Alami Kendala di Tol Saat Liburan, Begini Cara Mengatasinya

0
- Advertisement -

NMAA News – Perjalanan panjang saat liburan Nataru menggunakan mobil pribadi jadi salah satu pilihan transportasi. Namun memang, kadangkala ada situasi tak bisa diprediksi, seperti salah satunya mogok di jalan tol.

Ya faktornya tentu beragam, mulai kemaceta panjang membuat mobil kehabisan bensin sampai persoalan lainnya menyangkut kondisi komponen mobil kurang perawatan. Nah, berikut tips Auto2000 menyikapi situasi tersebut.

 Peka Terhadap Kondisi Mobil

Ini merupakan hal paling utama. Mulai ek meter BBM di layar indikator, suhu mesin, sampai peka terhadap tanda tak biasa terjadi seperti mobil ngadat, AC tidak dingin, dan lainnya.

Ini bisa menjadi antisipasi awal memposisikan mobil di lajur aman, bila seketika mobil ternyata mogok sehingga bisa dekat bahu jalan.

 Pinggirkan Mobil Perlahan

Ketika mobil mogok, gunakan sisa tenaga mobil dari mesin atau pedal kopling untuk menepi dengan aman. Jangan lupa, nyalakan lampu sein ke kiri dan jangan dahulu menyalakan hazard.

Nah ketika mobil suda dalam posisi baru nyalakan lampu hazard untuk memberi tanda pada kendaraan di belakang.

 Jangan Langsung Keluar Mobil

Kondisi mobil mogok biasanya membuat panik, mendorong pengemudi atau penumpang di mobil untuk buru-buru keluar mobil entah untuk melakukan pengecekna mobil atau mau mendorong mobil. Hal tersebut tak direkomendasikan.

Sebaiknya tetap berada di mobil dahulu, dengan kondisi menyalakan lampu Hazard, baru kemudian ketika sudah aman perlahan keluar mobil dengan hati-hati, bila memungkinkan.

 Pilihan Tetap di Dalam Mobil

Jika kendaraanmu berhenti mendadak di tengah jalan tol, nyalakan lampu hazard dan usahakan untuk tetap berada di dalam mobil demi keamanan.

Terutama jika lalu lintas padat, lebih baik kamu menunggu bantuan datang dibandingkan keluar dari mobil dan menempatkan diri di area berbahaya.

 Hubungi Hotline Tol Terdekat

Jalan tol di Indonesia memiliki layanan hotline yang siap membantu pengendara dalam situasi darurat. Atau langsung menghubungi hotline dari operator tol di area tersebut.

Layanan ini akan segera mengirimkan bantuan, baik dari Mobile Customer Service atau Unit Patroli Jalan Raya (PJR) yang akan membantu evakuasi hingga gerbang tol terdekat.

 Demi Keamanan Hubungi AstraWorld (AWO)

Bila melakukan pembelian mobil di Auto2000, AutoFamily akan mendapatkan pelayanan dari AstraWorld yang bisa diakses dengan menelfon 1-500-898, dengan menginfokan lokasi mogok.

AstraWorld membantu AutoFamily yang mengalami kendala atau situasi darurat di jalan, seperti mogok, kunci tertinggal didalam mobil, ban kempes, dan sebagainya.

Layanan diberikan gratis selama 5 tahun, dari tanggal pembelian, untuk mobil-mobil yang terdaftar sebagai anggota AstraWorld.

 Persiapkan Kendaraan Sebelum Perjalanan Jauh

Sebelum melakukan perjalanan jauh, terutama ke luar kota, pastikan kamu sudah melakukan pengecekan menyeluruh pada mobil di bengkel resmi atau mekanik terpercaya di Auto2000. Servis kendaraan secara berkala bisa membantu mencegah mobil mogok di tengah jalan.

AutoFamily tak hanya bisa datang ke bengkel resmi Auto2000, tapi juga bisa memanfaatkan layanan THS – Auto2000 Home Service dan bisa melakukan service berkala di mana pun.

- Advertisement -