Warna Putih Mendominasi, Honda Odyssey 1st Gen Ingin Main Sporty-Elegan

0
Foto: Style Wagon
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Honda Odyssey generasi pertama mungkin sudah jarang terlihat di Jepang. Tetapi, bukan berarti menipisnya populasi MPV Compact ini tidak lagi menarik dimodifikasi.

MPV mewah dengan mengadopsi tampilan atap panjang alias wagon berpostur rendah, masih menarik di mata Zima, pemilik Honda Odyssey keluaran 1990 dengan kode bodi RA3.

Pria berkacamata itu masih belum beranjak dari ambiens modifikasi di tahun 1990-an.

Menurutnya, ada kepuasan tersendiri tetap membawa Odyssey untuk sekedar car meetup atau berkendara sehari-hari.

Foto: Style Wagon

Mulanya, dia mendapat Honda Odyssey RA3 dalam kondisi terawat. Saat itu, odometer baru mencatat 50.000 km.

Setelah menggodok konsep modifikasi sesuai preferensi dari tahun 1990-an, Zima bertekad untuk mengadopsi part milik Odyssey RA1 atau model sebelum facelift.

Untuk membangkitkan ingatan lawas di benaknya, pencarian part OEM milik Odyssey RA1 menjadi daftar to-do list pertama.

Foto: Style Wagon

Sambil menunggu part datang, bertahap Zima menggenjot pengerjaan body repair termasuk memilih warna Taffeta White. Agar tidak terlalu polos, bagian bodi mendapat imbuhan stiker ala mobil balap Accord di ajang balap ketahanan JTCC.

Menambah kesan unik dari tampilan Odyssey, beberapa copotan OEM menyebar di bagian bodi, misalnya aero kit lansiran Mugen yang kembali menyesuaikan posisinya dengan fender bawaan.

Foto: Style Wagon

OEM Style

Di bagian depan, terdapat lampu Odyssey versi USDM yang memancarkan imej 1990-an dan lampu belakang dari Lucky Star.

Melirik ke sektor roda, kesan lawas terwujud dari velg Enkei PF05 (19×8.0+43) berbalut ban Bridgestone (215/35).

Tak terketinggalan, tampilan fitment ditunjang oleh setup pada bagian camber arm depan dan belakang.

Sektor suspensi juga sudah berganti mengandalkan coilover Megan Racing plus per suspensi Swift.

Untuk pengereman lebih baik, peranti rem aftermarket Wilwood siap memberi cengkraman lebih baik saat deselerasi.

Selanjutnya, peningkatan perfoma mesin standar sudah cukup dengan penggantian knalpot Mugen.

Foto: Style Wagon

Masuk ke ruang kabin, ada beberapa ubahan menarik buat dibahas.

Kesan sporty terlihat dari kenyamanan kokpit kemudi berkat pemilihan setir Grants, bucket seat copotan Honda Integra Type R, dan instrumen panel versi Odysse USDM.

- Advertisement -