Melihat kurangnya kuantitas spare part OEM di pasaran, Spoon Sports luncurkan komponen eksterior khusus Honda Civic EG6.

Di Indonesia mobil berjenis hatchback lansiran 1992-1995 ini dirilis dengan nama Honda Civic Estilo. Saat itu hanya tersedia sebanyak 500 unit saja, berbeda dengan kakaknya Honda Genio yang memiliki jumlah kuantitas lebih banyak. Bahkan, hingga sekarang Honda Estillo masih banyak diburu para pehobi dan modifikator untuk direstorasi, keperluan kontes, dan kejuaraan balap.

Dari segi harga jual pun masih tergolong tinggi sekitar Rp. 100 juta hingga Rp. 250 juta dalam kondisi sudah di modif. Berbeda dengan kembarannya Civic Genio yang dibanderol di kisaran Rp. 50 juta. Padahal saat diluncurkan di Indonesia, keduanya dibanderol dengan harga yang hampir sama.

Foto: superstreet online

Menjelang milad ke 30 Civic EG6, Spoon Racing merilis komponen bodi untuk melengkapi sulitnya mendapat barang versi Original Equipment Manufacuter (OEM) dari Civic gen kelima ini. Bahkan, sejumlah spare part banyak ditimbun agar dapat dijual dengan harga tinggi. Ironisnya, banyak komponen eksterior yang dibutuhkan. Dari panel interior, segel, hingga klip dan perangkat keras seperti sasis semakin sulit ditemukan. Beberapa distributor untuk penggantian barang aftermarket dipatok dengan harga tinggi atau paling banter menggunakan kualitas dibawah standar.

Komponen Bodi yang dinamai “Timeless Collection” tersebut mulai digencarkan tahun ini. Terdiri dari dua komponen yang paling banyak dicari yaitu bumper depan dan sepasang fender berbahan Fiberglass Reinforced Plastic (FRP). Dari segi durabilitas, bahan FRP sangat proper untuk dipasang menggantikan versi orisinil.

Bagian bumper tampak disertai lekukan tajam disertai cover mesh aluminium berjaring menutupi airdam dan cover foglamp. Bentuk fisik tersebut memuat fungsi untuk mendinginkan mesin ketika dipakai berakselerasi. Meski berbalut warna epoxy putih, calon pembeli bisa menentukan warna sesuai selera modifikasi.

Sedangkan bagian fender masih memiliki bentuk yang sama dengan versi bawaan. Namun memiliki ukuran lebih lebar kira-kira 9 mm agar dapat mengakomodir ukuran velg dan ban.

Kedua komponen tersebut sudah mulai didistribusikan oleh Spoon Sports di sejumlah distributor resmi. Adapun komponen bumper dibanderol dengan harga US$1,580 atau sekira Rp. 23 juta dan US$1,345 atau Rp. 20 juta  untuk sepasang fender.