menjelaskan kalau semua rombakan Altera ini untuk Fortuner mengusung biaya hingga Rp 88 juta. “Angka ini sudah termasuk free TV digital dan karpet mobil premium. Masa pengerjaan estimasinya 2 minggu dengan pilihan warna kabin hitam dan beige,” pungkas Andrew.

 

 

 

- Advertisement -