NMAA Modz Bidz: Pengepul Mobil Akan Segarkan Kembali Tampilan Mobil 90’an Ini

National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) hadirkan sajian Program menarik di kanal Youtube NMAA TV. Memuat tagline #StandardIsBoring, kali ini program bertajuk “Modz Bidz” akan tayang setiap Sabtu sore tersebut menghadirkan setiap proses modifikasi mobil orisinil jadi lebih outstanding.

Modz Bidz #1: Pengepul Mobil Segarkan Kembali Mobil 90’an

Tak sekedar menyentuh ubahan modifikasi. Tapi, siapapun bisa memiliki mobil tersebut dengan mengikuti sesi lelang. Modz Bidz pertama ini menghadirkan kolaborasi dengan builder khas mobil-mobil Japanese Domestic Market (JDM), Jacki “Pengepul Mobil”. Sebelumnya, Jacki telah sukses memodifikasi dua mobil JDM legendaris Civic Nouva lengkap dengan body kit “Project J” dan restorasi modifikasi Civic EK4. Kedua mobil tersebut mencuri perhatian  pada gelaran Indonesia Modification Expo (IMX 2020).

Foto: IMX 2020

“Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kami (NMAA) akan membuat satu program terbaru yang dinamai “Modz Bidz”. Jadi, buat kamu yang ingin dapat mobil modifikasi proper dan menarik bisa pantau terus kanal Youtube NMAA TV dan Instagram @nmaa_ind,” buka Founder NMAA, Andre Mulyadi, di scene awal unggahan video Youtube NMAA TV.

Memasuki tren modifikasi 90an yang sedang hype sekarang ini, Jacki memilih salah satu mobil sedan empat pintu untuk dimodifikasi. Builder satu ini punya alasan tersendiri terhadap satu mobil yang tergolong banyak dipakai pada dekade 90an silam. Mobil tersebut nantinya akan dipatok seharga Rp 80 juta termasuk ubahan modifikasi.

Foto: NMAA

“Kalau saya sih pinginnya Honda Grand Civic LX lansiran 1991. Nanti mobilnya dibuat keren, bisa dipakai harian, juga nyaman buat jalan-jalan sama keluarga. Kriteria ini mungkin yang sekarang diminati selain mudahnya dapat spare parts aftermarket di pasaran,” ujar Jacki.

Merunut ke era keemasan pabrikan Honda di Indonesia, dekade 1990 deretan generasi Grand Civic sedan begitu diminati karena desainnya unik, ekonomis dan irit bahan bakar. Tak heran kalau Honda Indonesia terus menghadirkan line up Grad Civic dari mulai saloon tipe EX, DX dan LX. Jangan salah, hingga saat ini Grand Civic kembali diburu penggemar fanatik hingga kolektor.

Foto: NMAA

Bisa dibayangkan, kolaborasi NMAA dan Jacki “Pengepul Mobil akan kembali membuat tampilan sedan jadul ini lebih muda. “Sesuai standar pengepul kalau beli mobil. Paling low budget,  cat orisinil, sasis lempeng, interior bagus dan bersih. Pokoknya kita spare harga di Rp 25 juta sampai Rp 30 juta buat mobil aja,”papar Jacki.

Sedangkan kriteria lainnya, Jacki menyebut kalau bagian interior orisinil alias tidak di retrim oleh pemilik sebelumnya. Ia menginginkan tampilan mobil khususnya di interior tidak cacat sama sekali. Menariknya, dari sejumlah mobil yang digarap Jacki, beriringan dengan meningkatnya harga mobil tersebut di pasaran. Seperti Civic Nouva dan Civic EK, saat ini harganya “gelap”.

Selain menyebut sejumlah kriteria Grand Civic yang akan dibeli, Jacki menguraikan ubahan modifikasi sesuai karakternya membangun mobil. Seperti wire tuck pada ruang mesin, fitment kaki-kaki tidak terlalu lebar dan tentunya ruang interior standar dibuat makin nyaman.

“Karena karakter modifikasi kita intinya tetap nyaman dibawa harian. Jadi ubahannya tidak terlalu ekstrem, fungsional, dan paling penting hasilnya proper. Makannya lebih baik kalau Grand Civic nanti kita lebih ke Restorasi Modifikasi,” urai Jacki.

Jacki kembali mengingatkan kondisi mobil dengan kelir orisinil, karena lebih mudah untuk merapikan tampilan mobil kembali seperti era keemasannya dulu.  “Kita juga bakal set-up kaki-kaki pakai ring 15 atau ring 16 biar tampilannya meaty fitment. Tampilan ini bakal ditopang suspensi custom juga,” bebernya.

Foto: NMAA

Setelah menjelaskan kriteria mobil yang akan dimodifikasi, tak lama kemudian salah seorang NMAA Crew, Ega, datang untuk memulai misi pencarian Grand Civic Seken. Sembari menjelaskan lagi kriteria yang diinginkan, Jacki menginginkan mobil tersebut segera didapat. “Kalau dari syaratnya sih ini cukup menantang ya, karena kita enggak tahu dapat mobil di lapangan kayak gimana. Tapi tetep diusahakan cari yang sesuai,” ujar Ega.

Foto: NMAA

Tak lama dari perbincangan tersebut, akhirnya unit kendaraan Grand Civic LX yang sesuai kriteria Jacki diperoleh. Pemilik bernama Reza Fahlevi menjelaskan kondisi mobil yang baru setahun dimilikinya.

Foto: NMAA

“ Paling saya repaint warnanya jadi biru navy atau biru malam dari sebelumnya warna silver metalik. Kondisi interior masih original, Cuma ganti head rest-nya aja pake Civic ES. Selain itu, kita pasang suspensi custom,” terang Reza yang juga konsultan otomotif di akun instagram @garasi.bangjaja.

Foto: NMAA

Ia berharap Grand Civic LX tersebut nantinya akan direstorasi dengan mempertahankan parts OEM-nya. Atau pun mengambil spare parts Built up versi JDM.

Buat kalian yang penasaran kelanjutan proses modifikasinya seperti apa? Sila pantau terus kanal Youtube NMAA TV dan Instagram @nmaa_ind. Nantinya mobil tersebut juga bisa jadi milik kamu loh guys

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles