Tahun ini,  Jacki “Pengepul Mobil” Berjanji Pamerkan Karya Modifikasi Out Of The Box. Giliran Mobil Apa Sekarang?

Setiap gelaran Indonesia Modification Expo (IMX), Jacki “Pengepul Mobil” tidak pernah absen. Terhitung sejak IMX pertama pada  2018 lalu, modifikator nyentrik  ini hadir dengan mobil ikonik dari serial Initial D, Toyota AE 86 Trueno. Secara konsep, restorasi mobil bertitel “rare” ini bermula saat Jacki mendapat unit dalam kondisi jongkrok. Terlebih populasi Corolla Trueno di dunia tergolong sedikit dengan proses produksi yang singkat pada 1980-an.

Bagi Jacki “berburu” spare part AE 86 bukanlah halangan, Jacki memaksimalkan seluruh kemampuannya untuk membangun mobil. Merujuk pada sejumlah objek modifikasi yang dilakukan, hatchback berkelir putih tersebut tetap dijaga orisinalitasnya. Sejumlah ubahan difokuskan  untuk meningkatkan performa mobil baik dari segi looks hingga tenaga mesin.

Foto: IMX 2018

Setelah semua komponen terkumpul, proses pengerjaan AE 86 hanya memakan waktu sekitar tiga bulan, hasilnya mengagumkan. Bagian eksterior, dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan kepunyaan Takumi Fujiwara. Kelir eksterior hitam-putih, lampu, ban, hingga detail  lainnya seperti tulisan Fujiwara Tofu Shop dalam huruf Jepang di bagian pintu samping. Selain itu kaki-kaki menggunakan Coilover dari Maxx Japan, kaliper rem Honda Jazz Japan Spec dan Velg Watanabe 14 inci.

Foto: IMX 2018

Pada ruang kabin, Jacki merestorasi sejumlah komponen semirip mungkin dengan tampilan kabin mobil Initial D. Tampak jelas ubahan yang dilakukan seperti warna interior senada, jok kulit bergaya klasik, dan setir kemudi setir kemudi ITA Volanti palang tiga. Selain itu, terdapat cup holder yang sama seperti digunakan Takumi untuk mengasah kemampuan drift.

Foto: IMX 2018

Pada komponen mesin dimodifikasi dengan spek balap, diantaranya bore up mesin, exhaust system, ECU stand alone by Splitronic, Individual Throttle Body 45 derajat, dan ubahan spesifik lainnya. Ketika membuka kap mesin, bagian engine bay disulap serba rapi dengan instalasi wire tuck. Tak heran pada hari pertama IMX 2018 lalu, para pengunjung betah berlama-lama berdiam di stan Pengepul Mobil. Bahkan, di waktu bersamaan, para kolektor beradu harga untuk memboyong AE 86 ke garasi mereka dengan taksiran tertinggi 2 Milyar.

Tampilan Estetik

Di tahun 2019 dengan konsep modifikasi proper dan good looking, Jacki kembali membuat stand out Honda S2000 berkelir kuning. Unit berjenis roadster ini lengkap dengan Body Kit Spoon Japan dari mulai bumper, fender besar terintegrasi, side skirts, diffuser, sejumlah splitter dan spoiler  berbahan serat karbon.  Sedangkan bagian atas terdapat hard top yang cukup besar menutupi bagian belakang dengan presisi.

Bagi Jacki, menghadirkan konsep out of the box tidak mesti mengaplikasikan banyak ubahan mencolok. Atau mengganti sejumlah komponen fungsional untuk mengejar gaya modifikasi tertentu. Karya modifikasi tetap dibangun dari passion, visi dan kesiapan tim. Alhasil, sama seperti karya sebelumnya, Honda S2000 miliknya ini menghasilkan tampilan manis dan estetik.

Foto: IMX 2019

Di bagian kaki-kaki menggunakan  coilover Amuse yang dapat meredam getaran, velg CE 28 ring 17 depan dan belakang berbalut ban Advan Neova 235/45. Selain itu, terdapat Big Brake Kit WTP yang bercokol di belakang velg, tentunya untuk meningkatkan cengkraman saat menginjak rem.

Kreatifitas dan konsistensi Jacki dalam memodifikasi mobil, menunjukan karakter khusus yang membedakan dirinya dan builder lain. Dibalik kap mesin berkode S20C bertengger dengan instalasi kabel serba rapi. Jacki kembali mengaplikasikan wire tuck yang membuat sistem perkabelan menyumput di bagian belakang engine bay.

Mobil yang mengandalkan Naturally Aspirated ini diimbuhi sejumlah komponen modifikasi seperti Individual Throttle Bodies Zenfi Auto 45 derajat dan ECU Stand Alone.  Komposisi tersebut diklaim mampu meningkatkan responsifitas dapur pacu hingga mencapai 8000 Rpm.

Foto: IMX 2019

Sayangnya, Honda S2000 Pengepul Mobil Signature ini harus berpindah tangan. Meski berat dilakukan, serta membutuhkan effort yang tidak sedikit Jacki merelakan mobil kesayangannya “pindah garasi”. Momen ini didokumentasikan lima hari lalu di unggahan video Pengepul Mobil. Saat kamera menunjukan ekspresi Jacki dengan berat hati memanaskan mesin S2000 terakhir kali. Sebelum video berakhir, istri Jacki , Jessica juga belum legawa melepas S2000 yang dibangun Jacki sepenuh hati.

Foto: IMX 2019

Tapi, di IMX 2020 ini Jacki berencana kembali memamerkan karya modifikasinya lebih serius. Kita semua tentu mengira, gaya restorasi dan tingkat presisi di sejumlah karya modifikasi Jacki tetap dipertahankan. Secara periodik, calon mobil yang bakal dibawa Jacki untuk show out IMX 2020 nanti diprediksikan jatuh kepada Civic Nouva yang sebelumnya sudah malang melintang di beberapa jejaring sosial media Pengepul Mobil.  Ingin tahu hasil modifikasi mobil yang nantinya akan dibawa Jacki?  Momen ini tentunya ditunggu para petrolhead di IMX 2020 Hybrid Event 10 Oktober nanti, oleh karena itu buat kalian yang belum membeli tiket online IMX 2020, beli sekarang di www.imx2020.net sampai berjumpa secara virtual!