Mesin Subaru Generasi Terbaru Lebih Bertenaga

Kabar meluncurnya generasi Subaru BRZ terbaru akhirnya terjawab. Baru kemarin (18/11) Subaru merilis foto-foto komplet generasi baru Subaru BRZ yang rencananya akan mulai dijual pada musim gugur 2021 mendatang. Mobil ini sebelumnya merupakan kembaran Toyota 86 yang menjelma sebagai sportscar kompak penggerak roda belakang dan bermesin Boxer.

Subaru BRZ terbaru menghadirkan pengoptimalan fitur dengan tetap mempertahankan unsur fun to drive seperti pada generasi sebelumnya. Tetap dengan gen sportscar dengan bobot yang ringan, center gravity yang rendah, serta pengendalian presisi.

Foto: Ist @subaru_usa

Untuk generasi BRZ terbaru, Subaru tetap memakai mesin Boxer namun kapasitasnya ditingkatkan menjadi 2.400cc (generasi sebelumnya 2.000cc), sehingga power-nya pun meningkat menjadi 228 hp dengan torsi 249 Nm. Opsi penambahan turbo kelihatannya bukan jadi pilihan Subaru untuk meningkatkan performa. Subaru BRZ akan disediakan dalam versi transmisi otomatis dan short shifter manual 6 tingkat percepatan, yang dilengkapi juga dengan LSD sebagai fitur standar.

Menariknya, dengan tenaga yang membesar Subaru BRZ juga dibekali sasis yang lebih rigid. Menerapkan beberapa elemen dari Subaru Global Platform, membuat rigiditas sasis meningkat hingga 60% untuk menunjang pengendalian yang tajam. Selain itu, Subaru tetap mempertahankan suspensi tipe MacPherson strut di depan dan double wishbone yang di-custom untuk menjaga ketinggian mobil tetap minimal.

Foto: Ist @subaru_usa

Beralih ke bagian eksterior, Subaru BRZ generasi baru terlihat lebih kalem tapi menganut lekukan-lekukan modern. Paling terlihat pada bumper, fender depan, side skirt, hingga penutup bagasi. Sementara keberadaan diffuser dengan dual muffler dan lampu mundur di tengahnya mengingatkan kita pada generasi sebelumnya.

Lampu depan dan belakang memakai desain terbaru dengan memaksimalkan aksen LED yang modern. Penampilan perlampuan ini membuat Subaru BRZ tak lagi meninggalkan bekas desain sebelumnya. Lantas tanpa menghilangkan kesan sporty, kap mesin, fender, dan atap dibuat dari aluminium.  Khusus untuk atapnya, Subaru BRZ masih mempertahankan desain double bubble yang diturunkan Toyota FT-1 Concept.

Foto: Ist @subaru_usa

Nantinya diklaim teradapat 2 pilihan velg alloy untuk Subaru BRZ. Masing-masing adalah berukuran 17 inci berbalut ban 215/45R17 dan 18 inci dengan ban 215/40R18. Di balik sumbu roda akan dipasangi rem cakram, termasuk keberadaan fitur Vehicle Stability Control with traction control and five settings.

Masuk ke dalam, interior Subaru BRZ juga sedikit berubah. Fokus utama langsung ke layar tengah yang dan ventilasi AC yang punya desain mengotak. Pendingin udara tersebut diatur lewat tombol di bagian bawah, berjejer dengan toggle switch untuk macam-macam fungsi seperti traction control dan stabilty control. Subaru tetap mempertahankan track mode dan rem tangan tradisional untuk bersenang-senang saat mengemudi tentunya.

Foto: Ist @subaru_usa

Setir Subaru BRZ baru masih identik dengan yang lama, namun kini panel instrumennya sudah full layar dan bisa ganti-ganti tampilan tergantung mode. Subaru BRZ akan diproduksi di pabrik Subaru di Gunma, Jepang dan akan dijual ke seluruh dunia.

Foto: Ist @subaru_usa