Honda NSX NA1 Usung Konsep Mobil Balap GT, Dipadu Livery Advan Racing

0
Foto: NMAA
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Memasuki dekade 1990an Honda memberanikan diri merilis sebuah mobil sport untuk bersaing dengan sejumlah pabrikan Eropa terutama Ferrari 328 dan 324.

Dibangun dari basis mobil konsep HP-X debut calon mobil sport ini dipimpin langsung oleh Kepala Desainer Masahito Nakano dan Chief Executive Engineer Shigeru Uehara. Berbekal aerodinamika canggih dan desain kemudi menyerupai kokpit jet tempur F-16.

Inovasi tersebut akhirnya melahirkan Honda NSX generasi pertama dengan layout mesin mid-engine, sasis semi-monokok dan penggerak roda belakang. Bahkan, dalam pengembangannya juga melibatkan pembalap Formula 1, Ayrton Senna.

Setelah 31 tahun berlalu, mobil sport legendaris besutan bengkel modifikasi XS Automotive sukses mencuri perhatian CEO Liberty Walk, Toshiro Nishio dan terpilih jadi mobil favoritnya.

Foto: TooDamnLow

Mempertegas karakter mobil keluaran Jepang (JDM) jadi lebih istimewa, Honda NSX NA1 tersebut sudah menerima rombakan modifikasi bergaya mobil balap NSX GT2 di ajang All-Japan Grand Touring Car Championship (JGTC) pada 1996.

Mobil ini sukses merahi peringkat ke 17 klasemen balap dengan raihan 8 poin oleh duet pebalap Jepang, Keiichi Tsuchiya dan Kunimitsu Takahashi.

Konsep tersebut diwujudkan ulang di unit NSX NA1 dari kreasi XS Automotive dengan balutan livery Advan Racing berkelir warna merah dan hitam dilengkapi sejumlah stiker sponsor dan nomor start 44.

Proporsi bodinya sudah dibuat makin lebar usai menerima wide body kit Route KS. Dibarengi dengan hadirnya part aerodinamika seperti canard, diffuser dan GT Wing berbahan karbon untuk memberi kemampuan membelah angin lebih baik. Melirik lebih detail, pilar pintu juga sudah diganti menggunakan material berbahan karbon.

Foto: TooDamnLow

Bergeser ke sektor kaki-kaki, kemampuan bermanuver Honda NSX ditopang oleh suspensi besutan Aragosta.

Sedangkan di sektor roda sudah dibekali velg Volk Rays TE37 ukuran 18 inci yang dijahit rapi karet bundar Pirelli P-Zero ukuran 245/40 R18 di depan dan belakang 285/30 R18.

Di ke sektor tenaga, jantung pacu V6 2.977 cc berkode C30A sudah diperas ulang untuk letupkan tenaga lebih optimal. Ubahannya mencakup penggantian knalpot kompetisi dan suntikan ECU Haltech yang berkontribusi mengatur kinerja mesin sesuai kebutuhan.

Melongok ke ruang kabin, kesan mobil balap begitu kental dari hadirnya jok bucket Bride Zeta 3. Diikuti genggaman laiknya mobil sport dari setir Momo, boss kit sebagai penghubung setir dan as setir, dan imbuhan estetika berupa red horn Honda.

Foto: TooDamnLow

Spesifikasi Modifikasi

Honda NSX – NA1 (1991)

Eksterior
Route KS wide body kit
Carbon canard
Carbon pillar
Carbon GT Wing
Diffuser

Kaki-kaki
Aragosta suspension
18” Volk Rays TE37
Pirelli P-Zero 245/40 R18 (front) & 285/30 R18 (rear)

Mesin
C30A V6 2.977 cc
Racing exhaust
Haltech ECU
240 hp

Interior
Bride Zeta 3
Momo Steering wheel
Red horn Honda
Bosskit

- Advertisement -