NMAA News – Retail sales mobil penumpang Suzuki menunjukkan trend penjualan versi hybrid terus meningkat. Pada April 2025, penjualan semua model mobil hybrid Suzuki yang dipasarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berkontribusi hingga 52 persen.
Capaian ini merefleksikan permintaan tinggi sekaligus perubahan sikap pengguna menuju preferensi kendaraan beremisi rendah.
Penerimaan pasar terhadap teknologi hybrid menjadi solusi mobilitas berkelanjutan yang mudah dan dapat diandalkan serta sesuai kondisi Indonesia.
Keberhasilan dan tren solid ini bukan fenomena sesaat. Kecenderungan positif ini telah dibangun sejak awal tahun. Dimulai dengan kontribusi penjualan model hybrid 46% pada Januari 2025, tumbuh 47% pada Februari, lalu puncaknya pada Maret sebesar 52%.

Pertumbuhan tersebut dibentuk oleh keyakinan konsumen untuk memiliki dan memakaimobil hybrid Suzuki, di mana dua dari tiga model yakni Ertiga dan XL7 sudah merupakan buatan dalam negeri.
Kepercayaan pelanggan tidak lepas dari asal usul merek yang terpercaya dan teruji seperti Suzuki. Lebih meyakinkan lagi, 83% dari keseluruhan model hybrid terjual selama 4 bulan tersebut merupakan produksi Indonesia, tepatnya dari pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat.
Lokasi manufaktur menjadi alasan kuat bagi konsumen ketika mengambil keputusan jangka panjang, karena komitmen produsen merupakan pemberi ketenangan bagi pelanggan selama menggunakan mobilnya.
Terkait semakin baiknya perolehan penjualan model hybrid, Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS, mengatakan pihaknya sempat mencatat adanya koreksi kecil angka retail sales April 2025.
“Namun jika melihat data perspektif luas, penurunan tersebut masih diterima dalam konteks fluktuasi pasar lebih besar. Secara persentase, kontribusi model hybrid tunjukkan kinerja positif dan terus dikelola baik,” jelasnya.

Suzuki memproduksi model hybrid di Indonesia seperti New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid. Langkah ini bukan hanya untuk memenuhi permintaan konsumen dalam negeri saja.
Sejumlah negara turut merasakan kualitas unggul serta manfaat mobil tersebut melalui kinerja ekspor. Seperti Amerika Selatan, Oceania, maupun negara di Asia Tenggara.
Menurut Randy, keberadaan New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid sebagai produk global juga memberi rasa bangga bagi penggunanya di dalam negeri.
Bahwa, membangun kepercayaan terhadap teknologi hybrid memang ada tantangan tersendiri.
Namun dengan konsistensi beserta ketulusan PT SIS melayani pelanggan, secara perlahan manfaatnya telah terlihat dan dirasakan bersama.
“Popularisasi model hybrid kami bukan sekedar tentang penjualan saja, tetapi juga merupakan bentuk kontribusi nyata Suzuki bagi Indonesia,” tutup Randy.