Restomod Ford F1 (1950) Gaya Hotrod, Bodi Kandas Ditopang Velg 20 Inci

0
Foto: NMAA
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Ford F1 termasuk dalam generasi awal truk Ford berdimensi kecil produksi tahun 1950-an.

Arsitektur desain khas Amerika tersaji dari tampilan kap mesin penjang, panel bodi terintegrasi, dan kontur bodi curvy. Truk lawas bertubuh gempal ini sudah menginjak usia sekitar 70 tahun sejak diproduksi.

Demi menjaga nilai sejarah dan punya visual impact, bengkel modifikasi Akasia Motor memberi menu modifikasi bernuansa Hotrod sesuai tren American Style.

Perpaduan unsur restorasi-modifikasi di unit Ford F1 sukses lolos ke jajaran mobil modifikasi Top 10 di program NMAA Top 10.

Foto: NMAA

Mengembalikan nuansa Amerika di tahun tersebut, sekaligus dikombinasi elemen modern jadi benang merah modifikasi Ford F1. Dan tentunya tetap nyaman buat diajak wara-wiri.

Bagian paling impresif terlihat pada sektor kaki-kaki kandasnya. Para teknisi Akasia Motor telah meramu ulang bagian arm, memasang four link agar memberi efek peredaman lebih baik tanpa merubah sasis standarnya.

Supaya bodi makin rebah, suspensi udara (airsus) merek Airgen bertugas mengatur tinggi-rendah ground clearance. Diikuti ubahan sektor roda dari velg Custom Akasia ukuran 20 inci berbalut ban Michelin.

Sistem pengereman juga ikut diganti mengandalkan BBK Brembo GT6 di depan dan Brembo GT4 di belakang.

Foto: NMAA

Tak jauh dari pemandangan sektor tongkrongan, bagian grill menampilkan nuansa agresif mirip seperti tulang lewat pengerjaan 3D custom. Diapit dua buah lampu model bulat yang sudah mengusung bohlam jenis LED.

Perombakan area bodi turut menjadi perhatian. Seluruh panel sudah tertutup warna custom paint berkelir ungu gelap dengan imbuhan xyrallic. Sedangkan atapnya sudah mengusung model chop top tanpa mengurangi head room di ruang kabin.

Empat sisi fender mendapat sentuhan modifikasi agar bisa menampung ukuran besar velg 20 inci sekaligus tetap aman saat bodi rebah tanah.

Sedangkan bagian bak tetap bisa diandalkan untuk membawa barang bawaan setelah diberi alas kayu jati. Dibaliknya menjadi tempat penyimpanan kompressor dan tangki udara airsus.

Foto: NMAA

Saat membuka kap mesin, rupanya jantung pacu Ford 302 V8 5.700 cc sudah bersemayam mengganti mesin stok. Beberapa part penunjang performa berasal dari material billet, misalnya pada bagian radiator.

Masuk ke ruang kabin, Akasia Motor menjawab keinginan pemilik Ford F1 untuk meningkatkan sisi kenyamanan saat berkendara. Semua bagian jok sudah dilapis ulang material kulit asli warna coklat.

Foto: NMAA

Posisi kemudi dibuat nyaman dari hadirnya setir baru, persneling otomatis dan rem tangan supaya bisa mengakomodasi penumpang. Bagian dasbor dibuat sewarna bodi mengikuti tampilan eksterior.

Meski sudah terbilang lawas, ruang kabin masih dilengkapi AC, speedometer, dan sistem kemudi rack and pinion custom. Tentunya supaya tetap betah duduk di ruang kabin.

- Advertisement -