Nissan Sil80 Merah Berani, Pamer Aura Street Racing

0
Foto: Boxza Racing
- Advertisement -

NMAA News – Nissan Silvia sudah banyak diandalkan para car enthusiast di berbagai dunia dalam berbagai versi modifikasi. Kalau identik dengan sportcar JDM satu ini, apakah pernah mendengar istilah Nissan Sileighty atau Sil80?

Walaupun tidak diketahui dari mana asal muasalnya, mobil berkonsep ‘Frankenstein’ Nissan Silvia dibangun dari platform coupe Nissan Silvia dan 180SX.

Fenomena ini telah lama terjadi, terutama di skena modifikasi Amerika Serikat (AS).

Kehadirannya didasari oleh keluhan para pemilik Nissan 180SX yang mengalami  kerusakan pada mobilnya.

Foto: Boxza Racing

Lantaran harga spare part 180 SX tergolong mahal, hadirlah versi alternatif dari saudara kandung 180 SX yaitu Nissan Silvia S13.

Sebab, panel depan dan headlamp dari Nissan Silvia S13 dianggap lebih murah dan lebih ringan secara bobot dibanding bawaan Nissan 180 SX yang mengadopsi flip-up headlamp.

Salah satu unitnya diabadikan di Thailand oleh laman Boxza Racing. Pemiliknya mengaku, orisinalitas Nissan Sileighty tetap dipertahankannya.

Foto: Boxza Racing

Tetapi, ia merasa belum puas jika masih mengandalkan versi bawaan. Alhasil, Nissan Sileighty miliknya dimodifikasi lagi agar lebih lincah menari di atas aspal.

Modifikasi ini berbasis dari Nissan Silvia S13 dengan mengadopsi body part asli milik Nissan 180 SX sebagai endemik pasar AS.

Untuk membuat bagian eksterior jadi awet muda, bagian depan mendapat ubahan minor seperti restorasi bumper depan Silvia S13, bonnet depan, juga mengganti bumper dan spoiler belakang bawaan milik 180 SX.

Tak puas sampai disitu, sektor performa dari jantung pacu berkode SR20DET yang sudah diremajakan ulang dioptimalkan dengan instalasi part aftermarket.

Antara lain, turbocharger bawaan Nissan Silvia S15 lengkap dengan wastegate dan sistem pendingin Apexi intercooler.

Kemudian, pemasangan pipa intake, coin butterfly valve, dan Herricane Air filter supaya pasokan udara makin optimal.

Tenaga mesin besar, pastinya memerlukan suplai bahan bakar lebih deras melalui part aftermarket Injection rail merek Sard, dan Injector 550 cc.

Sedangkan sektor gas buang kini sudah dibekali header knalpot besutan Unknown dan pipa knalpot HKS ukuran 3 inci.

Part modifikasi lainnya masih menjadi misteri, sebab hanya menampilkan menjelaskan pemasangan Aeromotive Tick pump, Aeromotive Regulator, dan differensial roda copotan GT-R R32.

Foto: Boxza Racing

Agar bisa lebih nyaman saat handling, suspensi bawaan sudah diganti dengan D2 Shock Absorber.

Lalu penggantian sektor roda, mulai dari velg model palang Volk Rays ukuran 17×9 inci berbalut ban Dunlop Z1 dan Toyo R888 tires.

Sebagai penjinak tenaga, dibalik velg dikawal peranti rem copotan Nissan Skyline GT-R R32 dan kampas rem N Sport 500.

Beranjak ke ruang kabin, ubahan modifikasi difokuskan untuk kenyamanan pengemudi. Setelah membuka pintu, dua buah jok Recaro SPG langsung menyapa dan siap diduduki.

Setir sporty besutan NISMO membawa nuansa sporty cukup drastis di ruang kabin.

Apalagi, jika duduk di posisi kemudi, dari pandangan semua keperluan informasi seputar mesin ditampilkan langsung oleh indikator seperti, Defi gauge, Vertex gearhead, dan tak terketinggalan indikator boost elektrik Greddy Profec B Spec II.

Tampaknya, Nissan SilEighty asal Negeri Gajah Putih ini juga siap memulai aksinya di atas aspal tanpa khawatir mengalami banyak resiko.

Progress modifikasi keseluruhan terlihat dari hadirnya rollbar 6 titik untuk komponen keselamatan. Meskipun, belum terpasang sesuai harapan dan masih menyiapkan berbagai part pendukung lain.

- Advertisement -