NMAA Proper Modz – Porsche 550 Spyder meraih eksistensi pada dekade 1950-an di Eropa. Hingga sekarang, mobil klasik ini masih menjadi buruan para kolektor yang menginginkan unitnya lebih orisinil.
Harganya pun terbilang fantastis di kisaran 4.185.000 USD atau kira-kira Rp 59,8 miliar saat dijual melalui rumah lelang Bohhams pada 2022 lalu.
Bila gelombang penjualan antar kolektor sulit digapai, masih banyak alternatif lain memiliki Porsche 550 Spyder salah satunya lewat modifikasi. Builder asal Scottsdale, Arizona, AS bernama Kipp Lassetter juga mengakuinya.

Ia mengawali proyek tersebut berbasis Porsche 993 Cabriolet yang dipadukan nuansa retro-modern. Basis mobilnya juga bisa dibilang langka, Kipp mengatakan pada 2020 lalu rencana proyek ini sebetulnya sudah dimulai.
Sejumlah komponen bawaan Porsche 993 Cabriolet terpaksa dilepas, misalnya atap kanvas, kaca depan untuk diganti dengan ukuran lebih pendek, dan elemen standar lain.
Komponen asli hanya menyisakan lampu depan dan fender depan saja.
Pengerjaan hand made juga ditempuh untuk menghasilkan komponen bodi dan fender belakang lebih ramping. Selain itu, apron belakang dibuat secara khusus dan sebuah pipa knalpot di samping pelat nomor.

Nuansa retro proyek modifikasi bernama Porsche Cafe Racer ini paling menonjol di sektor kaki-kaki. Proporsi minimalis dan lawas dari velg retro center-lock ukuran 18 inci menampilkan suguhan bertema retro racing.

Kemudian, bagian depan dilengkapi logo Porsche yang terlihat harmonis dengan tampilan kap depan.
Masuk ke ruang kabin, detail penting menjadi perhatian utama. Dasbor baru sudah mengimbangi tampilan kaca depan lebih kecil, disusul langkah restorasi pada bagian cluster instrumen dan konsol tengah agar terlihat seperti baru.
Konsep minimalis turut dilengkapi lewat model gagang pintu custom untuk mempertahankan tampilan clean-look.

Meski masih tergolong baru, sasis bawaan sudah direkondisi ulang melalui sejumlah tahap restorasi dari karat.
Penghasil tenaga inti kini didukung oleh mesin boxer 6 silinder 3,8 liter yang sanggup hasilkan tenaga 355 hp dan torsi 373 Nm. Tenaga dari mesin terlampau ‘buas’ bagi sebuah mobil dengan bobot hanya 998 kilogram.

Detail menarik yang sukar dilewatkan dari proyek modifikasi ini terletak pada pemilihan nama.
Builder modifikasi Kipp Lassetter menghadirkan sebuah tribute Porsche 550 Spyder berbasis Porsche 993 Cabriolet dengan nama Cafe Racer yang menurutnya tidak bersinggungan langsung dengan versi mobil asli.