Bersiap Ikuti Balap Ketahanan, Toyota Kenalkan Hypercar GR010

NMAA News- Divisi motorsport dan performa Toyota Gazoo Racing (TGR), telah mendapat banyak perhatian selama setahun terakhir ini dengan hadirnya salah satu mobil hothatch bertitel road-legal, GR Yaris. Sedangkan unit kendaraan lain yang juga menyasar performa, yakni GR Supra tetap menghibur di segmen mobil sport.

Di sisi balap, TGR baru saja meluncurkan hypercar GR010 Hybrid Le Mans. Purwarupa mobil balap Toyota ini akan diturunkan pada ajang FIA World Endurance Championship 2021. Usai merampungkan tahap pengembangan selama 18 bulan, akhirnya GR010 mulai dikenalkan dengan powertrain 671 dk.

Foto: Carbuzz

Purwarupa mobil  balap AWD ini memiliki mesin V6 3.5 liter twin-turbocharged yang mampu menyalurkan 671 dk ke roda belakang, dengan sokongan unit generator motor (MGU) yang melepaskan 268 dk ke roda depan.

Foto: Carbuzz

Namun, alih-alih menggabungkan output dari dua sumber tenaga, total output telah dibatasi pada 671 Hp. Dibandingkan dengan pendahulunya, TS050 hybrid, GR010 menghasilkan daya 32 persen lebih rendah jika dibanding pendahulunya.

Foto: Carbuzz

Secara dimensi kendaraan GR010 lebih panjang 9,8 inci, lebih lebar 3,9 inci dan lebih tinggi 3,9 inci dari TS050. Komponen penunjang aerodinamika dikembangkan dengan perangkat lunak Computational Fluid Dynamics dan uji terowongan angin, dan menurut aturan teknis baru, hanya satu paket bodi homologasi  yang dapat digunakan.

Sekujur bodi diracik dengan material bodi karbon kevlar agar mampu menekan bobot kendaraan dan aerodinamis saat berakselerasi.

Aturan kinerja keseimbangan akan diterapkan untuk pertama kalinya di kategori teratas WEC dan di Le Mans. Berdasarkan aturan tersebut, diharapkan performa, penggunaan energi, dan bobot setiap mobil balap dari balapan ke balapan akan diubah dan hypercar Le Mans akan bersaing dengan performa imbang.

Foto: Carbuzz

Musim 2021 akan dimulai dengan balapan Sebring 19 Mile pada 1000 Maret. Lanjut balapan Spa-Francorchamps 1 Hours pada 6 Mei. Balapan teratas musim ini, Le Mans 24 Hours, akan berlangsung pada 12-13 Juni. Balapan Monza yang akan menjadi tuan rumah balapan Kejuaraan Ketahanan Dunia pertama sejak 1992 itu akan digelar pada 18 Juli mendatang. Ini akan diikuti oleh Fuji Speedway pada 26 September dan balapan Bahrain pada 20 November.

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles