NMAA News – Dalam beberapa waktu terakhir ini, ramai di media sosial komunitas otomotif adanya penipuan saat transaksi pembelian mobil. Terjadi transaksi pembelian kendaraan baru dengan iming-iming harga lebih murah dibanding dealer.
Pasalnya, lantaran si penjual beralasan membutuhkan dana cepat dan pembeli diminta segera transfer menggunakan virtual account, yang ternyata transaksi ini adalah penipuan dan mobilnya fiktif. Hal ini dapat dilihat pada : https://www.facebook.com/share/p/1EbTvefa83/
Penipuan modus seperti ini sebenarnya sudah sejak dahulu sering ditemukan. Namun dengan kondisi perekonomian Indonesia saat ini, plus daya beli belum membaik, masyarakat jadi terpicu membeli barang dengan harga serendah mungkin.
Keadaan ini dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Meskipun sudah banyak taktik penipuan terbongkar, namun masyarakat tetap saja tergiur penawaran para penipu ini.
Modus yang sering dilancarkan adalah potongan harga sangat besar dengan waktu pembayaran terbatas. Sehingga para korban yang sudah terbuai, buru-buru melakukan proses transfer tanpa sempat berpikir jernih.
Hyundai Gowa memahami kondisi masyarakat saat ini dan berupaya memberikan informasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Simak lima tips Hyundai Gowa berikut agar terhindar penipuan saat ingin membeli produk otomotif:
1. Lakukan Transaksi di Dealer Resmi
Kini banyak penipuan otomotif mengatasnamakan sales suatu dealer resmi. Tak jarang, penipu memalsukan kartu nama sales dealer tersebut guna meyakinkan korban. Sebelum melanjutkan transaksi lebih jauh, sempatkan mengecek kebenaran data sales tersebut dengan menghubungi dealer resmi di mana nomor kontak dealer resmi biasanya tercantum pada website official perusahaan.
2. Cek SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Sebelum Melakukan Pembayaran
Sebelum melakukan transaksi seperti DP (Down Payment) maupun pelunasan, pastikan SPK asli sudah diterima sebagai bukti pelaksanaan transaksi. Jangan mau hanya menerima hasil scan atau foto.
Setelah menerima SPK, jangan lupa cermati syarat dan ketentuan tercantum. Calon pembeli perlu memastikan model, tipe hingga harga kendaraan akan dibeli. Hubungi Customer Relation representative dealer untuk konfirmasi nomor SPK benar/teregistrasi pada sistem dealer.
3. Waspadai Penipuan dengan Modus DP Sangat Murah
Untuk menarik perhatian calon korban, tidak jarang oknum penipu menawarkan pembayaran tanda jadi atau Down Payment (DP) sangat rendah. Ketika DP sudah dibayarkan korban, biasanya penipu akan menghilang dan meninggalkan korban begitu saja.
Biasakan untuk waspada, segala sesuatu yang terdengar sangat indah biasanya belum tentu nyata (too good to be true), hindari bertransaksi dengan harga yang tidak wajar.
4. Jangan Melakukan Transaksi ke Selain Rekening Resmi Dealer
Ketika hendak melakukan pembayaran non-tunai, pastikan rekening dituju adalah rekening resmi dealer. Jangan lanjutkan pembayaran jika rekening dituju adalah rekening pribadi atau rekening virtual account.
Walaupun lokasi pembelian/transaksi tidak dilakukan di showroom dealer, pastikan menggunakan rekening official dealer. Hindari pula menitipkan dana tunai/cash ke salesman walaupun orang tersebut bersikap dan berkomunikasi sangat baik ke Anda.
5. Hindari Tergesa-gesa Bertransaksi
Biasakan mengambil jeda sebelum melakukan proses pembayaran bila akan bertransaksi dalam nominal yang besar. Lakukan pengecekan melalui platform komunikasi resmi dealer untuk mengkonfirmasi transaksi sebelum proses transfer pembayaran dilakukan. Ini bisa dilakukan melalui website, sosial media, telepon call center maupun WhatsApp official.
“Kami turut prihatin atas adanya kasus penipuan saat proses jual beli kendaraan bermotor yang ramai di media sosial. Di Hyundai Gowa, kami selalu kedepankan kenyamanan dan keamanan bertransaksi,” ujar Chitra Ortho Prayundityo, Operational Manager Hyundai Gowa.
Ia menyarankan pelanggan agar menyempatkan waktu untuk mengecek kebenaran informasi nomor rekening perusahaan sebelum bertransaksi atau mentransfer dana.
Hyundai Gowa siapkan beberapa platform komunikasi untuk memudahkan pelanggan seperti telepon, Whats App, website, maupun media sosial official.
“Pastikan pelanggan hanya melakukan transaksi di dealer resmi Hyundai Gowa terdekat dan sekaligus nikmati berbagai keuntungannya,” tutupnya.