Toyota GR86 Siluman Sukses Menipu Mata, Pede Ikut Drifting Berbekal Mesin Rotary

0
Foto: Web Option
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Kesan pertama saat modifikasi besutan Garage Yamaguchi, pasti langsung menyebut basis mobilnya berasal dari Toyota GR86.

Siapa sangka, proyek modifikasi ini berasal dari kegagalan bengkel spesialis bodi yang bermarkas di Kota Katori, Prefektur Chiba, Jepang.

Warna bodi eksotis berkelir kuning menjadi penyempurnaan dari konsep modifikasi JDM street racing.

Yamaguchi, pemilik bengkel tersebut menceritakan ide awal munculnya GR86 siluman kepada laman weboption. Menurutnya, sekedar membangun GR86 dari basis bukan menjadi tantangan baginya.

Foto: Web Option

Dengan tahap modifikasi yang telah terlatih selama bertahun-tahun, Yamaguchi dan para kru bengkel mengoperasi Toyota 86 ZN6 ke model ZN8 atau GR86 dalam penamaan barunya.

“Saya puas dengan hasil akhirnya, tapi saya tidak ingin mengulanginya lagi (lol),” ungkap Yamagachi.

Sembari melanjutkan perbincangan, dia menyebut beberapa kerumitan modifikasi terutama menghadirkan ‘efek siluman’.

“Ketinggian naiknya fender depan berbeda, sudut pilar berbeda, dan bentuk atapnya juga beda. Akhirnya, kami memasang semua panel eksterior kecuali pintu. Tapi kami menyadari, mengubah ZN6 ke ZN8 tidak sepadan dengan biayanya”kata Yamaguchi.

Visual Lebih Muda, Jantung Pacu Menua

Ilusi visual Toyota 86 sanggup menipu ingatan para car enthusiast. Karena saat ini, berbagai modifikasi GR86 makin merebak dari sejumlah bengkel modifikasi.

Toyota 86 besutannya membidik operasi tampang dari 86 (ZN6) menjadi GR86 (ZN8) dan komponen pemanis berupa lampu aftermarket merek Valenti.

Foto: Web Option

Banyak perhatian penting agar konsep siluman bisa terwujud sempurna, termasuk menciptakan proporsi yang pas, simetris, dan presisi.

Barulah instalasi body kit lebar Super EDGE T&E menjadi tahap setelahnya. Mencakup bagian kap mesin, atap, bagasi, dan panel pintu dengan material dry carbon.

Kejutan menariknya berada di bawah kap mesin, jantung pacu bawaan Toyota 86 sudah bertukar peran dengan mesin milik Mazda FD3S berkode 13B-REW.

Foto: Web Option

Untuk mempersiapkan terjun di ajang drifting, mesin tanpa piston tersebut didukung sejumlah part aftermarket. Sistem penakaran bahan bakar menghadirkan surge tank milik Eunos Cosmo yang menjadi wadah penyimpanan bensin lebih merata.

Kinerja pembakaran di ruang mesin lalu menugaskan penyaluran udara ke ruang bakar melalui throttle control Bosch agar bisa memasok lebih kebutuhan udara lebih baik.

Sedangkan untuk pengapian, komponen koil-nya berganti mengandalkan versi aftermarket dari MSD. Jantung pacu tanpa piston ini mendapat lonjakan tenaga lebih deras dari turbocharger merek JP Turbo B750X.

Foto: Web Option

Sebagai simulasi saat mesin bekerja, di waktu bersamaan peran ECU stand-alone G4X Extreme LINK begitu krusial untuk mengatur pasokan bensin dan besaran output maksimum di mesin sanggup menembus tenaga sampai 500PS.

Tanpa khawatir terjadi arus pendek (korsleting), sistem kelistrikan sudah dirangkai ulang dengan memasang modul AIM PDM32 agar lebih stabil.

Foto: Web Option

Peningkatan tenaga yang makin drastis tentunya perlu sektor kaki-kaki lebih kokoh, bukan? Karena itu, suspensi standar kini beralih menggunakan coilover DG-5 RGN.

Tentunya, kemampuan tunjukkan aksi drifting makin leluasa dengan pemasangan adjustable arm Max Racing dengan dukungan kaliper rem ganda dan sistem hidrolik.

Foto: Web Option

Pemilihan setup roda juga mengisi peran penting untuk mendukung aksi-aksi liarnya. Tiap ruang fender sudah diisi oleh velg Cleve Racing SS53 ukuran 18 inci (9.5J +10.5J) dengan offset kedua velg + 15.

Empat velg masing-masing mendapat balutan ban Valino ukuran 225/40-18 di depan dan belakang R265/35-18.

Foto: Web Option

Masuk ke ruang kabin, Garage Yamagachi memberi kelengkapan mobil drift secara bertahap.

Mulai dari transmisi 5 percepatan dari Mazda FD3S dengan komponen kopling OS Giken, dasbor digital AIM, tuas rem tangan, sampai jok model bucket.

Ruang kabin juga sudah tertancap rollcage untuk memberi fungsi keselamatan sekaligus menambah rigiditas bodi saat bermanuver.

- Advertisement -