DK Tsuchiya Antusias Geber Hyundai IONIQ 5 N di Sirkuit

0
Pertama Kali Sang Legenda Drift Jajal Mobil Listrik | Foto: Hyundai
- Advertisement -

NMAA News – Hyundai Australia telah memulai debut penjualan perdana Hyundai IONIQ 5 N pada 15 September lalu. Mobil listrik performa tinggi dari versi reguler IONIQ 5 ini dirilis bersamaan dengan ajang World Time Attack Challenge di Sydney Motorsport Park, Australia.

Momen tersebut turut mendatangkan Drift King asal Jepang Keiichi Tsuchiya atau DK Tsuchiya yang mendemostrasikan aksi drift di balik kemudi Hyundai IONIQ 5 N.

Dalam unggahan video Youtube Hyundai N Worldwide, DK Tsuchiya menyampaikan impresi berkendara mobil listrik dari jajaran N Models. Menurutnya, Hyundai IONIQ 5 N melampaui ekspektasinya sebagai mobil listrik yang bisa diajak bergembira di sirkuit.

Momen pertama kali DK Tsuchiya menjajal mobil listrik disampaikan langsung dalam unggahan video singkat berdurasi 2 menit lebih.

Foto: Hyundai

“Yang paling mengejutkan adalah kelincahannya, yang tidak terbayangkan untuk sebuah mobil berbobot 2.200 kg ini bisa digunakan untuk drift,” ujarnya.

“Saat mengemudi, saya pikir beratnya kira-kira 1.800 [3.968 lbs] hingga 1.900 kg [4.189 lbs], namun ketika saya kembali ke pit, saya terkejut saat mengetahui bahwa beratnya sebenarnya 2.200 kg,” sambung Keiichi.

Padahal, mobil drift idealnya tergolong ringan agar bisa sliding. Bukan mengacu pada performa tenaga saja.

“Sangat menyenangkan karena bagian belakang mobil bergerak dengan cukup baik. Saat mengemudi, saya berpikir, ‘Oh, mereka membuat mobil yang lucu.’ Ini adalah perubahan kesan saya terhadap Hyundai Motors,” ungkapnya.

Foto: Hyundai

Hyundai Ioniq 5 N memiliki tiga pilar utama dalam pengembangannya, yaitu Corner Rascal, Racetrack Capability, dan Everyday Sportscar.

Dari versi reguler IONIQ 5, Divisi N menambahkan beberapa elemen untuk meningkatkan kesan sporty pada model ini, seperti trim hitam dan sayap belakang yang dirancang untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan.

Divisi N juga melakukan revisi pada beberapa bagian untuk memastikan mobil ini dapat melaju dengan performa maksimal, termasuk pengaturan suspensi, komponen aerodinamis, dan peningkatan pada sistem regeneratif pengereman untuk mengurangi bobotnya.

Foto: Hyundai

Hyundai Ioniq 5 N juga dilengkapi dengan pelek aluminium berukuran 21 inci yang dilengkapi ban Pirelli P Zero 275/35R2.

Peningkatan lainnya juga dilakukan pada sektor tenaga. IONIQ 5 N mengusung motor listrik ganda yang menghasilkan tenaga sebesar 600 hp dan torsi sebesar 748 Nm.

Bahkan, dengan fitur N Grin Boost, angka tersebut dapat meningkat menjadi 641 hp dan torsi 770 Nm. Kecepatan 0 hingga 100 kpj dalam waktu 3,5 detik, dengan kecepatan maksimal mencapai 260 kpj.

Untuk memberikan kendali penuh saat cornering, Hyundai N mendapat sistem Distribusi Torsi N dengan fungsi Torque Kick Drift yang memungkinkan pengemudi mensimulasikan tendangan kopling dan menginduksi drift.

Terlebih lagi, peranti rem 4 piston di depan dan 1 piston di belakang sebagai penjinak tenaga.

Maka tak heran, jika DK Tsuchiya sumringah menjajal Hyundai IONIQ 5 N. Penasaran seperti apa aksi sang Drift King di balik kemudi mobil drift? Saksikan langsung di gelaran OLX IMX 2023 pada 29 September – 1 Oktober 2023 di Hall A-B, JCC, Jakarta.

- Advertisement -