NMAA Tips – Terkadang ada konsumen kesulitan menyampaikan keluhannya, terutama memberikan informasi seputar kerusakan pada kendaraannya. Kerap kali, komunikasi ini mengalami kesulitan mendapan solusi berkenaan dengan mobil anda.
Hal semacam ini sangat umum terjadi, terutama pada konsumen yang awam atau merasa dirinya kurang familiar dengan persoalan otomotif. Sehingga kendala sulit komunikasi berdampak pada ekspektasi pemilik mobil ketika ingin lakukan proses perbaikan kendaraan. Baik itu di bengkel resmi maupun bengkel umum.
“Konsumen yang ingin servis berkala atau lakukan perbaikan di bengkel tidak perlu khawatir. Karena bengkel resmi seperti Astra Peugeot menerapkan standar penanganan profesional,” terang Roni Agung, kepala bengkel resmi Peugeot Cilandak, Jakarta Selatan.
Menurutnya, di bengkel resmi pada umumnya akan ada Service Advisor sebagai Frontliner yang siap mendengarkan dan menyampaikan keluhan yang terjadi pada kendaraan ke mekanikyang sudah kompeten.
Namun karena kendalanya adalah komunikasi, panduan atau tips ke konsumen bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan mudah ketika berkunjung ke bengkel resmi. Sehingga konsumen tidak hanya mendapat informasi jelas, sekaligus mendapat tambahan ilmu seputar otomotif.
“Pertama, sebelum pergi ke bengkel pahami dulu terkait permasalahan kendaraan. Ketahui secara detail apa yang terjadi pada mobil kesayangan. Caranya dengan memperhatikan gejala-gejala yang muncul, seperti suara aneh saat mesin mobil dinyalakan. Atau ada getaran yang tidak biasa,” imbuhnya.
Coba untuk mengingat sejak kapan gejala kerusakan mobil mulai muncul. Karena informasi ini sangat berharga bagi mekanik, guna membantu mereka mendiagnosa permasalahan. Agar tidak lupa saat

disampaikan ke Service Advisor sebagai penghubung konsumen dan mekanik, ada baiknya pemilik mobil mencatat detail keluhannya. Mulai gejala awal, sumber getaran atau suara hingga posisi dari mana sumber masalah berasal.
“Tidak perlu dengan bahasa otomotif tapi cukup mendengar, lihat dan tahu posisinya. Atau jika ingin mencoba cara lebih praktis, gunakan ponsel untuk merekam video ataupun foto dari gejala yang muncul pada mobil kesayangan,” wantinya.
Mulailah minta Service Advisor menjelaskan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dan bagian mana yang butuhkan perbaikan. Lalu diskusikan rencana perbaikan dan estimasi biaya, sekalian tanyakan berapa lama waktu perbaikannya. Sebab perbaikan mobil sangat bergantung pada masalah yang dialami.
Terakhir adalah menjaga hubungan baik dengan bengkel resmi. Berikan feedback dan apresiasi atas pekerjaan atau pelayanan mereka. Ucapan terima kasih atau catatan apresiasi dapat memotivasi agar terus memberikan layanan terbaik.