Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang melanda dunia, membuat hampir seluruh kegiatan manusia berubah, tak terkecuali dalam pengadaan event. Sifat pandemi yang menyebar salah satunya karena aktivitas berkerumun, membuat banyak kegiatan pameran berubah konsep menjadi online, diundur, atau bahkan dibatalkan.

Nah, demi memutus rantai pandemi, pihak penyelenggara Osaka Automesse (OAM) yang merupakan event modifikasi tahunan terbesar di Osaka, Jepang per 21 November kemarin secara resmi membatalkan penyelenggaraan OAM 2021 pada 12-14 mendatang di gedung INTEX Osaka. OAM 2021 merupakan kali ke-25 penyelenggaraan pameran modifikasi terbesar di Osaka tersebut.

Foto: osakaautomees.jp

Kabar pembatalan ini disampaikan langsung oleh penyelenggara melalui laman www. automesse.jp dan email resmi pada Jumat, (21/11) kemarin. Kontsu Times selaku penyelenggara OAM menyatakan terdapat bebagai pertimbangan mengenai gelombang pandemi COVID-19 yang membuat event diundur. Mereka juga mengucapkan permintaan maaf dan terima kasih kepada para stakeholders, partisipan,  dan juga pengunjung setia OAM dari seluruh dunia.

Di Jepang sendiri sejumlah event offline besar otomotif mengalami masalah yang sama. Perubahan konsep event menjadi virtual atau dibatalkan adalah pilihan paling rasional saat ini, sebagai bentuk tanggung jawab penyelenggara terhadap keselamatan semua orang dan memutus mata rantai COVID-19.

Foto: osakaautomees.jp

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang  teramat tulus kepada Anda semua atas dukungan yang berkelanjutan terhadap event kami. Bagi mereka yang meninggal karena infeksi virus Corona, kami menyampaikan belasungkawa yang dalam, serta kepada semua orang yang terkena dampak pandemi ini. Secara pribadi saya juga menyampaikan simpati saya, serta rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada semua staf medis dan lembaga pemerintah lainnya atas upaya mereka menanggulangi COVID-19,” kata Ketua Komite Eksekutif Osaka Automesse, Toshiya Miyaki.

Lebih lanjut Miyaki-san mengatakan, “Meski kami sudah mempersiapkan event, Namun, kekhawatiran tentang penyebaran infeksi baru yang meningkat terlalu berisiko untuk keselamatan peserta pameran dan pengunjung. Maka setelah berdiskusi secara cermat, kami telah memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan OAM 2021.”.

Foto: osakaautomees.jp

Lebih lanjut, bagi para peserta pameran, sponsor, serta semua stakeholders yang telah mengajukan permohonan keikutsertaan OAM 2021, pihak panitia memohon maaf atas kebijakan yang telah digulirkan. Selain itu, di akhir pesan dijelaskan kalau panitia terus menggodok ide baru agar tetap menggelar konsep event yang tidak kalah meriah di kemudian hari.

Bagi NMAA dan Indonesia Modification Expo (IMX), OAM mendapat tempat tersendiri karena pameran ini telah bekerja sama sejak 2018 silam. OAM menjadi tempat mendunianya beberapa produk lokal asli Indonesia yang untuk pertama kalinya berpameran di luar negeri. Karena itu NMAA dan IMX senantiasa mendukung semua langkah baik yang diambil penyelenggara, semoga pandemi cepat berlalu dan kehidupan kegiatan expo modifikasi dan otomotif bisa berjalan secara normal kembali.