Begini Mulanya Sejarah “Raja JDM” Spoon Sport

Rumah modifikasi asal Jepang Spoon Sport identik dengan deretan mobil sedan atau hatchback JDM dari pabrikan Honda. Pendirinya sendiri merupakan  pebalap andal bernama Ichishima Tatsuru yang punya ide besar dalam mengembangkan mobil-mobil Honda.

Berdiri pada 1988, Tatsuru-san mendirikan bengkel tuning Spoon Sport co.Ltd di Takaido, Suginami, Tokyo. Saat itu Spoon sudah menerapkan pengembangan untuk mendesain tampilan mobil, ubahan mayor dan minor untuk keperluan balap di mesin Honda. DNA Spoon Sport sendiri tak jauh dari profesi pendirinya dengan mempertahankan tagline “Total technology & Real Comfort”.

Foto: spoonsport.jp

Dengan karakter khususnya, kata Spoon yang diambil dari salah satu nama tikungan tajam di Sirkuit Suzuka. Dengan ciri khas yaitu tampilan livery dual tone berwarna biru dan kuning. Dalam project pertama mereka, unit kendaraan Honda Civic Wonder SB3 (1985) atau berjuluk Civic E-AT dirombak total untuk diturunkan dalam kompetisi Japan Touring Car Championship 1988. Mereka mendapatkan nama besar dari project modifikasi mobil tersebut.

Foto: superstreetonline.com

Tampilan bodi berbalut kelir kombinasi biru dan kuning khas Spoon Sport. Sejumlah aksesoris dan komponen aerodinamika terpasang dari mulai aksesoris balap seperti hoodpin, spion EC Works Type A, serta tow hook. Sektor kaki-kaki Civic hatchback ini dipasangi velg Enkei “Central Lock” berukuran 15×8 inci untuk bagian depan dan 15×6,5 di belakang. Velg tersebut berbalut ban hi-performance dari Yokohama Vintage ADVAN SS ukuran 205/55 R15.

Untuk memaksimalkan sistem pengereman, dibalik velg palang 6 ikoniknya dijejali kaliper Nissin dengan cakram 2pc drilled. Tak terketinggalan peningkatan suspensi menggunakan Showa, lengkap dengan komponen stabilizer berkendara seperti strut bar, sway bar, serta panhard rod.

Foto: superstreetonline.com

Sektor jantung pacunya mengandalkan mesin ZC kapasitas 1.6 liter DOHC. Konfigurasi lainnya terdiri dari kabel busi NGK, header kustom, straight pipe model megaphone output samping, serta pemanis seperti oil cap, reservoir cover, dan valve cover Spoon. Semua kinerja diatur oleh ECU Keihin, menghasilkan 230 dk pada 9800 rpm.

Tenaga mesin dialirkan melalui tranmisi close ratio 5 percepatan ke roda depan. Berlih ke ruang interior terdapat sebuah jok bucket seat karbon, dasbor standar, setir Spoon, harness Simpson, dan kill switch.

Foto: superstreetonline.com

Berlanjut pada 1996, Spoon mulai menjual rakitan mesin Honda B untuk menjajal balap ketahanan. Untuk memastikan kinerja optimal dari output tenaganya, saat itu, Spoon Sports berlih ke mesin vtec Honda K20A milik Civic Integra dan L15A dari Honda Fit.

Foto: Ist @builtbylegends

Selang setahun kemudian, akhirnya markas Spoon berpindah ke Ogikubo, Suginami. Diikuti dengan pembukaan pertama engineering school sebagai salah satu program pelayanan mereka.

Berlanjut pada 2001, Spoon membuka bengkel “Speed ​​Shop Type-One”. Toko ini dikususkan untuk modifikasi mobil bertitel “Type-R” Honda, meliputi Civic Type-R, Integra Type-R, Accord Euro-R dan NSX-R. Tapi, Spoon juga sukses memodifikasi kendaraan harian tanpa titel “Type R”seperti Civic SiR, Honda S2000,  dan Honda Fit atau dikenal dengan nama Honda Jazz.

Foto: Ist @spoonsportusa

Ichisima punya visi yang kuat, tentang cara ideal menjadi diler performa. Beragam komponen peningkatan yang akan dipasang kembali diuji sesuai parameter khusus untuk mengedepankan faktor fungsional ketimbang menjual aksesoris semata. Ia juga ingin memberi beberapa edukasi kepada konsumen agar dapat memahami konfigurasi ubahan di mobil mereka.

Perusahaan menyetel ulang deretan mobil Honda untuk berkompetisi di ajang balap kelas dunia. Selain itu, prospek panjang dari Ichishima Tatsuru untuk menghadirkan powertrain, suspensi, aero-parts, roda, drivetrain, sistem pengereman, sistem pendingin. Beberapa komponen berbahan serat karbon disuguhkan, macam seperti kap mesin, spoiler pintu belakang, kaca spion dan add- on lips.

Foto: Ist @spoonsportusa

Beberapa prestasi yang diraih oleh Spoon antara lain menjadi juara 3 pada Macau GP pada tahun 1990, dengan mobil Honda NSX. Lalu memenangkan balap 24 jam British Snetthertondengan mobil Honda Civic EF3, dan ada Honda S2000 yang memenangi balap 24 jam di Nurburgring, Jerman tahun 2000, dan beberapa ajang serupa lainnya.

Foto: Ist @spoonsportusa oleh @daiyoshihara

Keberhasilan Spoon Sport menjadi tuner andalan khusus Honda berbekal konsistensi, maka bukanlah tidak mungkin para modifikator dan tuner kebanggan Indonesia juga bisa, ayo beralih dari bengkel menjadi tuner tuner terbaik Indonesia! Maju terus modifikasi Indonesia

Agi Fauzi R
Agi Fauzi R
Eks penulis tunggal rubrik hiburan di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles