Ferrari SP-8 Roadster, Proyek One-Off Berbekal Dapur Pacu Ferrari F8 Spider

0
Foto: Ferrari
- Advertisement -

NMAA News – Automaker Italia, Ferrari meluncurkan model One-Off Ferrari SP-8.

Sebagai bagian dari Proyek Khusus produsen mobil Maranello dan dirancang oleh Ferrari Styling Centre yang dikepalai oleh Flavio Manzoni, Ferrari SP-8 adalah mobil bermesin V8 tengah-belakang memiliki tata letak, sasis, dan mesin serupa dengan F8 Spider.

Calon pemiliknya dimudahkan dengan memilih spesifikasi sesuai selera yang dikostumisasi oleh para mekanik ‘The Prancing Horse’.

Dari segi nama, Ferrari SP-8 merepresentasikan jantung pacu yang diusungnya, berupa mesin twin-turbo V8 3,9 liter. Konfigurasi mesin ini sukses meraih kesuksesan sebagai salah satu dapur pacu bersejarah dan memenangkan penghargaan bergengsi International Engine of the Year (IEOTY) selama empat kali berturut-turut.

Sedangkan, penggunaan nama 8 berasal dari angka keberuntungan dalam budaya Tiongkok. Mengingat, konsumen terbanyak Ferrari berasal dari Taiwan. Pemilihan nama ini juga menjadi simbol kesuksesan, keberuntungan, dan pencapaian pribadi.

Foto: Ferrari

Roadster berdarah murni ini menghadirkan atap terbuka dengan layout dua tempat duduk. Tampilan ini memberi karakter sporty dan visual memukau dengan sensasi berkendara laiknya mobil berjenis sportster secara umum.

Untuk mendukung kemampuan berkendara fun to drive, para mekanik Ferrari telah memberi penyempurnaan aerodinamika secara ekstensif.

Yang diwujudkan melalui perpaduan simulasi komputasi dinamika fluida/CFD, pengujian terowongan angin, dan pengujian di lintasan. Sehingga menghasilkan standar kenyamanan akustik dan aliran angin lebih baik saat dikendarai.

Maka, dari desain sportster tersebut Ferrari SP-8 ditunjang oleh penggunaan material serat karbon untuk membuat koefisien drag lebih baik di beberapa bagian bodi eksterior. Metode ini mempengaruhi kelincahan dan dapat mengoptimalkan tenaga mesin, cengkraman ban, dan stabilitas Ferrari SP-8.

Atap terbuka Ferrari SP-8 dirancang sedemikian rupa oleh para desainer Ferrari agar dapat menata ulang seluruh bagian belakang mobil secara radikal. Untuk memberi volume penuh dengan garis sabuk yang kencang.

Sebab, volume Ferrari SP-8 terbagi menjadi dua bagian yang dihubungkan oleh area tengah fungsional bekelir hitam doff. Termasuk hadirnya intake udara samping yang memiliki area terpisah dengan intercooler dan mesin.

Foto: Ferrari

Bagian atas sabuk tersebut menggabungkan ventilasi untuk kompartemen mesin dengan elemen memanjang yang mengacu pada strakes di sisi samping sebagai tribute dari tampilan mobil retro Ferrari.

Berlanjut ke bagian kisi-kisi alumunium, menampilkan tema strake yang sama dengan motif vertikal untuk menyalurkan aliran udara ke dua radiator depan lebih baik agar bisa lebih cepat melepas hawa panas dari mesin.

Ada beberapa bagian penting dari Ferrai SP-8 yang tidak kalah menarik. Saat tahap pengembangannya, mobil donor disematkan beberapa part khusus dari keluarga supercar Ferrari lainnya. Mulai dari lampu depan menggunakan cover dan lensa, lampu belakang dari Ferrari Roma, kaca depan, pipa knalpot, dan beberapa perlakuan yang sama seperti membangun Ferrari 296 GTB.

Sektor roda berkelir matte Grigio NART menampilkan sisi eksklusivitas sekaligus sporty dirancang dari sentuhan modern pada velg Ferrari Sports Prototype dan kombinasi elemen desain dari velg Ferrari F40.

Masuk ke ruang interior, nuansa sporty dan megah tersaji sempurna berkat dominasi pelapis berbahan Navy Blue Alcantara dengan imbuhan ukiran laser, motif kain gradien, dan tekstur karpet bergerigi.

Posisi kokpit kemudi menghadirkan konsol tengah yang bisa mengoperasikan perintah dari gearbox F1, mirip seperti Ferrari SF90 Stradale. Bedanya, bagian shift-gate sudah mendapat ikon berbeda.

Saat ini, Roadster Ferrari SP-8 sudah dipamerkan di Sirkuit Mugello hingga acara Finali Mondiali Ferrari tahun 2023 berakhir. Unit yang sama juga akan dipamerkan di Museum Ferrari di Maranello mulai 16 November 2023 sampai Maret 2024.

- Advertisement -