Masterpiece Terbaru Pengepul Mobil Hasil Kolaborasi Dengan Desainer Andal

Perhelatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 menjadi saksi perilisan eksklusif beragam produk aftermarket terbaru .Diantaranya konten yang menarik perhatian audiens yaitu perilisan body kit hasil kolaborasi Musa Tjahjono dan Pengepul Mobil. Unit kendaraan modifikasi yang dinamai “Project J” ini merupakan hasil salah satu konten yang paling ditunggu-tunggu. Selain menggunakan basis kendaraan Civic Nouva atau dikenal Civic EF, Jargon “Build With Passion” yang biasa digemborkan Pengepul mobil benar-benar terasa.

Jacki Suwandi “Pengepul Mobil” mengatakan, body kit hasil kolaborasi bertajuk 9000 miles Collaboration merupakan desain Musa yang akan diimplementasikan di semua bagian body kit mobil. Tanpa menghilangkan sedikit pun karakter khas modifikator nyentrik satu ini.
“Saya senang sekali bisa kolaborasi dengan bro Musa, progres ini juga menandakan mimpi yang akhirnya jadi kenyataan. Saya hanyalah pengepul yang terus berinovasi hadirkan karya modifikasi terbaik dan berkarakter,”ujar Jacki.

Foto: IMX 2020

Alasan dipilihnya Civic Nouva menurutnya, diprediksikan jadi mobil generasi Civic yang akan banyak dicari para Honda Freaks dan petrolheads. Apalagi jika dimodifikasi menggunakan body kit eksklusif ini. “Sewaktu launching S2000 di IMX 2019 saya diskusi sama ko Andre (Founder NMAA) pingin buat body kit sendiri dan dijual secara world wide. Sama seperti lorong kesuksesan KARMA Body Kit. Tapi tidak menghilangkan karakter yang biasa ditonjolkan Pengepul mobil seperti tampilan rapi dan bawaan OEM,” beber Jacki.

Dibalik proses kreatif tersebut, Jacki memaparkan, tingkat realisasi body kit ini terbilang rumit apalagi bro Musa bilang mempertahankan tingkat originalitas body kit itu rumit. Bikin konsep sampai beberapa kali, dengan bantuan JS Garage akhirnya bisa tercapai. “Dengan tim, saya ingin kembali mengangkat eksistensi Civic Nouva. Apalagi dijelaskan mempertahankan originalitas bikin bodi kit garis standar itu susah. Dari desain 2D naik ke 3D membutuhkan ketelitian,” ungkap Jacki.

Foto: IMX 2020

Ia berharap dapat membawa mobil “Project J” ke ranah international seperti SEMA Show dengan kolaborasi dengan Musa yang notabene seorang dibalik mobil-mobil modifikasi West Coast Custom. “ Bro Musa punya pemikiran sendiri kenapa menggandeng Pengepul Mobil. Kita cari barang enggak pernah muluk-muluk sih, paling penting gimana caranya modifikasi mobil bener-bener build with passion,” ungkap pria yang menggemari serial animasi Initial D tersebut.

Body kit ini terdiri mulai dari front lip, bumper, wide body fenders, side skirts, rear fenders, dan rear bumper. “Harganya dibanderol mulai 2500 USD. Tapi untuk konsumen di Indonesia kita kasih diskon sampai didampingi deh cara masangnya,” terang Jacki

Foto: IMX 2020

Sebelumnya, Musa berpendapat kalau Civic Nouva ini merupakan terbilang klasik dan jika dimodifikasi terlalu berlebihan nantinya malah tidak enak dipandang. Karenanya, ia menggarap project dengan tingkat ketelitian yang tinggi. “Sebenarnya cukup banyak perubahan bagian bodi, tanpa menghilangkan kesan Civic EF yang cenderung mengotak,” ujar Musa.

Foto: IMX 2020

Musa menambahkan, kalau memakai Civic EG atau Estilo, sudah terlalu banyak yang bikin, sedangkan Civic Nouva adalah satu mobil yang belum banyak terpikir untuk dimodifikasi.
Musa mengatakan, proses desain body kit ini beberapa kali dirundingkan dengan Jacki dan NMAA. Kesulitannya yaitu membuat body kit yang simpel, masih sesuai dengan garis desain bodi Civic EF.

“Kadang-kadang the simplicity itu lebih susah dari bikin yang rombak sepenuhnya. Semoga nanti rekan-rekan suka dengan hasilnya dan kita bisa jual ke dunia,” Kata Musa.

Foto: IMX 2020

Menariknya lagi, Jacki mengubah sektor dapur pacu dengan pengaplikasian swap engine. Jacki andalkan mesin Honda K20 type R milik Accord Euro. Dudukan mesin, ubahan engine mounting HS Sport dengan sejumlah penyesuaian. Terlebih K20 ini memiliki teknologi i-VTEC ini menambahkan proses alur dari cam variabel ke camshaft masukan dan dalam beberapa aplikasi,termasuk katup pembuangan. Jacki mengubah bagian header knalpot dengan konfigurasi 4-2-1.

Untuk menyeimbangkan tenaga buasanya, sejumlah komponen lain mengalami ubahan penyesuaian. Ruang engine bay menonjolkan karakter Jacki dengan mengaplikasikan wiretuck sehingga tampilannya rapi. Sama seperti dua mobil modifikasi sebelumnya seperti AE 86 di IMX 2018 dan S2000 di IMX 2019. Bedanya, kali ini Jacki tidak mengganti Individual Throttle Bodies seperti mobil sebelumnya. Tapi, mengandalkan karburator bawaan.

“Saya juga tetap pertahankan karakter khas Pengepul Mobil, modifikasi clean, simpel, dan fungsional,” terang Jacki.

Foto: IMX 2020

Bagian radiator diselundupkan ke bawah apron, reservoir radiator diganti menggunakan model dua termos dan alur pipa sedikit melengkung. Transmisi juga mengalami ubahan link case transmisi dengan tahap CNC. Sehinggga menjadikan gear 6 percepatam maju sedangkan satu gigi mundur. Ubahan tersebut juga terlihat dari tampilan shift knob dan link case.

Sistem suspensi menggunakan coilover Aragosta bagian depan, sedangkan di bagian belakang menggunakan Bodycon. Tak ketinggalan, komponen kaki-kaki mengalami ubahan menggunakan “Velg yang tidak pernah salah” Volk Rays TE37 berbalut ban Advan Neova 195/50 ditambah adaptor untuk mengakomodir ubahan tersebut.

Sistem pengereman bagian belakang Nouva diganti menggunakan disc dari AP Racing yang biasa dipakai di Honda Genio. Sedangkan bagian depan mengandalkan master rem Honda GK5 atau Honda Jazz.