Usai Eforia di GIIAS 2023, Ini Karakter dan Detail Info yang Perlu Diketahui dari Mitsubishi XForce

0
Foto: NMAA
- Advertisement -

NMAA News – Usai peluncuran resmi secara world premiere di pameran GIIAS 2023 baru-baru ini, SUV terbaru andalan Mitsubishi yakni XForce mendapat antusiasme tinggi selama berlangsungnya pameran. Selama 11 hari pameran, Mitsubishi XForce dominasi lebih dari 30 persen total SPK raihan Mitsubishi selama GIIAS 2023.

Dalam kesempatan jumpa pers usai GIIAS 2023, Presiden Direktur PT PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita mengungkapkan rasa terima kasih pihaknya atas dukungan semua pihak yang menginformasikan secara massif produk baru XForce.

“Selama pameran GIIAS, kami meraih 3.685 SPK dari semua model yang dipamerkan. Dari total tersebut, sebanyak 1.100 SPK di antaranya disumbangkan XForce. Ini berarti sekitar 30 persen dari total pemesanan yang masuk,” ucap Kurita, Selasa (22/8/2023).

Daya pikat Mitsubishi XForce terletak pada beragam keunggulan di pasar SUV kompak Tanah Air. Selain mengedepankan desain stylish futuristis, XForce juga menawarkan fitur andalan kenyamanan berkendara yakni sound system hasil kolaborasi dengan Yamaha, dengan head unit 12,3 inci, dan meter cluster digital 8 inci.

Lalu ada fitur empat mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, dan Mud, yang dapat dipilih
sesuai kondisi jalan yang dilewati. Mode berkendara unik ini dihasilkan lewat sistem
kontrol terintegrasi dari mesin, CVT, Active Stability Control, Traction Control, Active Yaw Control, dan Electric Power Steering.

Terkait fitur unggulan XForce seperti tatanan audio yang diracik Yamaha, yang belum familiar, berikut beberapa hal harus diketahui. Tujuannya, agar karakter detail berikut fungsi fiturnya bisa dioptimalkan untuk kenyamanan pengendara dan penumpangnya.

Yang pertama dari sektor sistem audio Yamaha yang diusung. Menurut Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI, pada sistem audio Yamaha ini ada beberapa mode yang bisa dipilih, yang tentunya bisa dipelajari lebih lanjut agar bisa menyesuaikan dengan kondisi kabin dan dikombinasikan dengan ‘mood’-nya si pengendara.

“Perlu diketahui, sistem audio XForce memiliki speed sensing volume, yang mampu mendeteksi kecepatan. Bila kecepatan bertambah, maka volume audio naik secara bertahap. Meski di kecepatan tinggi, pengemudi dan penumpang tetap bisa mendengarkan kualitas audio terbaik dari Yamaha,” papar Hikaru Mii.

Jadi setiap penumpang dan keluarga yang ada di dalam mobil bisa menikmati output terbaik dari sistem audio racikan dari Yamaha di mobil ini.

Foto: MMKSI

Selanjutnya, guna menghadirkan kabin yang dingin, bersih dan nyaman, sistem penyejuk kabin XForce selain sudah dilengkapi Dualzone climate control, juga sudah disematkan teknologi NanoeTM yang meningkatkan kualitas udara dan mengurangi bau di kabin, sehingga membuat suasana kabin menjadi lebih nyaman.

Terkait perawatan sistem AC yang modern ini, Guntur Harling selaku General Manager Product Strategy Division PT MMKSI menambahkan, di soal perawatannya masih seperti perangkat AC biasa. Tidak perlu ada special tools maupun special treatment untuk perawatannya.

“Fitur Nanoe pada sistem AC pada XForce ini cukup regular maintainenace biasa. Tidak perlu ada perawatan khusus karena tipe ini dirancang langsung oleh Nanoe yang bekerja sama dengan Mitsubishi. Jadi, regular maintainance AC sudah cukup,” jelas Guntur.

Dalam presentasi produk sebelumnya, dijelaskan kalau Mitsubishi XForce sebagai SUV kompak yang akan menghadapi medan jalan beragam, harus memiliki sistem suspensi yang lebih rigid dan cenderung keras. Namun, pihak Mitsubishi Motors memberi jaminan kalau suspensi XForce nyaman digunakan di berbagai medan.

Foto: MMKSI

Menurut Hikaru Mii, sebelum melakukan pengembangan suspensi XForce, pihaknya mencoba lebih dulu format suspensi beberapa produk kompetitor. “Sejujurnya mencoba produk tersebut terasa tidak nyaman. Jadi suspensi XForce sudah kami improve. Karena ini mobil SUV, maka tantangannya bagaimana membuat suspensinya nyaman namun tetap punya respons dan handling yang baik,” beber Mii-san.

Pihak MMKSI juga akan terus memantau berbagai input terkait teknis di lapangan setelah XForce terdistribusi massif ke pemiliknya. Karena produk kompak SUV ini seperti diutarakan Atsushi Kurita, merupakan produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan rata-rata konsumen di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Nah yang cocok buat customer seperti apa, tolong kasih masukannya. Seperti misalkan  apabila suspensinya memang dirasa terlalu keras dan tidak cocok, tolong bisa diinformasikan ke kami agar selanjutnya bisa dikembangkan lagi dengan kebutuhan customer. Karena target kami, memberikan produk sesuai keinginan customer,” pungkas Kurita-san.

 

- Advertisement -