New GR Yaris dengan 4 Poin Penyempurnaan Resmi Dipasarkan di GIIAS 2024

0
- Advertisement -

NMAA News – GAZOO Racing (GR) hadirkan line-up terbaru GR Pure di Indonesia dengan memajang New GR Yaris di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Hall 5B ICE BSD City, Tangerang – Banten, 18–28 Juli 2024.

GR Yaris adalah produk global yang dibangun dengan prinsip reverse engineering untuk digunakan dalam ajang balap World Rally Championship (WRC). Pada 2021 lalu, GR Yaris diperkenalkan terbatas sebanyak 127 unit yang langsung habis terjual.

Di momen GIIAS 2024, PT TAM mulai memasarkan kembali New GR Yaris sebagai evolusi dari model sebelumnya. Secara harganya naik, lantaran terkait beberapa penyempurnaan yang meningkatkan performanya.

“Kami umumkan penjualan New GR Yaris di GIIAS 2024 yang harganya Rp 1,150 miliar untuk transmisi manual dan Rp 1,198 miliar untuk transmisi automatic (OTR DKI Jakarta). Ada tambahan 1 warna baru Precious Metal temani warna ikonik Platinum White Pearl dan Emotional Red,” imbuh Anton.

Menurut Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, berawal kebutuhan homologasi World Rally Championship (WRC), aplikasi metode reverse engineering oleh GR justru ciptakan race car berbasis hatchback yang masih kompeten dipakai mobilitas harian.

Secara garis besar, terdapat 4 poin pengembangan pada GR Yaris terbaru. Pertama adalah 8-speed GAZOO Racing Direct AT mendampingi transmisi manual 6-speed yang tetap ada.

Transmisi pintar ini dites performance-nya oleh TGR World Rally Team serta peserta TGR Rally Challenge di berbagai lintasan balap. TGR berhasil ciptakan transmisi otomatis yang sanggup hasilkan perpindahan gigi sangat cepat, serta memaksimalkan engine power di semua rentang putaran mesin.

Mesin 1.600 cc 3-silinder turbo milik GR Yaris merupakan salah satu mesin paling efisien dan powerful di dunia. Kinerja dapur pacu ini dimaksimalkan kembali hingga meningkat signifikan dari 261 PS menjadi 305 PS, sementara torsinya naik dari 360 Nm ke 400 Nm.

Opsi Drive Mode baru serta optimasi sistem 4WD GR Four juga disematkan untuk maksimalkan peningkatan pada power. Sekarang, pengendara bisa memilih 3 drive mode yang tersedia dengan karakteristik pengendalian yang berbeda; Sport, Normal, dan Eco.

Termasuk juga optimasi sistem GR Four melalui 3 mode; Normal, Gravel (Sebelumnya Sport), dan Track yang bisa menyesuaikan distribusi tenaga ke roda depan dan belakang sesuai karakteristik pengendara dan trek yang dilalui.

Panel kontrol dan monitor pada cockpit dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk permudah pengoperasian. Postur berkendara juga diperbaiki dengan menurunkan posisi duduk driver serendah 25 mm yang perluas jarak pandang dan visibilitas secara signifikan.

Dari sisi eksterior, sisi kanan, dan kiri bawah bumper depan sekarang merupakan struktur terpisah untuk mempermudah perbaikan dan penggantian parts jika diperlukan. Serta perubahan desain bumper depan untuk air flow lebih baik mendinginkan mesin dan ATF cooler.

Berkaca pengalaman Toyota GR Yaris Rally1 Hybrid di dunia rally, chassis GR Yaris diperkuat yang memungkinkan pengemudi ‘pushing this car to the limit’. Rigiditas bodi ditingkatkan melalui spot welding lebih banyak 13 persen.

Selanjutnya GR melakukan penambahan body adhesive sebanyak 24%, dan 3-point suspension mounting method yang berdampak pada meningkatnya handling stability dan ride comfort.

- Advertisement -