NMAA News – Saat merayakan perjalanan 30 tahun inovasi teknologi dan komitmennya terhadap masa depan berkelanjutan di kantor pusat BYD yang berada di Shenzhen, Cina, BYD menyampaikan rencana peluncuran sub-merek premiumnya yaitu Denza di Indonesia dan Malaysia yang akan segera dilakukan kuartal pertama 2025.
Pada GIIAS 2024 lalu, BYD menampilkan MPV Premium Denza D9 dan mendapat antusiasme positif dari pengunjung. Bisa jadi, inilah model pertama yang akan dipasarkan Denza di Tanah Air. Hal ini tentunya sesuai target segmen premium yang diincarnya.
Awal mula Denza eksis dimulai pada 2010, saat BYD dan Mercedes-Benz mendirikan joint venture dengan kepemilikan saham 50-50, yang melahirkan merk Denza. Denza padukan teknologi canggih BYD dengan warisan kemewahan Mercedes-Benz untuk menciptakan merek lebih unggul.
Denza menggabungkan teknologi canggih BYD dengan warisan kemewahan Mercedes-Benz untuk menciptakan merek yang menawarkan pengalaman berkendara premium.
Setelah restrukturisasi kepemilikan saham pada tahun 2021 dan 2024, Denza kini menjadi merek yang 100% dimiliki oleh BYD. Kesuksesan Denza ditandai dengan peluncuran D9, MPV mewah yang meraih sambutan positif di pasar global.
“Denza hadir sebagai simbol inovasi kemewahan dunia kendaraan listrik. Model unggulan seperti D9 dan Z9 menawarkan perpaduan sempurna antara performa, kenyamanan, dan kecanggihan. Denza bukan hanya sekadar kendaraan listrik, tetapi sebuah pernyataan gaya hidup mewah dan berkelanjutan,” urai Alex Ai, Vice President of the Auto Engineering Research Institute dan Dean of the Denza Research Institute.
Denza D9 pertama kali meluncur pada 2022 sebagai MPV cerdas dan mewah, yang menyeimbangkan kebutuhan bisnis dan pribadi. Sebagai MPV plug-in hybrid pertama di Cina, D9 meraih sukses luar biasa dengan menjadi MPV terlaris di Cina pada 2023 dan mencatat penjualan kumulatif No. 1 pada 2024.
Kemewahan D9 tercermin dalam desain elegan, memiliki Streamlined Waist Line, dan juga Arrow Tail Light. Ditambah speaker Dynaudio yang manjakan telinga, 9 airbag untuk keamanan optimal, dan blade battery canggih.
Akselerasi mobil ini mencapai 6.9 detik pada jarak 0-100km dengan jarak tempuh maksimum hingga 620km. Kini, D9 melebarkan sayapnya ke pasar Hong Kong, Thailand, dan Saudi Arabia, membawa standar baru kemewahan dan performa segmen MPV.
Model lainnya, Denza Z9, sedan flagship GT dari D-class yang cerdas dan mewah, mendefinisikan ulang standar kendaraan listrik premium dengan performa luar biasa. Z9GT merupakan sedan pertama yang dilengkapi platform “e3” inovatif.
Sedan listrik ini menghasilkan daya mendekati 1.000 horsepower yang memungkinkan akselerasi 0 – 100 kpj hanya dalam kisaran 3,4 detik. Dilengkapi sistem kemudi roda belakang independen, Z9GT menawarkan pengendalian presisi dan pengalaman berkendara dinamis.
Mengusung konsep desain baru Elegant Styling, Z9GT memancarkan keanggunan dan kecanggihan yang tak tertandingi. Sejak diumumkan pada 2024, Z9GT menawarkan performa dan efisiensi luar biasa di semua versi, menjadikannya simbol keunggulan dan eksklusivitas.
Sebelumnya pada 2023, Denza juga telah meluncurkan model baru yaitu Denza N7, sebuah model mid-SUV yang aerodinamis dan sporty dengan akselerasi 0-100 kpj dalam 3,9 detik. Ditenagai baterai 91,3 kWh, Denza N7 mampu menempuh jarak hingga 630 km.
Dengan peluncuran ragam modelnya yang dimulai pada 2014, Denza kukuhkan posisinya sebagai brand premium yang mengeluarkan berbagai macam model untuk mengisi segmen seperti SUV, MPV hingga Sedan.
Hingga saat ini, Denza membuat kemajuan signifikan dalam ekspansi internasionalnya. Saat ini Denza dipasarkan di beberapa negara, termasuk Kamboja, Singapura, Thailand, dan Hong Kong. Denza telah mencapai lebih dari 300.000 pesanan kumulatif dari pengguna di seluruh dunia.