‘Reinkarnasi’ Mobil Balap Le Mans 1990: Mad Mike’s Mazda 787D Usung Mesin Rotary 5 Rotor

0
Foto:@madmike.123/@omegahphotography
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Kejuaraan balap ketahanan di Perancis, Le Mans 1991 pernah dibuat gempar oleh hadirnya Mazda 787B dengan mesin rotary 4-rotor!

Saat itu, Mazda 787B mengukuhkan diri sebagai mobil Jepang pertama yang merajai balap ketahanan 24 jam tersebut.

Tetapi sayangnya, selebrasi singkat ini harus berakhir dengan bergantinya regulasi pada musim selanjutnya yang mengakibarkan Mazda 787B urung terjun di ajang yang sama.

Di balik kontroversi tersebut, Mazda 787B tetap menjadi sang legenda. Menuntaskan jarak 4923,2 km dengan kecepatan rata-rata 205,1 kpj melalui para pebalap, diantaranya Johnny Herbert asal Inggris, Bertrand Gachot asal Perancis, dan Volker Weidler dari Jerman.

Foto:@madmike.123/@omegahphotography

Masih ingat proyek modifikasi mobil drift milik pro driver asal Selandia Baru, Mad Mike?

Setelah lama berdiam di balik layar, kini mobil tersebut mulai tebar pesona dengan nama Mazda 787D dari basis Mazda RX-7 yang notabene basis serupa dengan 787B.

Dari segi penamaan, ambisi Mad Mike terbilang tinggi untuk menghadirkan sebuah ‘drift machine’ tangguh di trek drifting. Tak tanggung-tanggung, Mazda 787D dijejalkan mesin 5-rotor!

Foto:@madmike.123/@omegahphotography

Sesi unveiling berlangsung di tengah-tengah gelaran Summer Bash di Hampton Downs, Waikato, Selandia Baru. Mobil yang berasal dari desain diecast Hot Wheels skala 1:64 – Mattel ‘Mad Mike Drift Attack’.

Dibalik palka depan, Mazda 787D mengusung mesin rotary 5-rotor besutan Plus Performance Racing Engineering (PPRE) yang duduk sempurna di atas rangka tabung baja.

Foto:@madmike.123/@omegahphotography

Bagian paling menarik terlihat dari skema warna biru dan putih di bagian bodi yang sudah mendapat aero kit Rocket Bunny dan spoiler belakang mirip Mazda 787B.

Dengan konsep reinkarnasi, elemen desain mempertahankan livery dengan pola ripped scissor, serta tambahan livery Renown, Charge, dan Hot Wheels tentunya.

Foto:@madmike.123/@omegahphotography

Disebutkan Mad Mike, ide awal membuat reinkarnasi 787B berasal dari keinginannya sendiri untuk menyempurnakan proyek legendaris tersebut.

Mobil ini pun diproyeksikan menjadi lawan kuat bagi mobil drift Lamborghini Huracan yang ‘menggila’ di aspal Goodwood Festival of Speed beberapa tahun lalu.

“Ini bukan buku peraturan. Saat kami membuat semua mobil lain, biasanya [untuk] Formula Drift atau D1GP, ada buku peraturan yang harus kami patuhi. […] Ini bukan buku peraturan. Hanya saja saya berpikir segila mungkin,” kata Whiddett dikutip dari stuff.co.nz

- Advertisement -