Nissan Skyline GT-Type R Teriak Lantang, Anti Mainstream Tanam Mesin Honda K-Series

0
Foto: NMAA/Motortrend
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Bukan proyek modifikasi singkat, Nissan Skyline GTT berkelir pearl white di pameran SEMA Show 2023 ditempuh dalam waktu panjang sampai ke versi modifikasi saat ini.

Tidak jauh dari Datsun 280Z Zociety, tim nmaa.co.id menemui mobil kepunyaan Randy Truong dengan label ‘GT-Type R’. Sebetulnya, nama ini merupakan gabungan dari versi sedan performa Nissan Skyline dalam label ‘GT-R’ dan versi performa Honda ‘Civic Type R’.

Bagi Randy Nissan Skyline GTT garapannya menjadi salah satu mobil proper dari berbagai mobil di garasinya. Melalui proyek modifikasi ini, begitu jelas terlihat hasil dari dari gagasan, trial and error, dan kejenuhannya.

Foto: NMAA

Kombinasi jantung mekanis frankenstein terwujud dari kombinasi head Honda K20 milik Civic Type R dan blok mesin K24 sebagai donor mesin-nya yang sudah ditopang sempurna oleh TF Works engine mounts.

Daripada tanggung, beberapa part aftermarket ikut dipasang untuk hasilkan lonjakan tenaga mencapai 661 HP dan torsi 487 dari klaim Randy kepada Motortrend.

Part turbocharger sudah dilengkapi oleh Garrett G30 900, didukung hadirnya turbo manifold, KPower Industries intake manifold dan TurboSmart raceport blow-off valve, Gen V Hypergate 45 dengan peranti pendingin turbo CSF core with custom end takes intercooler.

Foto: @hondaprojason

Semua pengaturan mesin diatur melalui Link Fury G4x management plus data logger untuk mengalirkan tenaga dari crank melalui transmisi 6 percepatan BMW ZF ke differensial roda belakang copotan Nissan 350Z.

Tentunya, beberapa part pendukung lain juga turut mengawal peningkatan performa tenaga mesin. Di antaranya sektor pengaturan bahan bakar, kompresi, katup, piston dan masih banyak lagi.

Derasnya tenaga ke penggerak roda belakang terhubung langsung ke empat sumbu roda yang sudah menerima velg Work Wheels x ILLIMINATE Meister L1 ukuran 18×10-5 di depan, dan belakang  18×11 -25. Empat velg palang 6 tersebut dibungkus rapi ban Falken 225/40 dan 255/35.

Foto: NMAA

Menariknya, setup kaki-kaki Nissan Skyline GTT kini sudah beralih menggunakan suspensi udara custom bermerek PBM. Dilanjut revisi untuk mengatasi limbung usai dilengkapi anti-roll bars Nissan Silvia S14.

Jarak puntir roda juga bertambah setelah mendapat racikan arm dan knuckle dari PBM, custom extended LCAs arms, sampai Nismo front upper brace dan custom polyurethane mount inserts.

Selain membuat cengkraman ban ke aspal makin optimal, pengereman juga sudah berganti mengunakan kaliper custom APG x ILLIMINATE custom calipers dilengkapi piringan cakram APG yang menjadi alas bagi kampas rem.

Foto: @hondaprojason

Berbicara soal eksterior, Nissan Skyline GTT sukses menarik perhatian dari emblem bertuliskan GT-Type R pada bagian grill. Berbagai part eksterior lain juga menyumbang konsep unik mempertegas sebuah modifikasi Nissan Skyline GTT bermesin K-Series Honda

Sekujur bodi dibalut warna elegan moonstone white pearl paint dengan imbuhan body kit lengkap. Fascia depan sudah mendapat part Nissan Skyline GT-R (Z-Tune) pada bagian fender dan bumper, kap mesin BN Sport, hingga spion Ganador.

Disusul part copotan Nissan GT-R memberi suguhan sporty berkat pemasangan side skirts, bumper belakang dengan tambahan kap bagasi dan wing berbahan serat karbon.

Tak terkecuali, quarter panel dibuat menyerupai Nissan GT-R yang sedikit menguras effort untuk mengubahnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by HondaPro Jason (@hondaprojason)

Sayangnya, dari sejumlah racikan modifikasi tersebut ruang kabin justru masih didominasi part standar.

Randy ingin menghadirkan sensasi berkendara sporty melalui jok semi bucket Bride Euroster, setir kemudi Stancenation Vertex, dan tuas transmisi Likewise Ghost. Untuk komponen pencegah kebakaran, bagian kabin sudah disiapkan fire extinguisher.

- Advertisement -