Bandingkan Sekilas Performa dan Efisiensi Chery Omoda 5 EV dengan Hyundai Ioniq 5: Lebih Kompetitif Mana?

0
- Advertisement -

NMAA News – PT Chery Sales Indonesia (CSI) hadir di ajang GIIAS 2023 membawa visi
berorientasi masa depan dengan memperkenalkan OMODA 5 EV. Produk yang mengusung teknologi berkelanjutan ini merupakan sebuah pencapaian pengembangan teknologi Chery masa depan dengan tampilan premium dan fashionable.

OMODA 5 EV merupakan wujud komitmen Chery merangkul masa depan yang merangkum elemen kehidupan modern. “Kendaraan ini mewakili komitmen Chery memberi solusi mobilitas canggih dan berkelanjutan dengan fitur semakin komprehensif dan kapasitas lebih besar,” ujar Shawn Xu, Presiden PT Chery Sales Indonesia (CSI) dan Vice President Chery International.

Sebagai mobil listrik murni, OMODA 5 EV menampilkan desain futuristik dengan muka depan bergaya sporty dan aerodinamis. Lampu depan tampil tegas guna menarik perhatian dengan strip LED terlihat modern.

Selain itu, eksterior OMODA 5 EV juga dilengkapi lampu LED Daytime Running yang
fungsional, lampu depan LED yang kuat, serta penyematan velg sporty 18 inci yang memberikan kesan dinamis dan kesan tangguh layaknya SUV.

Desain OMODA 5 EV menggabungkan estetika futuristik, teknologi ramah lingkungan, fitur inovatif dan kualitas standar global terbaik. Terdapat beberapa fitur utama, yaitu desain eksterior aerodinamis untuk efisiensi maksimal, grille depan berpampilan ‘X Face’ yang khas, lampu moving LED di siang hari dan lampu depan LED untuk visibilitas superior, serta velg sporty berukuran 18 inci.

Selain itu, OMODA 5 EV juga memiliki electric sunroof yang konektivitas penumpang dengan suasana di luar mobil, sementara lampu belakang adalah LED yang bekerja dengan dinamis dan spoiler di bagian belakang bergaya sporty.

Kabin OMODA 5 EV menawarkan pengalaman berkendara modern dan imersif melalui layar lengkung 24,6 inci inovatif; pilihan dari 64 ambient light akan ciptakan suasana personal; desain tuas di kolom kemudi memberi pengalaman intuitif mengganti mode berkendara. Melengkapi semua itu, terdapat Intelligence Voice yang mendukung interaksi pengemudi dengan semua fitur OMODA 5 EV dapat berjalan dengan mulus.

Dari segi keselamatan, OMODA 5 EV dilengkapi 14 Advanced Driving Assistance System (ADAS) untuk meningkatkan keselamatan selama berkendara. Sertifikasi 5 bintang ANCAP dan 6 Airbag yang terdapat di OMODA 5 EV menjamin tingkat keselamatan dari benturan keras dan Driver Monitoring System memastikan kewaspadaan pengemudi selama perjalanan.

Bicara soal performa dan efisiensi dimiliki, OMODA 5 EV layak disandingkan model kendaraan listrik yang lebih dulu hadir. Dari segmen premium untuk kategori kendaraan listrik full BEV, sepertinya OMODA 5 EV layak disandingkan Hyundai Ioniq 5. Memang secara model tentu berbeda, namun konteks ini lebih pada perbandingan segmentasi kelas yang diambil, yakni ‘Premium BEV’.

Foto: NMAA

Pada saat ini Hyundai Ioniq 5 dibagi dua varian kemewahan, Prime dan Signature. Masing-masing varian itu tersedia dua jenis baterai, Standard Range dan Long Range. Dengan begitu total ada 4 varian Ioniq 5 yang dijual di Indonesia.

Lebih detail mengenai jarak tempuhnya, Ioniq 5 Prime Standard Range dan Ioniq 5 Signature Standard Range dapat dikendarai sejauh 384 km dalam satu kali pengisian baterai penuh. Sementara Ioniq 5 Prime Long Range berjarak tempuh maksimum 481 km dan Ioniq 5 Signature Long Range menjanjikan jarak tempuh hingga 451 km.

Dalam keterangan resminya, Hyundai Ioniq 5 butuh waktu 5 jam (Prime Standard Range dan Signature Standard Range) atau 6 jam (Prime Long Range dan Signature Long Range) untuk pengisian daya hingga 100  persen dengan wall charger atau AC charger.

Foto: Carbuzz

Untuk mencapai 80 persen dengan fasilitas fast charging atau DC charger 50 kW, Ioniq 5 butuh waktu 46 menit (Prime Standard Range dan Signature Standard Range) dan 57 menit untuk Prime Long Range dan Signature Long Range.

Bila dibandingkan, Chery OMODA 5 juga sudah dilengkapi sistem pengisian cepat atau fast charging. Dengan fitur tersebut, persentase baterai 0-80% dapat dicapai hanya dalam 35 menit. Dalam keadaan baterai penuh, SUV listrik ini diperkirakan mampu menempuh jarak sejauh 450 km.

Dari segi performa, Omoda 5 EV dapat mencapai kecepatan 0-100 kpj dalam 7,8 detik. Dengan kemampuan akselerasi tersebut, mobil ini memiliki efisiensi dengan konsumsi energi 15 kWh per 100 km.

Sedangkan Hyundai Ioniq 5 diklaim memiliki akselerasi 0-100 kpj dalam waktu 7,4 detik. Jadi, hanya terpaut 0,4 detik saja, yang tentunya bisa teratasi dengan kemahiran dan ketangkasan si pengemudi dalam meanfaatkan momentum.

- Advertisement -