NMAA News – Naiknya target pencapaian Mitsubishi Motors di Indonesia pada Fiscal Year (FY) 2024 menjadi 100.000 unit dari sebelumnya di FY 2023 sebesar 77.937 unit, membuat PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengoptimalkan seluruh sektor yang bisa mendongkrak penjualan.
Menurut Kazuto Azuma, Director of After Sales Division PT MMKSI, hasil evaluasi sektor purna jual Mitsubishi semua model pada FY 2023 menunjukkan kalau penjualan sparepart naik 8%, lalu jumlah mobil yang masuk servis bengkel resmi naik 8%, dan CSI enclosure naik 3%.
“Kami memiliki beberapa aktivitas di tahun 2023 yang bisa menjadi acuan dan fokus perhatian untuk dipakai kembali dalam menjaga sekaligus meningkatkan brand kami di FY 2024 dari divisi after sales,” beber Kazuto-san saat ditemui di “Annual Media Gathering and Iftar Ramadan 2024” yang digelar MMKSI di PARLE Resto Senayan Park Jakarta, Senin (1/4/2024).

Selain itu, aktivitas lain seperti hadir di berbagai pameran yang selain memperkenalkan atau memperkuat model baru, juga sekaligus mensosialisasikan program purna jual juga akan tetap dilakukan. “Kami dukung pameran otomotif seperti GJAW dan GIIAS. Kami tawarkan banyak promo menarik dan dipslay produk menarik,” imbuh Kazuto.
Dalam proyeksi penguatan purna jual di FY 2024, MMKSI juga fokus pada peningkatan kualitas SDM-nya yang berefek pada penciptaan kualitas operasional dealer. “Kami juga meminta saran konsumen untuk terus memperdalam aktivitas purna jual kami di 2024.”
Ditambahkannya, untuk aktivitas di 2024 pihaknya masih memantau dan melihat situasinya dulu. Angka populasi kendaraan akan meningkat 2%. Sementara kendaraan niaga turun 8%.

“Selanjutnya, kami juga melihat kendaraan di masa garansi dan luar garansi. Saat ini ada sekitar 59% kendaraan dalam masa garansi. Kondisi ini menjadi peluang besar, sejalan pertambahan populasi yang menjadi potensi bisnis. Kami targetkan 10 persen peningkatan penjualan sparepart,” kata Kazuto.
Guna mencapai tujuan tersebut, MMKSI punya dua pilar utama. Yaitu yang pertama adanya keterikatan konsumen di kotak merah dan kotak hijau. Setiap pilar inilah yang memiliki aktivitasnya masing-masing.
Untuk target fasilitas dealer akan ada penambahan sebanyak 5-7 diler dan bengkel resmi baru di FY 2024 untuk area Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. “Untuk fasilitas body paint, prosesnya akan melihat dulu total volume ada berapa dan diskusi dengan dealer, tetapi kurang lebih ada 2-3 body paint akan dibuka di FY 2024,” imbuh Kazuto.
Terkait konsep baru Mitsubishi Quick Pit yang baru-baru ini diaplikasikan pada dealer Mitsubishi Margonda, lebih pada penyediaan tools baru yang bisa membuat layanan lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan sebelumnya.
Ilustrasinya, bila sehari biasanya hanya mengerjakan 5 unit, setelah pakai quick pit bisa 7 unit. Berapa dealer yang punya quick pit ini akan disesuaikan investasi dealer. “Fokus kami, semua dealer punya program ini sambil kami melihat perkembangannya seperti apa dan sikon main location juga akan lebih diutamakan,” jelas Kazuto.
Sebenarnya untuk jaringan aftersales, MMKSI saat ini sudah mampu meng-cover 90% untuk seluruh Indonesia. “Untuk sisi penjualan kami memang akan menambah outlet, tetapi memang tidak akan mendongkrak sisi bisnis. Dealership tiga tahun ke depan akan ditambah dengan jumlah tidak terlalu banyak,” pungkas Atsushi Kurita, President Director MMKSI.