Pakai Ban Semi Slick Untuk Harian, Simak Dulu Fakta Berikut Ini

Pemakaian ban racing dengan tipe semi slick untuk harian sah-sah saja dilakukan. Apalagi ban minim kembangan tersebut umumnya menawarkan grip yang kuat, dan dari segi penampilan juga terkesan agresif (meaty).

Secara fitur, ban semi slick dirancang dengan kompon yang lunak serta komposisi ultra-high performance (UHP). Dua poin inilah yang dihadirkan untuk meningkatkan grip, berkontribusi pada handling dan kestabilan saat melaju dalam kecepatan tinggi. Dengan semakin sedikitnya alur pada tapak ban membuat lebih banyak permukaan karet yang menempel ke jalan, sehingga membuat jenis ban ini memiliki cengkraman lebih baik saat jalur kering atau basah.

Model tapak asimetris (asymmetric tread pattern) yang minim alur tersebut sebenarnya membuat ban semi slick lebih berisik ketika dipakai, karena tak adanya jalur pembuangan suara. Namun hal tersebut tidak sampai mengganggu ke dalam kabin, apalagi kalau mobil kalian sudah memakai knalpot racing.

Biasanya ban semi slick memiliki keterbatasan ukuran. Karena dirancang untuk membuat mobil balap stabil saat berakselerasi maka profil dinding bannya biasanya lebih tipis dibanding ban standar. Biasanya berprofil 50 dengan lebar telapak 195 sampai dengan 215.

Jangan kaget kalau ban semi slick terasa cepat habis, karena memang dirancang dengan ketebalan kembangan yang lebih tipis dibanding ban biasa. Tread wear indicator (TWI) atau indikator tingkat keausan ban semi slick cuma berkisar 160, sementara ban biasa mencapai 260. Apalagi jenis kompon lunak membuat telapak ban ini lebih cepat habis.

 

Selain karena konstruksi ban semi slick sudah dibuat sedemikian rupa untuk tahan terhadap tekanan ekstrem mobil, terutama di tikungan, maka jangan heran jika akan membuat bantingan mobil agak keras terutama ketika melewati jalur tidak rata.

Namun semua kelebihan dan kekurangan tersebut rasanya akan sebanding dengan penampilan mobil yang terlihat keren. Apalagi jika digenapi dengan tyre bomb atau tulisan pada dinding ban yang mengekspos merek, ukuran, atau bahkan sesuai selera.

Di pasaran banyak terdapat ban semi slick dari beberapa produsen ban yang road legal. Misalnya Achilles 123, GT Radial Champiro SX2, Yokohama Advan Neova, Accelera 651 Sport, dan lain sebagainya. Biasanya dijual mulai dari harga Rp 700 ribuat per pieces-nya.

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles