Audi RS Q e-tron E2 Unjuk Ketangguhan, Juarai Reli Dakar 2024

0
Foto: @audisport
- Advertisement -

NMAA News – Audi RS Q e-tron E2 berhasil mengunci kemenangan di ajang Reli Dakar 2024. Tangan dingin legenda reli Carlos Sainz Sr. berhasil membawa mobil reli berdaya listrik ini keluar sebagai juara sepanjang 12 stage.

Kemenangan ini menjadi pertama kali pencapaian Audi merajai ajang reli bergengsi dunia sejak berpartisipasi langsung pada 2022 lalu menerjunkan Carlos Sainz, Stephane Peterhansel dan Mattias Ekstrom.

Foto: @audisport

Kemenangan tersebut seolah menjadi jawaban dari Nasser Al-Attiyah sang jawara Reli Dakar tahun lalu yang sempat meremehkan ketangguhan mobil besutan Audi Sport.

Dikutip nmaa.co.id dari audi-mediacenter.com, Audi RS Q e-tron E2 disiapkan secara khusus untuk merajai Reli Dakar 2024.

Foto: @audisport

Audi RS Q e-tron E2 dipersenjatai motor penggerak listrik didukung baterai bertegangan tinggi. Empat buah roda digerakkan oleh dua Motor Generator Unit/MGU dan satu generator pengisian daya yang dipadukan mesin 2.0 liter 4 silinder.

Kombinasi tenaga ini menghasilkan 671 hp dengan capaian top speed 170 kpj. Sedangkan akselerasi dari 0-100 kpj bisa ditembus dalam waktu 4,5 detik saja.

Tenaga dari motor penggerak diolah melalui sistem transmisi One single-speed racing gearbox per axle menuju limited-slip differential dan penggerak roda. Seluruh setup tenaga diatur langsung oleh ECU Motec PDM32.

Foto: @audisport

Untuk mendukung rigiditas bodi, frame tubular dikombinasi struktur carbon Zylon fiber composite.

Suspensinya mengusung jenis independent double wishbone dengan spesifikasi sokbreaker khusus kompetisi.

Di sektor roda, velg Forged aluminum memiliki ukuran 8.5J x 17 inci berbalut ban BF Goodrich 37×12,5 R17.

Foto: @audisport

Sedangkan untuk menjinakkan tenaga, sistem pengereman mengusung teknologi Hydraulic dual-circuit braking system dilengkapi one “brake-by-wire” system, kaliper light-alloy, dan piringan cakram performa tinggi.

- Advertisement -