Modifikasi Toyota Corolla DX KE70 Tampil Retro, Bawa Aura Nostalgia

Muhammad Luthfi atau akrab disapa Avi lahir dengan DNA pereli dari Ayahnya. Tak heran kalau salah satu cabang olahraga motorsport ini begitu digemari hingga sekarang. Bermodal sebuah Toyota DX KE70 lansiran 1983 dengan tampilan lampu kotaknya , Avi menghadirkan gaya modifikasi rally look 1980an di bengkelnya, HDT Motorsport, Jalan Raya Kopo No. 233, Bandung.

Ia mengatakan, modifikasi rally sudah paling relevan diaplikasikan di unit kendaraan sedan legendaris tersebut. “Inspirasinya datang ketika lihat foto saat 80an banyak Corolla DX yang dimodifikasi dengan gaya rally. Ayah saya juga sering bercerita kalau sering diandalkan turun di kejuaraan reli,” buka Avi kepada NMAA Media.

Apalagi, Generasi keempat Toyota Corolla ini merupakan mobil peninggalan ayahnya. Selain dibuat lebih rapi juga menjaga kondisi mobil agar tampangnya awet muda. Tenaganya? Berani diadu dengan mobil lansiran terbaru nih!

Foto: Luthfi Avie “HDT Motorsport”

Generasi keempat dari Toyota Corolla ini hadir dengan varian mesin berkapasitas 1.3L SOHC (1.290 cc). Mesin berkode  4K-U yang dilengkapi pushroad OHV mampu menyemburkan 74 hp pada 5.600 rpm. Sedangkan tenaga di roda mampu mencapai 105 Nm pada 3.600 rpm. Tenaga tersebut kini dikawinkan dengan girboks K50 menjadi 5 percepatan maju. Seluruh komponen eksterior pun kembali segar demi mengukuhkan karakter lawasnya.

Mobil satu ini juga kerap diandalkan untuk dipakai drifting karena dibekali sistem penggerak roda belakang (RWD).

Foto: Luthfi Avie “HDT Motorsport”

“Awal membangun mobil ini sempat bingung apa mengikuti tren sekarang atau balik dengan nuansa retro nya. Terutama pada bagian kaki-kaki sempat ingin tampil ceper dengan velg ring 15 ban tipis. Tapi dari segi kenyamanan akan berkurang akhirnya diputuskan untuk kembali ke nuansa tahun 80an dengan gaya rally,” ujar Avie.

Setelah dipertimbangkan, Avi memutuskan untuk meracik set up kaki-kaki menggunakan velg lansiran Compe “Rally” dengan spesifikasi ET20 4.114 R14 yang dijahit rapi menggunakan karet bundar GT Radial GTX Pro 185/60 R14.

Foto: Luthfi Avie “HDT Motorsport”

Menariknya, ruang mesin dibuat minimalis dengan mengaplikasikan wire tuck. teknik merapikan kabel di ruang mesin ini ditempuh dengan merubah jalur perkabelan. Sehingga kabel-kabel mesin tidak terlihat kusut karena banyak kabel melintang.

“Pertama-tama kita ganti seluruh kabel body dengan yang baru kecuali soket-soketnya. Seluruh kabel yang masuk ke mesin sekarang jalurnya melalui kabin tengah dan spakbor kiri. Sedangkan beberapa relay ada di dalam kabin penumpang sebelah kiri. Setelan ini tentunya bikin perintilan kabel terlihat rapi,” terangnya.

Wiretuck di ruang mesin terlihat minimalis dan klimis | Foto: Luthfi Avie “HDT Motorsport”

Beberapa komponen di sektor mesin diganti menggunakan part racing untuk meningkatkan performa saat melaju dan berakselerasi. Dari mulai cam, klep, per klep menggunakan lansiran TRD. Diikuti dengan substitusi head mobil milik Kijang 7K, blok dengan head juga sudah dipapas sekitar 0.5 mm.

Agar nafas mesin lebih lancar, dipasang karburator lansiran Webber 4 barrel 45 mm.  Komposisi udara dan bahan bakar disalurkan ke silinder oleh intake dari Harada Sokai. Timing dan performa pengapiannya juga dioptimalkan menggunakan MSD 6AL programable, koil MSD, dan kabel busi MSD.

Foto: Luthfi Avie “HDT Motorsport”

Memasuki ruang interior masih mengandalkan restorasi menggunakan komponen bawaan Corolla DX. Hanya saja, dua kursi depan diganti menggunakan Recaro DX GT berwarna hitam.

Setir milik AE86 dipilih agar tampilannya makin kece | Foto: Luthfi Avie “HDT Motorsport”

“Nah, interior cukup lama pengerjaannya. Karena saya indent hampir 4 bulan, atau kontek rekan-rekan yang punya barang,” tandasnya.

Secara keseluruhan pengerjaan modifikasi Corolla DX menghabiskan hampir 7 bulan. Apalagi konfigurasi di sejumlah komponennya tergolong rumit, tentu membutuhkan ketelitian khusus nih!

Foto: Luthfi Avie “HDT Motorsport”

Detail Modifikasi Corolla DX 1983+

Mesin :

Head 7K

Camshaft TRD 72

Klep TRD

Per Klep TRD

Karburator 4 barrel webber 45

Intake Harada Sokai

Radiator Alumunium Sard

Custom Alumunium Bracket extra Fan

MSD Digital 6AL Programable

MSD Koil

Kabel Busi MSD

Oil Catch Tank

Eksterior:

Grillset Corner Lamp Corolla DX USDM

LED Head Lamp Philips

Stop Lamp Corolla DX GT 5 lines

 

Kaki-kaki:

Velg Compe Rally ET20 4.114 R14

Ban GT Radial GTX Pro 185/60 R14

Mudhfla Corolla custom bracker

Lining pintu chrome DX GT

Lining Bagasi chrome DX GT

Lining body bawah chrome DX GT

Spion Electric GT

Ducktail Foha

 

Interior:

Full Black Corolla DX GT

Speedometer DX GT

Setir AE86

Jok Recaro Tomcat

Shiftknob TRD

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles